Artikel Baru

Mesin Pembuat Kerupuk Karak Gendar


Mesin Pembuat Kerupuk Karak


mesin pembuat kerupuk karak, alat cetak kerupuk gendar karak, harga mesin kerupuk karak, jual mesin kerupuk karak murah.





Mesin pengolah emping
Mesin Pengolah Emping


Mesin Pembuat Kerupuk Karak, Alat Pembuat kerupuk karak nasi, mengolah nasi menjadi kerupuk karak renyah.


____________________________________________________________________________________________

kami siap melayani pengiriman mesin ke seluruh Indonesia. daerah tersebut diantara:

Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjungbalai Tebing Tinggi Bengkulu Jambi Sungaipenuh Dumai Pekanbaru Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Bandar Lampung Metro Pangkalpinang Batam Tanjungpinang Jawa Bandung Banjar Batu Bekasi Blitar Bogor Cilegon Cimahi Cirebon Depok Jakarta Jakarta Utara Jakarta Timur Jakarta Pusat Jakarta Selatan Jakarta Barat Kediri Madiun Magelang Malang Mojokerto Pasuruan Pekalongan Probolinggo Salatiga Semarang Serang Sukabumi Surabaya Surakarta Tasikmalaya Tangerang Tangerang Selatan Tegal Yogyakarta Kalimantan Pontianak Singkawang Banjarbaru Banjarmasin Palangka Raya Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Nusa Tenggara Denpasar Bima Mataram Kupang Sulawesi Gorontalo Makassar Palopo Parepare Baubau Kendari Palu Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Maluku Ambon Tual Ternate Tidore Kepulauan Papua Jayapura Sorong, Bangka Belitung

Santap makanan tanpa ada penambahan kerupuk rasa-rasanya kurang komplet. Apa pun makanannya, kerupuk tetap ada di meja warung makan yang Anda kunjungi. Begitu juga bila Anda pergi ke Solo, ada satu kerupuk ciri khas yang dapat juga jadikan oleh-oleh yaitu karak. Di beberapa daerah lain kerupuk renyah ini dikenal juga dengan nama kerupuk gendar, puli, atau kerupuk beras. Renyah serta gurih ialah sensasi yang ditawarkan oleh kerupuk karak. Tetapi, bagaimanakah cara membuat karak sampai siap dikonsumsi? Anda dapat hadir ke satu diantara sentral pengerjaan karak di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Disana, Anda dapat lihat pengerjaan kerupuk karak mulai dari pengukusan beras sampai step penggorengan. KompasTravel waktu lalu sudah sempat berkunjung ke rumah produksi karak Pak Ngadimin di Desa Gadingan dalam paket wisata Accor Solo Heritage Cycling. KompasTravel berkeliling-keliling sentra-sentra industri di Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Waktu itu pagi hari, cahaya matahari menyinari karak-karak yang dijemur di tepi jalan atau halaman rumah Pak Ngadimin. Di pojok pintu dapur, adonan karak yang sudah diciptakan dijemur sebelum dipotong. Ngadimin tengah menjemur adonan karak di dekat pintu dapur rumah pengerjaan karak kepunyaannya di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (21/7/2016). Sentral pengerjaan kerupuk karak salah satu tempat yang didatangi dalam paket wisata Accor Solo Heritage Cycling. Masuk dapur pengerjaan karak di samping kiri ruang, asap mengepul dari satu tungku perapian. Disamping tengah, satu wajan besar kelihatan dipakai untuk menanak nasi. “Saya mulai membuat karak semenjak jaman Mbah. Telah tiga generasi,” kata Ngadimin (64) pada KompasTravel waktu didapati di dalam rumah produksi karak, Kamis (21/7/2016) kemarin. Ngadimin seharian membuat karak dibantu anggota keluarganya. Ialah istrinya, Samijem (60) dan anak sulung yang menolong untuk mendatangkan karak untuk masyarakat Solo serta sekelilingnya. “Biasanya karaknya telah ada yang beli di sini. Mereka hadir ke rumah untuk langsung. Umumnya di jual ke Solo, Karang Anyar,” katanya. Ngadimin kelihatan menolong sang istri mengukus serta menanak nasi. Tidak cuma itu, dia lakukan pekerjaan cetak adonan karak dan menjemur. Sesaat sang anak sulung kerja cetak adonan karak serta membereskan bentuk karak jadi kotak persegi panjang. Dia juga yang bekerja untuk mengusung beras yang sudah dihaluskan serta siap diciptakan. Tiap hari Ngadimin membuahkan beberapa puluh kilo kerupuk karak. Hasil karak yang dibikin berbentuk karak mentah serta masak siap dikonsumsi. Ngadimin mengatakan, dia jual kerupuk karak pada harga unit yaitu Rp 150. Penjual-penjual karak yang ambil di tempatnya lalu dapat jual pada harga Rp 200 – Rp 250. 

Pemandu wisata dari Accor Solo Heritage Cycling, Sugianto menjelaskan, umumnya penjual-penjual karak dari Desa Gadingan serta sekelilingnya jual karak di Pasar Kliwon atau Pasar Gede. Umumnya mereka ke arah pasar dengan seberangi Sungai Bengawan Solo memakai gethek. 

Ukuran karak yang di produksi Ngadimin seputar 3 x 4 cm. Proses penjemuran bahan adonan karak begitu bergantung dengan panas matahari yang ada. 

“Kalau panas ya dapat sehari penjemuran, jika tidak panas ya lebih,” tuturnya. 

Desa Gadingan sendiri diketahui jadi sentral pengerjaan karak tidak hanya Kampung Bratan, Laweyan, Solo. Di Desa Gadingan, beberapa puluh rumah tangga gantungkan hidup dari sentral industri pengerjaan karak. 

Di selama berjalan-jalan Desa Gadingan, Anda dapat temukan karak-karak yang tengah dijemur di tepi jalan atau di halaman rumah. Rata-rata karak dijemur dengan ditempatkan diatas bilah-bilah bambu. 

Anda yang sedang singgah di sentral industri pengerjaan karak, janganlah lupa untuk bawa pulang penganan kerupuk ciri khas Solo ini. Anda dapat beli karak yang sudah digoreng atau yang belum digoreng. 

Tidak hanya dalam tempat asal membuatnya yang ada di pinggir Sungai Bengawan Solo, karak dapat juga diketemukan di beberapa pasar tradisonal seperti Pasar Gede Hardjonagoro. Diluar itu, karak dapat juga diketemukan di Pasar Klewer. 

Artikel ini sudah tampil di Kompas.com dengan judul "Suka Makan Kerupuk Karak? Lihat Membuatnya di Rumah Pak Ngadimin", https://travel.kompas.com/read/2016/07/26/080300427/Suka.Makan.Kerupuk.Karak.Lihat.Membuatnya.di.Rumah.Pak.Ngadimin?page=1. 
Penulis : Wahyu Adityo Prodjo 

Solo punyai kerupuk ciri khas bernama karak. Dibikin dari nasi, sampai sekarang kerupuk karak tidak sempat sepi peminat. 

Untuk umumnya orang Indonesia tidak komplet makan nasi tanpa ada kerupuk. Struktur kerupuk yang renyah dengan rasa gurih membuat makanan jadi berasa lebih nikmat. 

Main ke Solo, Anda akan merasakan kerupuk ciri khas kota asal Presiden Jokowi ini. Memiliki bentuk persegi serta sering diberikan bersama dengan jajanan cabuk rambak. 

Kriuk Renyah Kerupuk Karak yang Gurih dari SoloFoto: Spesial 

Baca : Enaknya Potongan Ketupat Disiram Saus Wijen dalam Cabuk Rambak 

Kerupuk itu bernama karak atau kerupuk nasi atau kerupuk gendar. Bahan penting pengerjaan karak memang nasi yang telah dikukus bersama dengan bumbu seperti bawang putih serta garam. 

Sesudah dikukus, nasi ditumbuk sampai halus. Karak lalu dibuat atau diciptakan sampai tipis. Proses penjemuran dibutuhkan untuk bikin karak kering. Paling akhir, karak digoreng sampai garing dengan api kecil-sedang. 

Karak beritanya mulai dibuat pada saat pendudukan Jepang. Saat itu Mbah Sastro dari desa Bratan yang sekarang diketahui jadi sentral karak Solo, sayangkan nasi yang terbuang demikian saja. 

Kriuk Renyah Kerupuk Karak yang Gurih dari SoloFoto: Spesial 


Baca : Masih di Solo? Janganlah Lupa Pulangnya Bawa 7 Oleh-oleh Ini Ya! 

Mbah Sastro setelah itu memutar otak untuk memproses bekas nasi itu jadi karak. Sekarang karak di nikmati jadi kerupuk oleh beberapa masyarakat Solo. 

Karak gampang didapati di hampir tiap rumah makan di Solo. Tidak hanya jadi pelengkap makan, karak enak jadikan cemilan. Umumnya cukup ditambah lagi sambal terasi di atasnya. 

Nah, jika sedang di Solo, yakinkan mencicip karak ya. Anda juga bisa membelinya jadi oleh-oleh! 


CARA MEMBUAT KERUPUK GENDAR NASI SISA 
Diposkan oleh Heni Herawati 



Resep Kerupuk Gendar Nasi Bekas Tanpa ada Bleng Renyah Simpel Istimewa Asli Enak. Nasi bekas bukan bermakna nasi basi yang tidak wajar dikonsumsi sebab sudah ditumbuhi jamur memang tidak tutup mata jika ada kerupuk nasi basi. Jadi resep krupuk nasi bekas tempo hari ini masih termasuk juga olahan nasi bekas tradisionil supaya berguna serta tidak terbuang berlebihan. Meskipun sebetulnya juga bisa dibikin dari nasi baru dari ricecooker atau magicom. Nama lain kerupuk nasi bekas ini ialah kerupuk gendar crispy kriuk. 

Photo Resep Kerupuk Gendar Nasi Bekas Tanpa ada Bleng Renyah Simpel Istimewa Asli Enak Baru Usai digoreng 
Gambar Kerupuk Gendar Nasi Bekas Goreng 

Membuat kerupuk gendar homemade umumnya dengan menggunakan bleng (boraks) tetapi ini tanpa ada boraks lebih aman serta alami. yakni ditipis-tipis kan dengan botol saus sambal/botol kecap, lalu dijemur dengan wadah tampah. setelah itu tinggal digoreng bila telah kering kurang lebih 2 hari pengeringan dibawah cahaya matahari langsung. 

Simak juga : Resep Pempek Nasi 

Camilan kerupuk nasi gurih ini begitu pas untuk jadikan bahan cemilan di dalam rumah. Waktu saya membuat resep kerupuk nasi ncc ini di dalam rumah suami serta anak saya langsung senang dapat dibuktikan 1 toples habis dalam 2 hari saja saudara-saudara. Itu berarti mereka senang. Tersebut kelompok rahasia bermacam kreasi serta macam olahan resepi kerupuk gendar dari nasi bekas kemaren komplet lewat cara membuat sendiri di dalam rumah ala rumahan (Homemade) tahap by tahap anti tidak berhasil yang sederhana, gampang serta praktis untuk mengonsumsi sendiri atau untuk jualan usaha usaha toko kerupuk serta keripik. 

RESEP KERUPUK GENDAR NASI SISA TANPA BLENG 

BAHAN : 
275 gr nasi putih, 1 piring nasi 
3 buah bawang putih 
1/2 sdt ketumbar bubuk atau 1/4 sdt ketumbar butir 
1 sdt kaldu ayam bubuk 
1/2 sdt garam 
Minyak goreng seperlunya 
CARA MEMBUAT KERUPUK GENDAR NASI SISA TANPA BLENG : 
Campur semua bahan, aduk rata lalu kukus kira-kira 15 menit. 
Tumbuk nasi panas-panas dengan menggunakan cobek yang dibungkus plastik wrap (gunakan plastik untuk batu es dapat juga), supaya tidak lengket. Bulat-bulatkan lalu masukan ke rice cooker atau magicom supaya masih hangat, hingga jadi gampang digepeng-gepengkan. 
Simpan diatas talenan yang dialasi plastik wrap. Sisi atas serta sisi bawahnya diapit dengan plastik wrap. Jika saya bikin seperti bentuk pempek lenjer bundar panjang, lalu potong-potong. 
Tekan dengan talenan untuk memperoleh bentuk pipih yang rata, sebab jika gunakan rolling pin hasilnya begitu tebal, berbeda serta rempong. Ini jadinya bundar serta tebalnya rata. 
Jemur sepanjang hari bila cuaca cerah. Sebab di dalam rumah saya siang kadang turun hujan atau mendung. Karena itu saya 2 hari baru kering. Kemudian tinggal digoreng. Oh ya, jemurnya di balik sekali, supaya sisi bawahnya kering rata. Bila telah kering kerupuk mentah siap digoreng. Supaya renyah garing serta bertahan lama taruh dalam toples tutup rapat. 
Sediakan. 

RESEP KERUPUK NASI SISA VERSI LAIN 

BAHAN : 

BAHAN BIANG : 
3 sumber daya manusia tepung tapioka 
100 ml air panas yang baru mendidih 
BAHAN ADONAN : 
450 gr nasi hangat, kurang lebih 1 mangkok bakso 
4 siung bawang putih, haluskan 
1/2 sdt Ketumbar, sangrai serta haluskan 
1 sdt garam 
1/2 sdt kaldu bubuk 
Minyak goreng seperlunya 
CARA MEMBUAT KERUPUK NASI SISA : 
Tuang air mendidih ke tepung tapioka lalu aduk-aduk sampai mengental seperti lem. 
Masukan adonan biang ke nasi hangat mengambil dari ricecooker atau magicom. Imbuhkan bumbu halus, garam serta kaldu bubuk penyedap rasa gurih. Tumbuk nasi agar pecah serta hancur. 
Sediakan loyang yang sudah dioles minyak goreng, lalu alasi plastik, oleskan minyak agar tidak lengket. Tuangkan adonan kerupuk nasi ke loyang, ratakan serta padatkan. Kukus sampai masak kurleb seputar 30 menit. 
Angkat serta dinginkan dulu. 
Potong-potong sesuai dengan hasrat kerupuk nasi dengan pisau tajam yang dibungkus plastik. Pipihkan setiap potongan agar tipis, alihkan ke tampah/nampan serta jemur sampai kering (Bila musim panas seperti saat ini, menjemur dari pagi sampai sore dapat kering prima asal di balik saat telah 1/2 kering). 
Kerupuk siap digoreng atau disimpan terserah Anda kapan ingin digoreng. Ingin langsung goreng bisa. 
Sediakan. 

RESEP KERUPUK KARAK BAWANG NASI PUTIH 

Kerupuk Karak Bawang Ciri khas Solo Tanpa ada Bleng (Boraks), bermula dari kengerian saya sesudah tahu jika garam bleng pada hmpir semua kerupuk karak itu ialah turunan dari BORAKS, saya mncoba melakukan eksperimen di dapur carabuatresep untuk dapat membuat kerupuk Karak ciri khas Solo Homemade yang enak, sehat serta tanpa ada beberapa bahan beresiko untuk kesehatan manusia. 

BAHAN : 
300 gr nasi putih pulen 
5 siung bawang putih 
seperlunya garam 
seperlunya kaldu bubuk 
CARA MEMBUAT KERUPUK KARAK NASI PUTIH : 
Haluskan bawang putih, garam serta kaldu bubuk. Garam serta kaldu bubuknya dikit saja dahulu, kelak keasinan. 
Campur bumbu halus barusan ke nasi putih pulen, Aduk sampai rata. Cicip rasa nya, bila kurang, ditambah garam serta kaldu bubuknya. Setelah itu, kukus kurleb 15 menit. Lihat: rasa tidak bisa begitu asin, cuma hanya gurih serta bawang rasanya. 
Sesudah 15 menit, mengeluarkan dari kukusan. Tumbuk atau uleg saat panas sampai halus. Janganlah lupa ulekan serta wadahnya dialasi plastik es terlebih dulu ya agar tidak lengket. 
Dengan memakai sarung tangan plastik, bentuk adonan yg telah halus lembek tdi jadi bulatan2 kecil, kurang lebih diameter 3cm. setelah itu masukan ke magic com, supaya adonan masih hangat. 
Untuk mencetaknya, saya memakai perlengkapan seadanya, hehe, pakai 2 buah piring datar. Mengambil 1 bulatan hangat, simpan ditengah-tengah sisi piring yg dialas plastik serta dioles dikit minyak tipis, tutup dgn plastik , setelah itu di tekan dgn piring lainnya. 
Kelak akan bundar semacam ini hasilnya. Tebal minimnya, dapat sesuai hasrat ya, klo saya, senang yg tipis sebab hasilnya nnti akan renyah. 
Kemudian tata diatas tampah, atau bila tidak ada, dapat pakai loyang. Langsung jemur dibawah sinar matahari. Dari pengalaman saya, bila cuaca cerah serta terik, saya jemur jam 9 pagi, nnti jam 3-4 sore telah kering. 
Sesudah kering, jadinya akan semacam ini. Berwarna bening transparan, seperti warna alami nasi. Pada kerupuk karak yang menggunakan boraks, akan kelihatan bedanya, warnanya akan condong kuning keabuan atau putih keabuan. 
Untuk menggorengnya, panasi minyak goreng sampai minyak nya tua, kecilkan api. Goreng kerupuk karak dengan api yg kecil-sedang. Kerupuk karak bawang ciri khas Solo yang renyah serta sehat siap disajikan. 
Sediakan. 

RESEP KERUPUK NASI SAYUR WORTEL 

BAHAN : 
2 piring nasi bekas atau dekati basi 
1/2 kilo sagu biasa jika ingin bagus hasilnya gunakan Tepung tapioka 
5 siung bawang putih 
Garam seperlunya 
3 buah wortel atau bisa sayuran lain, seperti sawi, brokoli, bayam, bit dan lain-lain 
Cabai, bisa ditambah cabe untuk hasrat pedas 
CARA MEMBUAT KERUPUK NASI SAYUR WORTEL : 
Kukus nasi bekas sepanjang 15 menit/ dihangatkan. 
Haluskan bawang putih serta tumbuk nasi yang dihangatkan barusan (Seperti buat krupuk nasi gunakan bleng/gendar). 
Campur nasi dengan tepung sagu, garam, kaldu bubuk serta wortel yang telah di parut ulenin sampai kalis serta tidak lengket di tangan. 
Bentuk bulat memanjang kukus sepanjang 30 menit. 
Sesudah masak dinginkan lalu masukan dalam kulkas biarlah semalaman. 
Irislah tipis adonan yang sudah semalaman dikulkas lalu jemur sampai kering. 
Sesudah kering goreng.

No comments