Artikel Baru

Mesin Pengering Biji Kopi Basah - Oven Pengering Kopi

MESIN PENGERING KOPI - HARGA MESIN PENGERING KOPI

mesin pengering kopi sederhana, mesin pengering kopi basah, jual mesin pengering kopi, harga mesin pengering kopi sederhana, gambar mesin pengering kopi, jual mesin pengering kopi, mesin pengering buah kopi, mesin oven pengering kopi, cara membuat mesin pengering kopi, cara kerja mesin pengering kopi, rancang bangun mesin pengering kopi, harga mesin pengering kopi, mesin pengering kopi basah, mesin pengering biji kopi, harga mesin pengering biji kopi.


mesin pengering biji kopi
Mesin Pengering Kopi
 Setelah melalui pengupasan dan  penyortiran biji kopi akan melalui proses pengeringan. pengeringan sendiri bisa dialakukan secara alami maupun buatan. namun untuk pengeringan alami sering terkendala oleh cuaca yang kurang mendukung seperti badai atau musim hujan. sedangkan pengeringan buatan akan dibantu mesin pengeringan kopi yang dalam pengeringan tidak terpengaruh oleh cuaca.

Mesin pengering kopi
Mesin Pengering Kopi



Berikut ini adalah spesifikasi mesin pengering kopi dari ARENA MESIN yang akan mempermudah produksi kopi anda sebelum pengemasan :


Kami Bedakan Berdasarkan Kapasitas

Dimensi : 250 x 100 x 90 cm

  • Material dinding : Plat Stainless Steel (Dalam) dan Mild Steel (Luar)
  • Material tungku : Besi
  • Material alas bahan : Stainless Steel
  • Material rangka : Siku  besi Dan Sthal besi
  • Sistem pengeringan : Box Dryer
  • Penggerak : Dinamo ½ HP
  • Kapasitas : 150-180 kg/proses 
  • Pemanas : LPG
  • Kipas aksial

Dimensi : 300 x 120 x 90 cm

  • Material dinding : Plat Stainless Steel (Dalam) dan Mild Steel (Luar)
  • Material tungku : Besi
  • Material alas bahan : Stainless Steel
  • Material rangka : Siku  besi Dan Sthal besi
  • Sistem pengeringan : Box Dryer
  • Penggerak : Dinamo HP
  • Kapasitas : 250-300 kg/proses
  • Pemanas : LPG
  • Kipas aksial

Dimensi : 350 x 120 x 90 cm

  • Material dinding : Plat Stainless Steel (Dalam) dan Mild Steel (Luar)
  • Material tungku : Besi
  • Material alas bahan : Stainless Steel
  • Material rangka : Siku  besi Dan Sthal besi
  • Sistem pengeringan : Box Dryer
  • Penggerak : Dinamo HP
  • Kapasitas : 400-500 kg/proses
  • Pemanas : LPG
  • Kipas aksial

Dimensi : 400 x 120 x 90 cm

  • Material dinding : Plat Stainless Steel (Dalam) dan Mild Steel (Luar)
  • Material tungku : Besi
  • Material alas bahan : Stainless Steel
  • Material rangka : Siku  besi Dan Sthal besi
  • Sistem pengeringan : Box Dryer
  • Penggerak : Dinamo HP
  • Kapasitas : 750-1000 kg/proses
  • Pemanas : LPG
  • Kipas aksial


___________________________________________________________________________________________

Fermentasi Kopi


Proses fermentasi basah diawali dengan penggilingan untuk merusak kulit buah (pulping). Buah kopi yang diambil, sesudah disortasi (diambil yang hijau, kuning, oranye, merah, serta merah kehitaman), harus selekasnya dipulping. 

Hasilnya berbentuk buah kopi yang telah pecah, serta kulit buahnya mengelupas. Hasil pulping ini akan langsung masuk ke bak dengan dua aliran pembuangan. Sisi atas akan menyalurkan kulit buah yang mengapung, sisi bawah akan menghanyutkan biji kopi, baik yang telah terlepas, atau yang masih melekat pada kulit buah. 

Seterusnya, biji kopi ini selalu terbenang air di antara 12 sampai 36 jam, serta paling lama, tiap 1,5 jam air harus ditukar. Dengan menyalurkan air dengan terus-terusan, kualitas biji kopi hasil fermentasi basah, akan makin prima. Seterusnya biji kopi yang telah terfermentasi dijemur sampai kering. 

"Untuk petani atau perkebunan yang mempunyai area kecil, ongkos fermentasi basah memang cukup mahal. Ini memang disarankan untuk perkebunan dengan rasio besar saja," tutur Kasi Export Pertanian serta Pertambangan, Disperindag Sumut, Fitra Kurnia. 

Tetapi, sebab kesusahan untuk lakukan fermentasi basah karena ongkos yang besar, beberapa petani disarankan mengolah kopi dengan fermentasi kering. Saat panen kopi datang, petani harus menyiapkan kulit buah kopi, yang sudah dipisahkan dari bijinya. Lalu siapkan ragi yang digabung dengan dikit gula pasir (atau gula merah), serta tepung beras, dengan dikasih dikit air. 

Dalam tempo cuma beberapa waktu, adonan ini akan menggembung. Adonan ini, seterusnya dicampurkan ke biji kopi yang sudah dipulping. Dalam tempo satu malam, semua gula serta karbohidrat dalam kulit buah kopi, akan difermentasi. Paginya biji kopi itu disortir, untuk diambil kulit buahnya. Biji kopinya dijemur, kulit buahnya dipisahkan, lalu kembali ditumpuk serta ditutup. 

Tarutung. Para petani kopi di Tapanuli Utara (Taput) makin giat bekerja di ladangnya. Soalnya, saat ini harga kopi arabika (kopi sigarar utang) biji kering naik sekitar 100% dari sebulan lalu.

Farel Hutabarat (32), ditemui MedanBisnis, di area pertaniannya di Desa Hutabarat Partali Toruan, Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara (Taput) menerangkan, petani kopi di daerah itu sejak bulan November, kembali bergairah untuk memetik buah kopi, sekaligus melakukan perawatan tanaman.

"Bulan sebelumnya harga jual biji kopi kering hanya dihargai dikisaran Rp 70.000 per kaleng hingga Rp 80.000 per kaleng. Namun bulan November, harga membaik yaitu Rp 150.000 per kaleng atau harga jual naik 100 persen. Tentu dengan membaiknya harga biji kopi, otomatis petani bergairah untuk memetik buah kopi dan melakukan perawatan tanaman," terang Farel Hutabarat, Rabu (20/11) di Hutabarat.

Harga nilai jual biji kopi yang memadai, jelas Farel, sangat mendukung bagi petani untuk melakukan perawatan tanaman. Salahsatu perawatan tanaman yang dimaksud di antaranya, pemupukan secara berkala. Guna menghasilkan panen yang maksimal, pupuk yang diperuntukkan bagi tanaman adalah pupuk NPK Mutiara.

Dijelaskan, agar tanaman terawat atau menyeimbangkan biaya perawatan, diharapkan harga biji kopi kering harus stabil seperti kondisi saat ini. "Bayangkan saja, agar tanaman tetap sehat atau bertahan hidup, pemupukan harus dilakukan dua kali dalam setahun," katanya.

Dia mengakui menggunakan pupuk NPK mutiara, harganya saat ini sudah hampir Rp 500.000 per sak-nya. Kemudian, biaya karyawan untuk melakukan sanitasi area pertanaman, pemangkasan cabang-cabang liar dan aktivitas lainnya.

"Jadi, kalau harga jual biji kopi kering anjlok, tentu tanaman akan terlantar," ungkap Farel, seraya menyebutkan, untuk memenuhi kebutuhan hidup, dia melakukan pertanaman tumpang-sari, semisal tanaman cabai di area pertanaman kopinya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Taput, Drs John Harry MMA mengatakan, luas area perkebunan kopi arabika di Tapanuli Utara (Taput) kondisi tahun 2012, seluas 13.910,25 hektare, yang tersebar di 15 Kecamatan di Taput. Sedangkan produksi 10.272,47 ton per tahun.

"Mengingat masih luasnya lahan di Taput, sangat dimungkinkan untuk pengembangan komiditas perkebunan kopi. Pengembangan komoditas tersebut, bisa dilakukan secara swadaya masyarakat dan juga bisa dengan bantuan modal yang bersumber dari dana Pemerintah Kabupaten. Tentunya, setelah ada permohonan dari masyarakat/kelompok tani," kata John Harry. (ck 07) (MediaBisnisDaily)

Tingginya permintaan yang tidak dibarengi stok, berdampak pada melonjaknya harga kopi di dalam negeri.
kami siap melayani pengiriman mesin ke seluruh Indonesia. daerah tersebut diantara:

Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjungbalai Tebing Tinggi Bengkulu Jambi Sungaipenuh Dumai Pekanbaru Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Bandar Lampung Metro Pangkalpinang Batam Tanjungpinang Jawa Bandung Banjar Batu Bekasi Blitar Bogor Cilegon Cimahi Cirebon Depok Jakarta Jakarta Utara Jakarta Timur Jakarta Pusat Jakarta Selatan Jakarta Barat Kediri Madiun Magelang Malang Mojokerto Pasuruan Pekalongan Probolinggo Salatiga Semarang Serang Sukabumi Surabaya Surakarta Tasikmalaya Tangerang Tangerang Selatan Tegal Yogyakarta Kalimantan Pontianak Singkawang Banjarbaru Banjarmasin Palangka Raya Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Nusa Tenggara Denpasar Bima Mataram Kupang Sulawesi Gorontalo Makassar Palopo Parepare Baubau Kendari Palu Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Maluku Ambon Tual Ternate Tidore Kepulauan Papua Jayapura Sorong, Bangka Belitung

Bappebti mencacat permintaan biji Kopi kering di Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung mengalami kenaikan. Permintaan Kopi kering mengalami kenaikan hingga 30% namun meningkatnya permintaan tersebut tidak diimbangi dengan pasokan Kopi kering dari petani.

Menurunnya pasokan Kopi kering disebabkan dampak dari penurunan panen. Menurunnya hasil panen Kopi petani Lampung Barat, berdampak terhadap harga Kopi kering yang mengalami peningkatan, di Lampung Barat harga Kopi kering mencapai Rp 18.000 perkilogram.

Data Dinas Perkebunan Kabupaten Lampung Barat menyebutkan, luas lahan Kopi mencapai 60.347.70 hektare dengan hasil Kopi kering per tahun mencapai 28,712 ton per hektare.

Sementara, pada penutupan perdagangan di bursa ICE Futures, harga Kopi arabika mengalami penurunan harga (27/7/2011).

Harga Kopi arabika mengalami penurunan setelah bergerak menguat untuk tiga hari berturut-turut.

"Penurunan ini terjadi seiring dengan mulai maraknya aksi jual oleh para investor untuk mengambil keuntungan," analisis Beppebti.

Tercatat, harga Kopi Arabika berjangka mengalami penurunan sebesar 0,0375 poin. Harga Kopi berjangka untuk penyerahan September 2011 ditutup pada level harga US$2,41 per pounds. (tribun)

No comments