Artikel Baru

Jual Mesin Penggiling Ikan - Mesin Tepung Ikan

Jual Mesin Penggiling Ikan

mesin penggiling ikan kering menjadi tepung, jual mesin penepung ikan, harga mesin penepung ikan, mesin pembuat tepung ikan.

mesin pengiling ikan
mesin pengiling ikan


FUNGSI : MENGGILING / MENEPUNGKAN IKAN YANG TELAH DIKERINGKAN




alat pengiling ikan
alat pengiling ikan

SPESIFIKASI MESIN PENGILING IKAN
DIMENSI : 80 X 60 X 85 CM
MATERIAL RANGKA : SIKU DAN UNP
MATERIAL BODY : PLAT BESI ATAU STAINLESS STEEL
MATERIAL TABUNG : BESI ATAU STAINLESS
MATERIAL PENGGILING : BESI DAN STAINLESS
PENGERAK : DIESEL 8 HP
TRANSMISI : PULLEY DAN V-BELT
KAPASITAS : 50 – 100 KG/JAM




Langkah Membuat Tepung Ikan Sendiri
Membuat Tepung Ikan Sendiri


Tepung ikan ialah salah satunya elemen penting ransum ternak. Tepung ikan dipakai dengan ukuran spesial dalam pembuatan ransum ayam untuk penuhi jumlahnya keperluan nutrisi ternak. Fungsinya menjadi sumber protein buat ternak. Dia dapat meningkatkan perkembangan badan ternak, tertutama sekali perkembangan daging.

Peranannya begitu penting sekali dalam industri peternakan. Hampir semua industri peternakan ayam memakai tepung ikan ini. Baik itu ayam potong, ayam kampung bahkan juga pakan ayam aduan ikut memakai tepung ikan.

Tingginya keperluan kebutuhan industri peternakan akan tepung ikan, membuat harga nya jadi begitu mahal. Sekarang ini harga tepung ikan sekitar pada Rp 9.000 sampai Rp 10.000 per kg. Ini ialah tepung tulang protein 50%. Sedang yang diperlukan minimum 80%.

Harga yang mahal ini membuat entrepreneur peternakan kesusahan beli tepung ikan. Selain itu kegiatan usaha peternakan mesti masih berjalan serta memerlukan tepung ikan.

Untuk menangani permasalahan ini kita entrepreneur peternakan mesti mencari pilihan lainnya untuk menukar tepung ikan menjadi sumber protein. Atau kita sendiri yang membuat tepung ikan ini.

Membuat tepung ikan tidak sangat susah. Sampai kini yang membuat kita berpikir jika membuat tepung ikan sendiri itu susah sebab memikirkan mesin-mesin raksasa yang dipunyai perusahaan pakan. Hingga kita meyakin jika kita mustahil membuat tepung ikan sendiri.

Oke langsung tersebut langkah membuat tepung ikan.

Sediakan alat serta berbahan terdulu.

Alat :
Kompor
Wajan untuk merebus (juga bisa memakai kaleng sisa yang bersih dari cat)
Spatula/kayu (untuk meratakan pakan yang akan dijemur)
Alas Penjemuran (Dapat Plastik Sisa yang dipotong lebar)
Penggilingan (untuk menggiling ikan yang sudah kering)
Mesin oven

Bahan :
Ikan (terserah ikan apa, jika dapat ikan yang harga nya murah)
Air bersih (menjadi pelarut pada saat ikan di rebus)

Sesudah semua alat serta bahan tersedian, setelah itu panasi air rebusan sampai mendidih. Semestinya kita pakai bahan bakar dari kayu, sampah-sampah kering atau biogas. Ini akan mengirit cost dibanding memakai minyak atau gas elpiji.


Sekalian menanti air mendidih sediakan ikannya yang akan dibikin jadi tepung ikan. Bersihkan serta membersihkan ikan dengan air bersih. Yakinkan tidak ada kotoran atau sampah-sampah kecil yang melekat pada ikan.

Perebusan
Sesudah air mendidih rebus ikan saat 25 menit untuk men-sterilkan ikan dari bakteri patogen. Hingga aman dipakai untuk pakan ternak. Waktu perebusan ini kamu akan lihat minyak ikan.

Pengeringan
Sesudah itu jemur ikan dibawah cahaya matahari langsung. Dengan memanfaat sinar matahari kita dapat menjemur ikan dalam jumlahnya yang banyak sekali. Akan tetapi Jika keadaan cuaca tidak terik kamu dapat pakai oven.

Mengatur suhu ruang oven 105 derjat selsius. Pada suhu ini air akan keluar dari badan ikan hingga kita menadapat daging serta tulang ikan. Kerjakan pengeringan ini sampai saat 30 menit.

Pengeringan ini mempunyai tujuan untuk menghilangkan atau meminimalkan kandungan air pada ikan. Dengan rendahnya kandungan air jadi proses oksidasi akan tambah lebih lamban serta tepung ikan yang dibikin akan bertahan lama.

Sesudah pengeringan tuntas ikan bisa menjadi begitu kering serta ringkih. Beratnya ikut juga menyusut. Ikan ini saat ini telah siap untuk digiling.

Penggilingan
Supaya lebih gampang digiling potong ikan jadi ukuran-ukuran kecil. Seukuruan biji jagung saja cukup sudah. Mengecilkan ukuran ikan akan mempermudah serta percepat proses penggilingan jika dibanding dengan yang tidak dipotong.

Sesudah itu giling potongan ikan sampai halus memakai mesin giling. Giling sehalus mungkin sampai memiliki bentuk jadi seperti tepung. Sesudah jadi tepung proses penggilingan tuntas. Dengan demikian jadilah tepung ikan seperti yang kita kehendaki.

Saat ini tepung ikan bisa dipakai dalam ransum ternak. Beri untuk pakan ternak ayam, puyuh, sapi, kambing serta sabagainya.

Demikian langkah membuat tepung ikan. Tidaklah terlalu susah kan? cuma perlu dikit tekad saja serta tepung ikan dapat dibikin. Saat ini kita tak perlu kembali beli tepung ikan dari pabrik yang mahal.

No comments