Laman

Sunday, 6 May 2018

Mesin Pemisah Tulang Ikan Duri dan Daging

Mesin Pemisah Tulang Ikan Dari Dagingnya

Mesin Pemisah Duri Ikan dan Tulang Ikan dari Dagingnya
Mesin Pemisah Duri Ikan dan Tulang Ikan dari Dagingnya

mesin pemisah tulang ikan murah, Mesin Fish Meat Bone Separator, mesin pemisah duri ikan canggih, cara kerja mesin pemisah daging dan tulang ikan, harga mesin pemisah daging dan tulang, alat pemisah duri ikan manual, harga mesin pemisah duri ikan, cara kerja mesin pemisah tulang ikan, cara membuat mesin pemisah tulang ikan, mesin pemisah tulang ikan, mesin pemisah tulang ikan bekas, harga mesin pemisah tulang ikan.

Alat Pencabut Duri ikan Pada Daging Ikan
Alat Pencabut Duri ikan Pada Daging Ikan
 Berikut ini adalah Spesifikasi dari mesin pemisah tulang ikan dan duri ikan 

Tipe                                         : KM-01BS
Dimensi                                   : 600 x 400 x 
700 mm
Material Body dan Corong     : Plat Stainless Steel
Material Press                          : Karet atau Stainless Steel
Material Rangka                      : Siku Mild Steel
Kapasitas                                : 50-80 kg/jam
Transmisi                                 : Pulley Dan v-Belt
Pengerak                                 : Dinamo 
1 HP ( China) / Engine Bensin 5.5Hp

Spesifikasi

Tipe                                         : KM-02BS
Dimensi                                   : 
700 x 500 x 800 mm
Material Body dan Corong     : Plat Stainless Steel
Material Press                          : Karet atau Stainless Steel
Material Rangka                      : Siku Mild Steel
Kapasitas                                : 100-200 kg/jam
Transmisi                                 : Pulley Dan v-Belt
Pengerak                                 : Dinamo 
1,5 HP ( China)


_________________________________________________________________________________

TIPS BERSIHKAN DURI BANDENG DENGAN MUDAH DAN CEPAT 

Langkah I : Kerjakan pergerakan memutar 
Supaya duri bandeng dapat menyatu pada bagian tengah ataukah tidak lengket serta menebar di semua sisi dagingnya, Anda dapat kerjakan pergerakan tersebut : pegang bandeng memakai dua tangan, lalu gerakkan tangan dengan arah bersimpangan seperti memeras pakaian sampai berbunyi "kretek". Kerjakan cukuplah sekali saja yaa, sebab cara tersebut membuat duri Ikan Bandeng tidaklah terlalu melekat di dagingnya hingga Anda dapat nikmati olahan bandeng tiada takut tertelan durinya. Langkah tersebut dapat Anda kerjakan bila Anda ingin langsung memproses bandeng utuh tiada mengubah memiliki bentuk. 

Langkah II Bandeng Tiada Duri 
Langkah tersebut membuat bandeng betul-betul bebas dari duri serta aman di nikmati siapapun. Akan tetapi langkah tersebut membuat bentuk bandeng tidak dapat utuh kembali yaa. Untuk lebih detilnya tersebut jalannya : 

1. Membersihkan sisiknya 
Supaya bandeng dapat di proses jadi bermacam sajian yang lezat, langkah awal yang perlu dikerjakan ialah bersihkan sisiknya yang cukup tebal. Pakai pisau dengan arah bersimpangan atau dari sisi ekor mengarah kepala. 
2. Sayat punggung bandeng 
Bila Anda ingin menghilangkan duri bandeng saat mentah, Anda dapat menyayat perlahan-lahan sisi punggungnya, mulai dari ekor sampai ke kepala ikuti arah duri. Janganlah sangat dalam supaya duri tidak turut terpotong. 
3. Sayat sisi ekornya 
Sesudah punggung, Anda dapat menyayat sisi ekor bandeng. Padabagian ini, biasanya duri akan terkumpul semakin banyak, karenanya Anda dapat menyayat ekor ikan lebih dalam ikuti arah duri. 
4. Cabut duri tengahnya 
Supaya duri ikan dapat diambil semua, Anda dapat pegang sisi ekor serta kepala ikan, tarik perlahan-lahan sisi ekor serta duri lewat cara menekuk sisi kepala. Dengan begitu duri akan gampang tercabut. (Faedah Daun salam untuk Kesehatan) 
5. Membersihkan duri halus memakai pinset 


Sesudah duri tengah hilang, Anda dapat bersihkan duri halus yang tertingggal memakai pinset. 
Ketua grup pengolah serta pemasar (Poklahsar) prikanan Ridho. Ustadz Dr. Sulaiman Milla, S.Ag, MA menuturkan, pemrosesan ikan gabus tiada tulang adalah pengembangan paling baru pemrosesan hasil perikanan di Sulawesi selatan. Timbulnya inspirasi kreatif dari seseorang guru agama Islam di SMPN 1 Pinrang ini sebab di inspirasi dari keberhasilannya dalam memproses bandeng serta nila tiada duri. “Ketika itu saya dalam perjalanan dari Makassar ke Pinrang terbersit dalam pikiranku Ikan bandeng saja yang banyak tulangnya dapat dicabut satu-satu lantas kenapa ikan nila serta ikan gabus tidak,” kata ustaz Sulaeman Milla yang mengakui baru seputar tiga bulan temukan langkah praktis mencabut tulang ikan gabus tiada mengakibatkan kerusakan struktur dagingnya.

“ Bila seekor ikan nila.membutuhkan waktu seputar 3-4 menit untuk bersihkan 75 jumlahnya tulangnya, tetapi ikan gabus perlu waktu seputar 10-15 menit baru dapat bersih dari tulang tiada mengakibatkan kerusakan struktur daging,” kata Ustaz Sulaiman. Dikatan Sulaiman Milla, ikan gabus lebih susah dilepaskan tulangnya di banding dengan bandeng serta nila. Tidak hanya badannya licin ikan gabus mempunyai tulang halus, kuat serta melengket di daging. “Cara membukanya mesti tambahan berhati-hati untuk hindari rusaknya pada daging supaya ikan gabus masih fresh serta utuh,” tuturnya.

Untuk mendapatkan bahan baku ikan gabus tidak susah, tidak hanya dari nelayan di seputar sungai saddang pun didapat dari jaringannya yang berada di seputar danau Tempe kabupaten Wajo serta danau Sidenreng kabupaten Sidrap. Ikan gabus yang sudah dilepaskan tulangnya dibekukan dalam freser. Sedang pemasarannya pun mudah sebab ada customer spesifik yang mengincar ikan gabus baik berbentuk goreng krispy, goreng kentaky, goreng biasa, ikan bakar ataupun berbentuk masakan berkua.: “Konsumen tinggal pilih ingin yang manakah kami siap sediakan,” papar pemilik rumah makan Ridho Pinrang.

Disebutkan Dr. Sulaiman Milla, ikan gabus mempunyai fragmen pasar terbuka lebar sebab tidak hanya rasa-rasanya yang gurih pun mempunyai nilai gizi yang tinggi hingga bisa jadikan menjadi sumber protein yang baik untuk badan. Seperti didapati jika ikan gabus diketahui mempunyai type kandungan gizi yang tambah tinggi. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, tambah tinggi bila dibanding dengan kandungan protein dari ikan bandeng (20,0%), ikan mas (16,0%), ikan kakap (20,0%), ataupun ikan sarden (21,1%).

Ikan gabus ini begitu kaya albumin, salah satunya type protein terpenting buat badan manusia. Albumin dibutuhkan badan manusia, terpenting dalam proses pengobatan luka-luka. Ditambah lagi untuk anak-anak dalam perkembangan begitu pas untuk kecerdasan otaknya. “Makanya saya beli dua ekor untuk anak saya mudah-mudahan semakin sehat serta pintar sesudah konsumsi ikan gabus ditambah lagi tidak ada tulangnya anakku senang sekali,” kata salah seseorang pengunjung di RM Ridho Mattirobulu. Sebab kandungan proteinnya yang tinggi mengakibatkan ikan gabus mempunyai manfaat yang baik untuk meningkatkan stamina buat pria.

Bandeng Enak Tanpa Duri

Daging bandeng begitu lezat. Akan tetapi, waktu disantap jadi menyusahkan sebab durinya. Sampai kini, untuk nikmati bandeng tiada terganggu duri lewat cara dipresto. Sekarang ada produk bandeng tiada duri serta tiada dipresto. Untuk menghilangkan duri bandeng yang sangat banyak serta terpencar letaknya, nyatanya langkah hanya satu ialah dicabuti satu per satu.
Produk ini mempunyai prospek yang bagus. Pesanan selalu mengalir untuk mensuplai supermarket di Jakarta serta sekelilingnya bahkan juga di-export ke Amerika Serikat. Bandeng tiada duri yang pertama-tama di Semarang bahkan bisa saja di Indonesia.
Produk seperti ini sangatlah populer di luar negeri pentingnya Eropa serta Amerika serikat. Umumnya negara itu mengimpor dari Philipina serta Thailand. Salah seseorang pelopor usaha ini ialah Mulyono yang datang dari semarang Jawa Tengah. Beliau memulai bisnisnya berdasar pada informasi dari saudaranya yang tinggal di luar negeri.
Pemrosesan bandeng tiada duri adalah salah satunya proses pemrosesan diversifikasi produk perikanan, terpenting produk perikanan berbahan baku ikan bandeng. Mengenai langkah Pengolahannya lumayan sederhana.
Bila bandeng memiliki cita perasaan yang spesifik serta banyak disukai oleh penduduk banyak akan tetapi di balik prospek itu ikan bandeng memiliki kekurangan yakni adanya duri-duri yang banyak yang menyebar di semua sisi daging.

Untuk menghadapi dari kendala-kendala di atas jadi proses pemrosesan bandeng tiada duri adalah altematif yang begitu pas. Tersebut langkah pemrosesan bandeng tiada duri :

I. Bahan
  • Ikan bandeng fresh 
  • Air, Es 
  • Kantong Plastik 
  • Talenan 
  • Pisau 
  • Pinset 
  • Bak pencucian 
  • Alat pembuang sisik 
  • Wadah plastik 
  • Timbangan 

II. Langkah Pemrosesan

A. Pembuangan Sisik
· Jika pemrosesan Bandeng tiada duri ini untuk kepertingan pemrosesan kelanjutan yang masih tetap membutuhkan terdapatnya sisik, jadi pembuangan sisik tidak dikerjakan.
· Jika dalam pemrosesan kelanjutan tidak dibutuhkan terdapatnya sisik jadi langkah pembuangan sisik dengan dikerok dari pangkal ekomya ke arah ke sisi kepala dengan alat pisau atau pembuang sisik (spesial).

B. Pemisahan (Fillet)

Tehnik pemisahan lewat cara menyayat sisi punggung ikan dengan memakai alat pisau. Penyayatan diawali dari sisi ekor s/d membelah kepala serta setelah itu pembuangan isi perut
dan insang.

C. Pencucian

Ikan yang sudah difillet dicuci bersih dengan memakai air bersih untuk menghilangkan bekas darah, lemak ataupun kotoran yang masih tetap melekat.

D. Pembuangan Duri

· Buang tulang punggung dengan memakai pisau dari sisi ekor sampai sisi kepala.
· Cabut tulang-tulang dari permukaan dinding perut, di bagian perut ada 16 pasang tulang besar.
· Buat potongan memanjang pada guratan daging punggung sisi tengah serta sisi perut dengan memakai ujung pisau. Potongan dikerjakan dengan berhati-hati supaya duri-duri tidak terputus,setelah itu pencabutan duri dikerjakan lewat cara masukkan ujung pinset di bagian potongan itu, lalu dikerjakan pencabutan satu-satu,di bagian punggung ada 42 pasang duri bercabang yang ada di daging dekat kulit luar. Selama lateral line ada 12 pasang duri cabang, sedang dibagian perut ada 12 pasang duri.
· Rendemen ikan bandeng yang sudah dibuang durinya sebesar 70-80%.

III. Pengemasan

Supaya memiliki daya awet yang lebih lama jadi ikan bandeng secepat mungkin didinginkan dengan menaruh ke wadah serta dikasih es. Untuk mengawasi supaya ikan tidak berkontak langsung dengan es jadi ikan dimasukkan ke kantong plastik yang ditutup dengan sealer.

-----

Resep Masakan Bandeng Cabut Tulang Aceh

Resep Masakan Bandeng Cabut Tulang Aceh. Masakan ikan bandeng yang satu ini mesti anda coba. Dengan masakan yang satu ini anda akan betul-betul nikmati perasaan dari daging ikan bandeng yang lembut. Ingin coba Resep Masakan Bandeng Cabut Tulang Aceh ?

BERIKUT INI RESEP MASAKAN BANDENG CABUT TULANG : 


Bahan:
  • 1 ekor ikan bandeng ukuran besar 
  • 100 gr kentang rebus. Haluskan 
  • Garam seperlunya 

Bumbu halus:
  • Cabai rawit menurut hasrat 
  • 1 ruas jahe 
  • 1 siung bawang putih 
  • 5 btr bawang merah 
  • 2 bh asam sunti 
Langkah membuat:

  • Membersihkan ikan bandeng dari sisik serta sirip, biarlah ekornya. 
  • Pukul-pukul sampai lembek, lalu tarik tulangnya lewat mulit ikan. 
  • Mengeluarkan semua isi ikan 
  • Haluskan daging ikan serta pisahkan dari semua duri. 
  • Aduk rata ikan halus serta bumbu halus. Campur pun kentang halusnya. Ratakan 
  • Masukan adonan itu kembali dalam kulit ikan. 
  • Panggang kulit ikan yang berisi adonan daging ikan serta kentang dan bumbu halus sampai masak. 
  • Sediakan dengan memberikan garnis(pelengkap dan hiasan) sesuai dengan hasrat. 

Tehnik membuat Resep Masakan Bandeng Cabut Tulang Aceh:
Memproses masakan bandeng cabut tulang seperti meuloh teupeh-peh atau otak-otak bandeng gresik memang tidak gampang. Akan tetapi dengan selalu berlatih, tidak ada yang tidak mungkin. Tidak hanya langkah di dalam resep, tersebut beberapa panduan cabut tulang.

Langkah 1: membersihkan sisik ikan. Tarik kepala serta ekor dengan arah yang bersimpangan. Patahkan tulang ekornya. Remes sekalian tekan-tekan tubuh ikan dengan tangan untuk mempermudah waktu mencabut tulang. Cabut tulang sisi tengan lewat lubang insang.
Langkah 2: membersihkan ikan dari sisik. Mengeluarkan isi perut perlahan-lahan dengan mematahkan sekat insang lebih dulu. Bersihkan bersih, tiriskan. Pukul-pukul tubuh ikan bandeng dengan pegangan pisau atau kayu supaya daging lepas dari kulit. Mengeluarkan duri ikan dengan menekuk tulang ekor kea rah kepala. Tarik durinya perlahan. Mengeluarkan daging ikan dari lubang yang sama juga dengan pertolongan sendok makan perlahan-lahan. Balikkan kulit ikan, membersihkan, serta balikkan kembali seperti sebelumnya. Isi dengan bahan dalamnya.
Langkah 3: Siangi ikan dari sisik, insang, da nisi perutnya (ini dapat ditangani oleh tukang ikan di pasar). Tekuk-tekuk dengan lembut tulang ikan yang menyatu dengan sisi ekornya, sampai berasa ada yang patah. Tekan-tekan dengan lembut sisi punggung serta bawah ikan untuk memisahkan daging dari kulitnya. Tekan-tekan pun sisi bagian-bagian ikan. Kerjakan semua dengan jari-jari tangan. Patahkan pangkal tulang ikan yang ada di kepala. Kerjakan memakai tangan lewat cara menekuk-nekuknya dengan berhati-hati. Tarik/ cabut tulang ikan dari arah kepala dengan tangan kanan, sedang tangan kiri meredam ekornya (bila masih tetap susah terlepas, coba tekuk-tekuk kembali sisi ekornya serta tekan-tekan sisi tubuh ikan). Dengan pertolongan sendok kecil bertangkai panjang, mengeluarkan/ keruk daging ikannya dengan berhati-hati, jangan pernah merobek kulitnya. Lalu membersihkan duri-duri dari dagingnya (untuk mempermudah, kukus dahulu daging ikan sesaat, baru mengambil duri-durinya).
jual mesin pemisah tulang ikan, mesin pemisah daging tulang ikan, video mesin pemisah tulang ikan, harga mesin pemisah tulang ikan murah, mesin pemisah tulang daging ikan, mesin pemisah tulang dan daging ikan. Fungsi kegunaan dari mesin pemisah tulang ikan adalah memisahkan duri ikan atau tulang ikan dari daging yang menempel. memisahkan duri ikan dari dagingnya membutuhkan kejelian karena ukuran duri ikan yang kecil kerap kali terlewatkan. untuk itu dengan mesin pemisah tulang dan duri ikan ini akan membantu mempercepat proses pencabutan duri ikan dari dagingnya.
No comments:
Write komentar