Laman

Sunday, 6 May 2018

Harga Mesin Bawang - Mesin Pengolahan Bawang Dari Awal Sampai Akhir

Mesin Pengolahan Bawang

Bawang salah satu komponen bumbu masakan yang erat pada masayarakat Indonesia yang suka masakan pedas. bawang seringkali digunakan sebagai bumbu masakan, obat tradisonal dan olahan sehari-hari. jadi tidak jarang kalau harga bawang naik menajelang lebaran atau hari raya tertentu karena memang bawang komoditas yang penting di Indonesia. bawang di Indonesia ada beberapa jenis seperti bawang merah, putih, dan bombay. bawang memang buka dari Indonesia tetapi sudah sudah ada dihati masyarakat dari dulu karena banyaknya manfaat dari si bawang ini. 

Nah, Berikut ini adalah cara mengolah bawang yang banyak dilakukan di Indonesia :

Mengupas Kulit Bawang Gaya Modern (Memakai Mesin)

Baik itu bawang merah, putih dan bombay sama-sama memliki kulit luar yang melindungi inti bawang. untuk mengupas kulit bawang sudah ada cara mudahnya yaitu memakai mesin pengupas bawang dari arena mesin. tingal masukin bawang ke dalam mesin, kulit bawang dengan mudah akan terkelupas dengan sendiri.

Mesin Pengupas Bawang Merah Putih dan Bombay
 Dengan mesin diatas akan dengan mudah mengupas bawang, jadi tidak perlu repot lagi waktu anda tersita hanya untuk mengupas bawang.

Merajang Bawang ( Bawang Segar / Bawang Goreng)

Setelah bawang dikupas maka tahap pengolahan bawang selanjutnya adalah merajang atau memotong bawang untuk dibuat bawang goreng dan bawang segar sebagai campuran salad atau acar segar. untuk memotong bawang ini dapat mengunakan mesin perajang bawang dari areana mesin. mesin ini memudahkan pemotongan atau perajangan bawang, selain mempercepat tidak membuat pedih dimata terutama bawang merah. tidak capek dan preaktis menghemat waktu anda.

Mesin Pencacah Bawang Merah Putih dan Bombay

Penirisan Minyak Hasil Pengorengan Bawang Goreng

Tahap selanjutnya pada pengolahan bawang adalah mengoreng, mengoreng ini dapat dilakukan memakai wajan biasa, besar kecil wajan dan sedikit banyaknya minyak pengorengan bawang tergantung dari banyak sedikitnya bawang yang akan digoreng. dari hasil pengorengan bawang ini, bawang akan ditiriskan. penirisan manual biasanya tidak terlalu bagus karena banyaknya bawang goreng yang menempel atau dempet yang membuat penirisan kurang optimal. berbeda dengan memakai mesin peniris minyak, dengan memakai mesin ini bawang goreng tingal dimasukan ke dalam mesin dan mesin akan berputar meniriskan minyak dari bawang goreng. praktis buka memakai mesin ini.
Mesin Pengiris Minyak Hasil Pengorengan Bawang Goreng

Mengolah Bawang Goreng Kekinian (Pedas, Keju, Balado, dll) 

Dewasa ini pengolahan bawang goreng tidak hanya digoreng saja, ada animo dari anak muda tentang banyaknya rasa yang diingikan seperti rasa bawang goreng pedas manis, keju, balado, ikan teri dan lain-lain yang disebut rasa kekinian. untuk itu ada mesin yang akan menjawab keinginan anak hitz jaman now yaitu mesin pengaduk bumbu bawang goreng.

Mesin Pengaduk Bumbu Bawang Goreng Kekinian

Mengolah Bawang Menjadi Kerupuk Bawang

Selain Kerupuk udang ada juga kerupuk bawang. kerupuk bawang ini juga lumayan populer setelah kerupuk udang. ada beberapa alur tahapan pembuatan kerupuk bawang, untuk lebih jelasnya mari kita bahas cara membuat kerupuk bawang dengan mesin dibawah ini :

Mengupas Bawang
Pertama mari kita kupas bawang megunakan mesin pengupas bawang, mesin ini akan otomatis memisahkan bawang dengan kulit luar bawang.
Mesin Pengupas Bawang Untuk Pembuatan Kerupuk

Mengiling Bawang
Pada tahap ini mesin akan digiling memakai mesin pengiling bawang. dengan mesin ini bawang yang telah dikupas dimasukan kedalam mesin pengilling dan mesin otomatis mecacah bawang menjadi potongan-potongan lembut yang siap dicampur ke mesin adonan.

Mesin Pengiling Bawang Untuk Pembuatan Kerupuk Bawang

Mixing atau Mengaduk Adonan Kerupuk Bawang
Pada Proses ini mesin mengaduk adonan bawang giling  dan dicampur dengan tepung dan bumbu-bumbu yang meningkatkan rasa. mesin ini membuat homogen bahan-bahan pembuat kerupuk bawang menjadi liat (menyatu).

Mesin Mixer Pengaduk Adonan Kerupuk Bawang

Pemotongan Adonan Kerupuk Bawang
Pada tahap ini adonan kerupuk bawang yang sudah jadi akan dipotong kecil-kecil atau tipis-tipis berdasarkan keinginan memakai mesin pemotong kerupuk bawang.

Mesin Pemotong Kerupuk Bawang


Pengeringan Kerupuk Bawang
Tahap ini adonan yang telah dipotong akan dimasukan ke mesin pengering kerupuk. dengan mesin pengering ini potongan kerupuk bawang akan cepat kering karena tidak terkendala oleh cuaca.
Mesin Pengering Kerupuk Bawang


Demikianlah mesin-mesin dari arena mesin tentang mesin pengolah bawang yang semoga bermanfaat dan berguna bagi dunia kuliner terutama olahan bawang. salam sukses.

No comments:
Write komentar