Laman

Sunday, 6 May 2018

Harga Mesin Kedelai - Mesin Pengolahan Kedelai

Mesin Pengolahan Kedelai Bernilai Ekonomis

 

Apa yang pertama terlintas dalam benak kita bila kita mendengar kata tempe, tahu, dan kecap. ya, semua itu sama-sama terbuat dari bahan kedelai, seperi tauco, susu kedelai, taosi, tepung kedelai itu juga semuanya sama dari kedelai. tanaman kedelai biasanya ditanam saat musim kemarau karena tidak terlalu membutuhkan banyak air. pada penghujung musim hujan saat yang tepat untuk menanam kedelai. kedelai yang kita lihat sehari-hari kebanyakan adalah kedelai impor yang lebih mahal dari kedelai lokal. 
pemanfaatan tanaman kedelai masih sebatas pada olahan makanan saja. belum optimalnya pemanfaatan tanaman kedelai bisa dilihat dari kurang banyaknya olahan tanaman kedelai. mari kita bahas pemanfaatan tanaman kedelai dari atas sampai bawah.

Batang Kedelai dan Kulit Kedelai Sebagai Pakan Ternak

kendala pertama dalam pemanfaatan tanaman kedelai adalah kurangnya pemanfaatan batang kedelai dan kulit kedelai. Batang kedelai dan kulit kedelai kerap kali hanya dibuang begitu saja, padahal kandungan gizi dari bahan-bahan ini memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. dengan memanfaatkan batang kedelai dan kulit kedelai sebagai pakan ternak fermentasi. pengolahan fermentasi dengan bahan batang kedelai dan kulit kedelai pertama harus dihancurkan terlebih dahulu utnuk itu kita perlu mesin pencacah dan pengiling batang kedelai dan kulit kedelai. 

Mesin Pencacah Batang dan Kulit Kedelai

Mesin Pencacah Batang dan Kulit Kedelai
Mesin Pencacah Batang dan Kulit Kedelai
 Fungsi dari mesin ini adalah mencacah, mengiling, menghancurkan batang dan kulit kedelai menjadi pakan kosentrat dan pakan fermentasi. Dengan mesin diatas maka batang dan kulit kedelai bisa kita manfaatkan lebih jauh lagi.

Mengolah Kedelai Menjadi Susu Kedelai (Soybean)


Pernah mendengar alergi susu? alergi susu sebenarnya tidak banyak ditemukan pada orang dewasa dan kebanyakan yang mengalaminya adalah anak-anak. alergi disini karena disebabkan kandungan kasein dan whey pada hewan menyusui seperti susu sapi. penderita alergi biasanya dikarenakan tidak kuat akan protein hewani dan hanya mampu menerima protein nabati. alternatif yang bisa digunakan untuk penderita alergi susu adalah minum susu yang tebuat dari kedelai (soybean). susu kedelai juga memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dari susu sapi, karena seringnya masyarakat terbiasa meminum susu sapi jadi banyak yang mengangap kalau susu kedelai kalah kualitas gizinya, padahal itu tidak benar. untuk pembuatan susu kedelai sendiri malah tidaklah rumit, untuk itu akan kami ulas beberapa mesin yang berguna untuk proses pembuatan susu kedelai. yaitu sebagai berikut ini :

Mesin Pengupas Kedelai,
Dengan mesin ini, mengupas kulit ari kedelai terasa ringan karena tingal masukin saja kedelai basahnya kedalam mesin dan otomatis mesin akan mengupas kulit ari kedelainya.

Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Tanah Dengan Mudah


Mesin Pengiling Kedelai
Dengan mesin ini kedelai yang sudah dikupas kulit arinya tingal dimasukan ke dalam mesin pengiling kedelai. tunggu sampai kedelai tergiling sempurna.

Mesin Pengiling Kedelai
Mesin Pemasak Kedelai
Setelah di kupas dan digiling tahap terahir dalam pembuatan susu adalah pemasakan, dengan mesin pemasak kedelai, maka kedelai yang sudah matang karena pemasakan tingal disaring memkai saringan biar didapat susu kedelai tanpa ampas.

Mesin Pemasak Susu Kedelai




Demikianlah cara membuat atau mengolah kedelai menjadi susu kedelai memakai mesin-mesin dari ARENA MESIN. semoga mesin pengolahan kedelai menjadi susu kedelai membantu memudahkan pembuatan susu kedelai.


Mengolah Kedelai Menjadi Kedelai Sangrai Alternatif Kopi

 

 Dalam sebuah penelitian, kedelai yang telah disangrai dan berbentuk bubuk dapat digunakan sebagai alternatif penganti bubuk kopi. selain sebagai penganti ternyata bubuk kedelai memiliki manfaat lebih tinggi untuk kesehatan karena mengandung unsur-unsur nutrisi antara lain protein dan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. untuk mendaptkan bubuk kedelai perlu proses sangrai dan penepungan kedelai. untuk itu akan kita bahas mesin kedua tersebut dibawah ini.

Mesin Sangrai Kedelai,
mesin ini memasak kedelai yang telah dibersihkan dengan cara dimasak tanpa minyak. pengsangraian ini tidak terlalu berbeda dengan pengsangraian kopi.

Mesin Sangrai Kedelai
Mesin Bubuk Kedelai,
Setelah kedelai disangrai makan tahap selanjutnya adalah mengiling kedelai sangrai. dengan mesin pengiling ini kedelai sangrai akan ditumbuk secara otomatis agar menjadi bubuk kedelai sangrai.

Mesin Bubuk Kedelai

Demikianlah cara mendapatkan bubuk kedelai sangrai sebagai alternatif bubuk kopi, semoga mesin-mesin diatas seperti mesin sangrai kedelai dan mesin penepung kedelai sangrai dapat memudahkan masyarakat Indonesia mengolah Kedelai Sangrai.



Mengolah Kedelai Menjadi Tahu / Tofu

Tahu, makanan yang identik dengan tempe. pembuatan tahu membutuhkan lebih banyak tenaga dari pada pembuatan tempe karena harus dimasak lebih lama lagi. untuk pembuatan tahu, kedelai terlebih dahulu kita giling, pengilingan dapat kita lakukan dengan mesin pengiling kedelai. pengunaan mesin pengiling tahu disini biasanya untuk usaha pengolahan tahu skala menengah ke atas karena kebutuhan pengilingan kedelai yang banyak dan capek kalau memakai tenaga manusia saja. lalu tahap selanjutnya dalam pembuatan tahu adalah pemasakan tahu hasil gilingan. masukan hasil gilingan tahu tadi ke mesin pemasak. dalam mesin pemasak ini kedelai giling akan dimasak secara tertutup memakai uap, jadi akan mempercepat pematangan atau pemasakan tahu/tofu. dibawah ini adalah contoh mesin pengiling kedelai untuk tahu dan mesin pemasak tahu atau boiler tahu

Mesin Pengiling Kedelai Untuk Tahu


Mesin Pemasak Tahu atau Boiler Tahu

Jadi demikianlah cara-cara mengolah kedelai menjadi bernilai ekonomis yang patut dicoba. membuat kedelai menjadi sesuatu dari yang biasa menjadi sesuatu yang value tinggi akan berdampak pada perekonomian petani dan pengusaha kuliner. mari menuju Indonesia Mandiri Kedelai

No comments:
Write komentar