Laman

Saturday, 12 May 2018

Harga Mesin Pengolahan Pisang dari Batang Sampai Buah

Mesin Pengolahan Pisang dari Batang Sampai Buah


Banana on nana, Pisang adalah tanaman yang tumbuh subur di seluruh wilayah Indonesia dari Aceh sampai Merauke. ada mitos yang miliki susuk tidak  boleh makan pisang. percaya boleh tidak yang terpenting pisang memang kaya akan manfaat. dari daun, batang dan akar dapat diolah menjadi komoditas yang beragam olahan. menarik bukan. untuk itu mari kita bahas manfaat dan kegunaan pisang berdasarkan mesin yang dapat memudahkan pengolahan pisang menjadi bernilai ekonomi tinggi. berikut cara pengolahan pisangnya :

A. Pisang Diolah Menjadi Keripik Pisang


Pengolahan pertama ini mungkin sudah biasa ya dimasyarakat terutama menjadi keripik. tapi masih tetap favorit kan pengolahan keripik pisang. oke, untuk tahap pertama dalam pengolahan pisang menjadi keripik perlu mesin sebagai berikut ini:

Mesin Perajang Pisang, Mesin ini akan memudahkan pemotongan dan pengirisan buah pisang menjadi bentuk chip atau memanjang tergantung selera dan kebutuhan olahan pisang. dengan mesin perajang pisang ini akan mempercepat pemotongan pisang.
Mesin Perajang Pisang
Mesin Pengering dan Peniris Pisang, Setelah pisang dipotong dan diris adalah diberi bumbu dan digoreng, setelah itu tiriskan pisang dengan mesin peniris minyak. kegunaan mesin ini adalah meniriskan minyak yang masih terkandung dalam keripik pisang.
Mesin Peniris Minyak Abon
Mesin Peniris Minyak Keripik

Demikianlah cara membuat keripik pisang bentuk chip dan memanjang.

B. Pisang Diolah Menjadi Tepung

Pemanfaatan pisang selanjutnya adalah dibuat tepung, tepung pisang bisa digunakan sebagai penganti tepung terigu karena tidak mengandung gluten seperti tepung terigu. adapun pisang yang digunakan sebagai olahan pembuatan tepung adalah semua jenis pisang baik yang masih muda maupun sudah matang asal masih memiliki pati yang tinggi dan tidak busuk karena bila busuk akan mengurangi nilai gizi olahan tepung pisang. adapun cara membuat tepung pisang adalah sebagai berikut:

Pertama, iris pisang yang sudah dikupas setipis-tipisnya sekitar 2mm. pemotongan akan lebih cepat bila mengunakan mesin perajang pisang. mesin perajang pisang akan membantu pemotongan pisang dengan cepat karena pisang yang dipotong harus tipis dan banyak. untuk itu dapat mengunakan mesin pemotong pisang.
Mesin Perajang Pisang
Kedua, setelah pisang dipotong tipis-tipis lalu keringkan pisang tersebut kedalam mesin pengering. pengunaan mesin pengering disini dikhususkan daerah yang memiliki kelembapan tinggi seperti daerah pegunungan dan curah sinar matahari yang rendah. dengan mesin ini pengeringan pisang akan mempercepat pengeringan.

Ketiga, pada tahap ini setelah pisang sudah kering sempurna maka langkah selanjutnya adalah mengiling pisang yang sudah kering menjadi tepung. penepungan pisang dilakukan dengan mesin penepung pisang. dengan mesin ini pisang akan dibuat tepung dengan sendirinya.
Mesin Penepung Pisang Kering 

Keempat, Tahap akhir dari pembuatan tepung pisang adalah pengayakan. pengayakan ini didaksudkan agar pisang yang sudah dibuat tepung dapat dipisahkan antara tepung yang halus dengan tepung pisang yang masih kasar. mesin yang digunakan adalah mesin pengayak tepung pisang.
Mesin Sortasi Kacang Atom
Mesin Sortasi Kacang Atom, Shanghai dan Telur
Demikianlah proses dan cara pembuatan tepung pisang, semoga bermanfaat dan berguna.

C. Pisang Diolah Menjadi Selai Pisang


Selai  biasanya berupa awetan makanan dari buah-buahan yang telah dihancurkan. pembuatan selai sendiri termasuk mudah apalagi selai pisang. dan cara penyajian selain pisang ini tidak di makan secara langsung melainkan sebagai olesan roti atau sebagai isian kue. selai pisang yang akan kita olah sangat gampang pebuatannya apalagi memakai mesin pengolahan selai pisang, berikut ini adalah langkah-langkah membuat selai dari buah pisang:

Pertama, giling pisang atau buah pisang ke dalam mesin pengiling pisang. mesin ini akan otomatis mengiling buah pisang seperti bubur pisang. dengan mesin pengiling pisang ini buah akan tergiling secara merata dan tidak merusak bahan buah pisang.
Mesin Pengiling Pisang / Buah Pisang
Kedua, setelah buah pisang digiling hal yang perlu dilakukan adalah memasaknya. memasak salai ini perlu diaduk berkali-kali agar merata bahan pisang dan gula. aduk sampai kental atau setengah padat sehingga gampang diamsukan kedalama toples atau botol selai pisang. mesin yang diperlukan untuk memasak selai pisang adalah mesin pemasak selai pisang.
Mesin Pemasak Selai Pisang
Demikianlah Cara membuat selai pisang yang bergizi dan gampang. semoga sodara sekalian dapat membuat selai pisang diruamah tanpa ribet.


D.Pisang Diolah Menjadi Dodol Pisang Atau Jenang Pisang


Dodol yang ada pada saat ini sudah mengalami perkambagan rasa. dodol yang dulu hanya memiliki satu rasa. namun sekarang dodol dibuat dari berbagai buah-buahan. seperti dodol pisang. dodol pisang ini dibuat dari sari pisang. untuk lebih lanjut dalam pembuatan dodol pisang mari ikuti langkah berikut ini: pertama masukan semua bahan yang sudah disiapkan seperti, pisang yang sudah dikupas lalu digiling halus lalu tambahkan gula merah, gula pasir, santan kental, tepung ketan, dan natrium benzoat kedalam mesin pembuat dodol pisang. kedua, setelah adonan bahan-bahan sudah dimasukan kedalam mesin, langkangkah selanjutnya adalah menunggu adonan dodol pisang diaduk dan dimasak dengan sendirinya dengan mesin sampai matang.

Mesin Pemasak Selai Pisang

Demikianlah cara membuat dodol pisang dengan mesin pembuat dodol pisang, mudah bukan tingal masukan bahan kedalam mesin, dodol pisang anda sudah jadi tingal cetak dan potong.

E. Jantung Pisang Diolah Menjadi Abon


Abon adalah makanan yang terbuat dari serat daging hewan namun bagi yang alergi protein hewani boleh anda melirik olahan abon yang terbuat dari jantung pisang. selain tidak mengandung protein abon ini cocok untuk pegiat pola hidup sehat dan Vegetarian. cara pembuatan abon jantung pisang sangat mudah bila anda tahu caranya, apalagi ada mesin yang membantu membuat pembuatan abon jantung pisang dengan mudah anda buat. berikut cara membuat abon jantung pisang :

Pertama, cuci bersih jantung pisang dan potong jantung pisang memakai mesin pemotong jantung pisang. mesin ini akan memotong jantung pisang berukuran tipis-tipis agar pada saat perebusan mudah lunak dan cepat matang.

Mesin Pemotong Jantung Pisang

Kedua, setelah jantung pisang diiris tipis-tipis, rebus dan didihkan sampai lembut. setelah jantung pisang lebut tiriskan dan campur dengan bumbu-bumbu rahasia abon anda dan goreng sampai matang. setelah matang tiriskan minyak yang masih menempel dengan mesin peniris minyak abon jantung pisang.
Mesin Peniris Minyak Abon
Mesin Peniris Minyak Abon Jantung Pisang

Demikianlah cara membuat abon dari jantung pisang, mudah dan gampang bukan bila dibantu dengan mesin.

F. Bonggol Pisang Diolah Menjadi Keripik Bonggol Pisang


Sudah tahu kalau bonggol pisang sudah bisa dibuat keripik?? yuk intip cara pembuatan keripik bonggol pisang yang bakal jadi keripik alternatif. Pertama, siapkan bonggol pisang yang sudah dibersihkan dan iris tipis-tipis memakai mesin pemotong dan pengiris bonggol pisang. dengan mesin pemotong dan pengiris bonggol pisang ini bonggol akan terpotong lebih rapi dan tidak capek karena memiliki ukuran yang besar.
Mesin Pemotong Jantung Pisang
Kedua, setelah diiris kecil-kecil bonggol pisang rendam dalam wadah selama 6-7 hari untuk menghilangkan getah dan rasa pahit. setelah perendaman selesai makan goreng bonggol pisang yang sudah diiris kecil-kecil sampai berwarna kecoklatan. setelah itu tiriskan dengan mesin peniris minyak bonggol pisang.
Mesin Peniris Minyak Abon
Mesin Peniris Minyak Bonggol Pisang

Demikianlah cara membuat keripik bonggol pisang yang dapat anda praktekan dalam dunia bisnis dan kuliner anda.

G. Mengolah Batang Atau Pelepah Pisang Menjadi Serat Tali Untuk Bahan Kerajinan (Musa Textiles)


Batang atau pelepah pisang memiliki banyak manfaat sebagai bahan pembuatan kerajinan dan bahan furniture. untuk pemanfaatan tersebut tidak langsung dipake namun harus melalui beberapa proses seperti penyeraatan, pencucian dan pengeringan baru pelepah pisang dapat diolah mejadi bahan-bahan kerjainan yang multifunsi. berikut ini adalah mesin yang dapat memisahkan serat dengan batang pisang atau pelepah pisang.

Mesin Pemisah Serat Batang dan Pelepah Pisang
Selanjutnya adalah mesin pengering serat batang dan pelepah pisang yang sudah dibersihkan. dengan mesin pengering ini memungkin kan untuk mempercepat pengeringan serat untuk bisa cepat digunakan.

Mesin Oven Kopra
Mesin Pengering Serat Pisang

Demikianlah cara mendapatkan serat dari batang pisang dan pelepah pisang dengan mudah.

H. Pengolahan Batang, Daun, Bonggol Pisang Menjadi Pakan Ternak Fermentasi

Limbah pohon pisang berupa daun, batang, dan bonggol dapat digunakan sebagai alternatif pakan ternak fermentasi. pengolahan pakan fermentasi berbahan limbah pisang sangat memungkinkan karena dengan penambahan prebiotik limbah pisang akan memiliki nilai gizi yang baik dan membantu lambung hewan ternak menyerap semua gizi karena hasil fermentasi pakan limbah pisang memiliki enzim yang bagus buat hewan ternak. dan hasil pembuangan kototan hewan ternak tidak berbau sehingga  tidak akan diprotes oleh masyarakat sekitar yang berada didekat kandang hewan ternak. untuk itu sebelum pembuatan pakan fermentasi maka limbah pisang harus dicacah mengunakan mesin pencacah dan penghancur pakan ternak serbaguna.


Mesin Perajang dan Pencacah Serbaguna
Mesin Perajang dan Pencacah Serbaguna
Demikianlah cara membuat pakan hewan fermentasi dengan bahan limbah pisang.


1 comment:
Write komentar