Laman

Mesin Pengolahan Singkong

 Mesin Pengolahan Singkong Bernilai Ekonomis Modern

Singkong atau Ketela Pohon pertama kali masuk ke Indonesia dibawa oleh bangsa portugis karena mudahnyanya dipanen kapan saja atau sebagai cadangan makanan bawah tanah. pada masa ini ketela masih sedikit ditanam oleh masyarakat Jawa, namun mulai menyebar seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di Jawa. singkong pada masa sebelum era dua ribuan masih diangap makanan kelas bawah karena kurangnya cara pengolahan singkong itu sendiri. pengolahan yang banyak dilakukan adalah dibuat gaplek dan singkong rebus atau goreng langsung. setelah era 2004 singkong mulai dilirik setelah booming dengan stick singkong dan brownis singkong. semakin maju masyarakat semakin meningkatnya resiko diabetes dimasyarakat karena makanan yang dibuat banyak mengandung gluten, sedangkan tepung mocaf dan tapioka tidak mengandung gluten sehingga aman untuk penderita  diabetes. hal inilah yang membuat masyarakat kembali melirik singkong kembali tapi dengan cara memperkaya pengolahan singkong. olahan singkong yang banyak dicari masyarakat adalah tepung mocaf, tepung tapioka, keripik singkong, dan gaplek untuk dibuat tiwul atau growol. 
berikut ini adalah beberapa mesin yang dapat digunakan untuk pengolahan singkong modern :

A. Pengolahan Tepung Mocaf dan Cara Pembuatan Tepung Mocaf

Tepung Mocaf merupakan singkatan dari modified cassava flour yang artinya tepung singkong modifikasi.pengunaan tepung mocaf banyak digunakan untuk aneka produk makanan seperti kue, roti, bakso, mie, kerupuk dan Lain-lain. pengunaan tepung terigu sudah mulai tergeser dengan tepung mocaf karena isu diabates dan pola hidup sehat dimana tepung mocaf mengandung nutrisi berbeda dengan tepung terigu. perbedaan mendasar pada tepung mocaf adalah tidak mengandung gluten. berikut cara membuat tepung mocaf dengan mudah dengan memakai mesin :

  • Mesin Perajang atau Pemotong Singkong, Hal pertama yang perlu dilakaukan setelah memilih bahan, mengupas dan mencuci singkong adalah memotong singkong. singkong harus dipotong tipis-tipis berbentuk chip berukuran 0.2-0.4 cm. Dengan mesin perajang singkong membuat potongan bentuk chip amatlah mudah. pemotongan disini dikhususkan untuk mempermudah proses fermentasi. fermentasi ini akan menyebabkan tepung mocaf berwarna lebih putih jika dibandingkan dengan warna tepung singkong biasa. untuk proses fermentasi rendam chip singkong kedalam wadah yang rapat yang sudah disi air yang sudah dilarutkan dengan starter mikroba yang memudahkan hidrolisis pati singkong.
Mesin Perajang Singkong Untuk Fermentasi Tepung Mocaf

  • Mesin Pengering Chip Singkong, Setelah proses fermantasi selama 30 jam, cuci chip singkong untuk mengilangkan sifat asam agar tidak berasa dan tidak berbau. setelah itu keringkan chip singkong yang sudah bersih memakai mesin pengering chip singkong. mesin ini bebentuk rak-rak yang dapat menampung chip singkong dan membuatnya cepat kering karena chip tidak bertempuk. selain itu dengan mesin pengering chip singkong tidak terkendala oleh cuaca.
Mesin Pengering Chip Singkong Hasil Fermentasi Tepung Mocaf
  • Mesin Penepung Chip Singkong, Setelah chips singkong sudah kering hingga mencapai kadar air maksimal 13%, selanjutnya dapat dilakukan proses penggilingan dengan menggunakan mesin penepung. penepungan ini tingal memasukan chip singkong yang sudah kering kedalam mesin penepung dan tunggu hasilnya sudah berbentuk tepung mocaf.
Mesin Penepung Chip Singong Hasil Fermentasi Tepung Mocaf
  • Mesin Pengayak Tepung Mocaf, Prsoses akhir setelah penepungan adalah mengayak tepung hasil pengilingan chip singkong. dengan mesin pengayak ini akan didapatkan tepung yang lembut karena menugnakan mesh antara 80-100. sehingga tepung mocaf hasil akhirnya sudah lembut dan tingal di packing dengan mesin packing.

Mesin Pengayak Hasil Pengilingan Chip Singkong Fermentasi Tepung Mocaf

Demikianlah cara membuat tepung mocaf mamakai mesin dari Arena Mesin. Semoga tepung mocaf bisa membantu pegiat pelaku pola hidup sehat dan penderita diabetes untuk menciptkan olahan yang enak tanapa rasa khawatir akan gluten.

B. Pengolahan Tepung Tapioka dan Cara Membuat Tepung Tapioka

Tepung Tapioka berbeda dengan tepung mocaf dan terigu,tepung tapioka lebih dikenal dengan tepung kanji. tepung ini biasa digunakan untuk pembuatan kerupuk aci, cireng, pacar cina, bakso, siomay dan kue basah. Fungsi penambahan tepung tapioka adalah untuk menambah kekenyalan makanan. berikut cara membuat tepung tapioka dengan mudah dengan memakai mesin :

  • Mesin Parut Singkong Tapioka, Hal pertama yang perlu dilakukan setelah mencuci adalah memarut singkong. pemarutan singkong dihususkan agar mudah diambil saripatinya. dengan mesin pemarut singkong tidak lagi capek karena singkong otomatis akan terparut dengan sendirinya tingal disaring.
Mesin Pemarut Singkong


  • Mesin Pemisah Ampas Tapioka, Setelah Singkong diparut hal yang perlu dilakukan adalah memisahkan ampas hasil parutan singkong dengan mesin pemisah ampas. dengan mesin ini ampas akan terpisahkan dari pati singkong. tunggu sampai saripati mengendap menjadi pasta pati.

Mesin Pemisah Ampas Pati Tepung Tapioka

  • Mesin Pengering Tepung Tapioka, Setelah pengendapan pasta pati, buang air yang tersisa lalu pasta pati keringkan dengan mesin pengering tepung tapioka. mesin pengering tapioka membantu mempercepat pengeringan pasta pati dan lenbih efisien dari pada sinar matahari.
Mesin Pengering Tepung Tapioka


  • Mesin Pengiling Gumpalan Tepung Tapioka, Setelah pasta pati kering dan menjadi gumpalan tepung, maka tahap selanjutnya adalah mengiling gumpalan tepung tapioka dengan mesin. mesin ini mengiling gumpalan menjadi tepung tapioka.
Mesin Pengiling Gumpalan Tepung Tapioka


  • Mesin Pengayak,  Proses akhir dari pembuatan tepung tapioka adalah pengayakan atau penyaringan tepung sesuai dengan kebutuhan. dengan mesin pengayak bisa didapat tiga ukuran tepung yang diinginkan lembut, agak lembut, dan kasar. semua bisa dilakukan dalam satu mesin dan satu waktu.
Mesin Penyaring Tepung Tapioka


Demikianlah cara membuat tepung Tapioka mamakai mesin dari Arena Mesin.dari cara pemarutan singkong, pemisah ampas pati, pengering pasta pati, pengiling tepung tapioka dan mesin pengayak tepung tapioka kami ada.

C. Pengolahan Keripik dan Cara Pembuatan Keripik Singkong

keripik singkong mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, teman berkatifitas sore atau di depan tv harus ada keripik singkong. untuk itu dari pada beli mengapa tidak membuar sendiri keripik singkong favorit anda. berikut ini adalah mesin yang dapat membantu dalam pembuatan keripik singkong : 

  • Mesin Perajang / Pengiris / Pemotong Singkong, pertama hal yang perlu kita lakukan untuk membuat keripik singkong adalah memotong singkong terlebih dahulu agar mudah diolah. dengan mesin pemotong ini singkong yang panjang dengan mudah di potong menjadi chip singkong atau memnajang tanpa menunggu lama.
Mesin Perajang Singkong 2 in 1

Mesin Perjang Chip Singkong
  • Mesin Pemasak Keripik Singkong, Setelah singkong dipotong sesuai keinginan. tahap selanjutnya adalah memasak atau mengoreng singkong. Dengan Mesin pengorengan keripik singkong ini membuat singkong tidak gampang rusak dan memiliki rasa yang lebih renyah.


  • Mesin Peniris Minyak, Minyak yang menempel pada saat pengorengan akan dengan mudah ditiriskan dengan mesin peniris minyak. minyak dengan cepat akan ditiriskan dan minyak yang menempel akan mengalir dalam wadah minyak dan bisa digunakan kembali selama masih bagus.
Mesin Peniris Minyak Keripik Singkong

  • Mesin Pencampur Bumbu, Setelah minyak dalam keripik sudah hilang langkah selanjutnya adalah memberi bumbu keripik singkong. singkong dapat diberi bumbu sesuai selera seperi keripik singkong rasa keju, balado, pedas manis, asin, manis, dan lain-lain. untuk itu ada mesin pencampur bumbu yang dapat digunakan untuk mengaduk bumbu dengan keripik singkong.
Mesin Pengaduk dan Pencampur Bumbu Keripik Singkong
Demikianlah mesin-mesin yang dapat digunakan untuk pembuatan keripik singkong dengan mudah dan praktis yang kami sediakan.


D. Pengolahan Gaplek Menjadi Tepung Tapioka

Gaplek merupakan hasil olahan singkong yang sudah dikupas dan dikeringkan. di daerah Gunung Kidul Yogyakarta geplek bahkan dijadikan makanan penganti beras karena kandungan karbohidrat yang tidak kalah dengan beras dan memiliki harga yang lebih murah. gaplek biasanya diolah untuk dijadikan tepung tapioka. berikut ini cara mengolah gaplek menjadi tepung tapioka :

  • Mesin Pengering Gaplek, Sebelum menepungkan gaplek. gaplek terlebih dahulu dikeringkan memakai mesin pengering dikarena karakteristik dari gaplek yang mengandung air tinggi sehingga harus dikeringkan menjadi  untuk membantu mesin penepungan.

Mesin Pengering Gaplek

  • Mesin Penepung Gapkek, Setelah gaplek digiling menjadi bagian kecil maka tahap selanjutnya adalah menepungkan dengan mesin penepung gaplek. gaplek yang sudah mejadi bagian kecil dihaluskan dan langusng menjadi tepung tapioka.
Mesin Penepung Gaplek

Demikianlah cara mengolah gaplek untuk pengolahan menjadi tepung tapioka, dikeringkan lalu ditepungkan.


E. Limbah Singkong

Setelah pengolahan singkong selesai, yang menjadi masalah adalah apakah kulit singkong dan batang singkong dapat dimanfaatkan kembali agar memiliki nilai ekonomi yang tinggi daripada hanya dibuang begitu saja? Jawabannya ada. Berikut ini cara mengolah limbah singkong yang dapat meningkatkan nilai produk :


  • Limbah Singkong Untuk Pakan Ternak, ternyata kulit dan batang singkong dapat digunakan untuk pakan ternak. batang dan kulit harus dihancurkan dahulu dengan memakai mesin pengiling serbaguna. pengilingan bertujuan agar kulit dan batang singkong terajang menjadi bagian kecil-kecil agar mudah difermentasi. proses fermantasi untuk limbah kulit dan batang singkong memakan waktu 3-4 Hari tergantung wadah yang digunakan.

Mesin Pengiling dan Pencach limbah Kulit dan Batang Singkong
Mesin Pengering Onggok Basah
Mesin Penepung Onggok Kering

Demikianlah cara mengolah limbah singkong yaitu sebagai pakan ternak dan dibuat onggok.

F. Lem Kertas Berbahan Singkong

Sewaktu kecil pernah bermain kerajinan tangan atau membuat layangan? pasti selain kertas dan gunting ada lem. lem ini dibuat dari bahan kanji singkong. untuk pembuatan lem singkong cukup mudah, untuk itu akan dibahas cara membuat lem singkong memakai mesin, berikut langkahnya:

Masak Lem Singkong, untuk pemasakan kanji singkong cukup masukan ke dalam mesin pengaduk dan pemasak lem kanji. dengan mesin ini kanji akan diaduk sampai mengumpal dan dipanaskan secara optimal.
Mesin Pemasak Lem

Mesin Filling Lem, Jika anda ingin menjual hasil pembuatan lem kertas. kami menyediakan mesin pengisi lem kertas yang praktis. tingal masukan adonan lem kertas kedalam mesin dan siapkan wadah maka lem akan terisi ke dalam botol atau wadah yang anda siapkan.

Mesin Pengilis Filling Lem Kanji
Demikianlah cara membuat lem dari kanji singkong, semoga mesin diatas dapat membantu dan memudahkan dalam pengolahan lem singkong.