Laman

Mesin Pengolahan Kacang Tanah

Mesin Pengolahan Kacang Tanah


Kacang merupakan biji-bijian yang mengandung protein tinggi. ibu yang habis melahirkan disarankan untuk memakan kacang-kacangan karena lemak dan protein yang tinggi (Asi Booster). kacang di Indonesia biasa disajikan dalam berbagai acara seperti arisan, syukuran dan teman ngemil disore hari maupun dipagi hari. kacang tanah memiliki banyak kegunaan dan fungsi. dari batang daun dan akar dapat dimanfaatkan. Berikut ini adalah cara pengolahan kacang tanah: 

A. Pengolahan Kacang Tanah Menjadi Kacang Atom, Shanghai dan Kacang Telur. 

Pengolahan kacang tanah diatas memiliki tahap yang hampir sama, Pertama kacang dimasukan kedalam mesin pembuat kacang atom, shaghai dan kacang telur. mesin ini akan melapisi tepung pada kacang atom, shaghai dan kacang telur. pembalutan tepung ini dilakukan secara otomatis oleh mesin jadi kacang tanah tinggal dimasukan kedalam mesin yang sudah ada tepung. 

Mesin Pembuat Kacang Atom, Shanghai dan Kacang Telur
Kedua, Kacang tanah yang sudah diuleni tepung dengan memakai mesin pembuat kacang telur, atom dan shaghai akan di masak memakai mesin pemasak kacang atom, shangai dan kacang telur. dengan mesin ini mesin akan dimasak dengan pengorengan yang optimal.
Mesin Pemasak Kacang Atom

Ketiga, Setelah Kacang digoreng maka tiriskan kacang atom, shanghai dan kacang telur kedalam mesin peniris minyak. dengan mesin ini maka kacang olahan tadi akan cepat kering dari minyak.

Mesin Peniris Minyak Abon
Mesin Peniris Minyak

Keempat, Kacang yang telah digoreng memakai mesin pemasak dan ditiriskan, kacang akan disortir atau dipilih berdasarkan ukuran dan kondisi kacang atom, kacang shanghai dan kacang telur. dimana kacang yang rusak dan tidak memenuhi standar ukuran akan dipisahakan sendiri. untuk memudahkan hal ini dapat mengunakan mesin sortasi atau pemisah kacang atom, shanghai, dan kacang telur.
Mesin Sortasi Kacang Atom
Mesin Sortasi Kacang Atom, Shanghai dan Telur
Kelima, Terahir setelah dipilah  kemas kacang olahan kedalam wadah yang sudah disiapkan memakai mesin pengemas. pengemasan ini dimakasudkan agar kacang olahan awat dan tidak cepat melempem.
Mesin Pengemas Kacang


Demikianlah langkah-langkah pembuatan dan pengolahan kacang tanah menjadi kacang shanghai, kacang atom dan kacang telur. semoga informasi ini bermanfaat bagisemuanya.


B. Pengolahan Kacang Tanah Menjadi Bumbu Pecel Kacang

Pernah makan gado-gado, pecel sayur, lotek, sate kambing dan ayam? pernah berpikir apa persamaan dari makanan tersebut? ya. makanan yang saya sebut sama-sama mengunakan bumbu yang sama. yaitu bumbu kacang atau pecel. bumbu kacang ini mudah untuk dibuat, berikut cara membuat bumbu kacang pecel :

Pertama, Sangrai dulu kacang yang akan digunakan untuk membuat bumbu pecel. sangrai kacang tanah dapat mengunakan mesin sangrai kacang. dengan mesin ini kacang akan tersangrai dengan baik.
Mesin Sangrai Kacang Tanah

Kedua, Setelah disangrai kupas kulit ari kacang kering dengan mesin pengupas kulit ari kacang kering. pengupasan ini dimaksudkan untuk menghilangkan kulit ari yang kering agar pada saat pengilingan bumbu tergiling sempurna.
Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Kering

Ketiga, setelah sangrai dan pengupasan kulit ari kering tahap akhir adalah pengilingan kacang tanah memakai mesin giling kacang bumbu pecel.

Mesin Pengiling Bumbu Pecel
Demikianlah cara mengolah kacang tanah menjadi bumbu pecel kacang tanah.


C. Pengolahan Kacang Tanah menjadi Topping Martabak Manis, Donat, dan Roti (Makanan)

Bingung cara menghancurkan kacang untuk dijadikan toping martabak, donat dan roti. sekarang tidak usah bingung lagi karena sudah ada mesin dari arena mesin yang dapat membantu anda melakukan hal tersebut. mari kita ikuti langkah-langkah dari arena mesin bagaimana cara menghancurkan dan mendapatkan toping kacang tanah. berikut langkahnya:

Pertama, Sangrai dahulu kacang tanah yang akan digunakan sebagai topping makanan. dengan cara mengunakan mesin sangrai kacang tanah. dengan mesin ini kacang tanah akan disangrai dengan baik dan sempurna.
Mesin Sangrai Kacang Tanah
Kedua, Setelah disangrai kacang tanah yang masih memiliki kulit ari dikupas dengan mesin pengupas kulit ari kacang tanah kering. pengupasan kulit ari biar kacang pada saat pemecahan bisa langusng digunakan karena sudah tidak tercampur lagi dengan kulit arinya.
Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Kering
Ketiga, Proses akhir setelah disangrai dan pengupasan kulit ari kering adalah pengilingan kacang tanah dengan mesin pemecah kacang tanah. kacang tanah akan digiling sesuai permintaan karena memakai sistem saringan jadi bisa diatur besar kecil ukuran kacang tanah yang akan dihancurkan.
Mesin Pemecah Kacang Tanah Toping

Demikianlah cara memecahkan kacang tanah yang baik agar tidak tergiling menjadi bumbu kacang karena terlalu halus tergiling.


D. Pengolahan Kacang Tanah menjadi Kacang Bawang.

Kacang Bawang adalah salah satu cemilan favorit pada saat lebaran dan hari raya lainnya, tidak ada pernah ada toples yang tidak diisi oleh cemilan ini. untuk itu mari kita buat kacang bawang dengan mudah memakai mesin dari arena mesin. berikut cara pembuatan kacang tanah :

Pertama, kupas dahulu kulit ari kacang tanah. dengan cara manual tentu membuat capek, untuk itu gunakan mesin pengupas kulit ari kacang tanah dari arena mesin. dengan mesin ini mengupas kulit ari kacang tanah akan mudah.
Mesin Pengupas Kulit Ari Kancang Tanah
Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Tanah Basah
Kedua, setelah kulit ari terkelupas lalu campur kacang dengan bumbu bawang rahasia anda dan masak kacang dengan mesin pemasak kacang bawang. dengan mesin ini kacang bawang akan tergoreng sempurna tanpa takut gosong.
Mesin Pemasak Kacang Atom
Ketiga, tahap terahir setelah pengupasan dan pengorengan adalah penirisan, penirisan ini digunakan agar kacang tidak mengandung minyak yang berlebih.
Mesin Peniris Minyak Abon
Mesin Peniris Minyak
Demikianlah cara membuat kacang bawang renyah dan enak dari arena mesin.

E. Pengolahan Kacang Tanah Menjadi Selai Kacang

Pernah makan roti bakar menemukan rasa kacang? ya, rasa yang ada pada roti bakar tersebut mengunakan selai yang terbuat dari kacang. selai kacang memiliki rasa yang enak apalagi ditambah dengan coklat dan variasi rasa sendiri tergantung individu. selai kacang sebagai olesan roti sangat praktis untuk pekerja kantoran yang tidak sempat masak maka tingal oleh ke roti tawar sudah bisa untuk sarapan pagi. berikut cara pembuatan selai kacang yang enak:

Pertama, sangrai dahulu kacang tanah yang akan digunakan. untuk mudahnya pakai mesin sangrai kacang tanah. kacang akan tersangrai dengan baik dan tidak gosong dengan matang sempurna.
Mesin Sangrai Kacang Tanah

kedua, setelah sangrai sudan selasai oleh mesin lalu giling kacang tanah mengunakan mesin giling kacang tanah agar mudah. pengilingan kacang tanah akan membuat kacang tanah hancur secara merata atau halus.
Mesin Pengiling Bumbu Pecel

ketiga, pada tahap ini setelah kacang digiling adalah mixing. kacang tanah dengan bumbu seperti gula dan garam akan dimixing atau dicampur dengan sempurna mengunakan mesin mixing pencampur selai kacang tanah. praktis bukan.
Mesin Mixer Pengaduk Adonan Kerupuk
Mesin Mixer Adonan Kacang Selai
Demikianlah cara membuat selai kacang dengan mudah dan enak tanpa harus capek.


F. Pengolah Kacang Tanah menjadi Rempeyek

Rempeyek, makanan yang sudah ada dari dulu kala yang masih eksis dan bertahan didunia olahan kacang. rempeyek sudah memiliki tempat sendiri dihati masyarakat indonesia. selain gurih dan renyah olahan ini mengingatkan kenangan masa kecil yang indah. untuk itu berikut cara membuat rempeyek yang enak dan mudah: Pertama, pilih kacang tanah dan potong kacang tanah dengan mesin pengiris kacang tanah. dengan mesin ini kacang tanah akan terpotong kecil-kecil yang cocok untuk dimasukan kedalam adonan rempeyek. kedua, seteleah diaduk dan mixing dengan adonan rempeyek lalu digoreng dan tiriskan rempeyek dengan mesin peniris minyak. dengan bantuan mesin peniris minyak akan mempercepat pelunturan minyak yang terkandung dalam rempeyek. ketiga, setelah ditiriskan lalu packing rempeyek dengan mesin pengemas. dengan mesin pengemas rempyek akan tanah lama karena tidak terkena udara dan bakteri yang membuatnya tidak sedap dan nikmat lagi.
alat pencacah bawang
Mesin Pengiris Kacang

Mesin Peniris Minyak Abon
Mesin Peniris Minyak

Mesin Pengemas Kacang

Demikianlah cara membuat rempeyek yang enak dan mudah dari kami. semoga mesin pengolahan rempeyek dapat membantu ukm rempeyek maju.

G. Pengolahan Kacang Tanah Pasca Panen

Musim panen kacang adalah hal yang paling ditunggu petani kacang, dimana setelah menanam dan merawat tanaman kacang yang ditunggu adalah memanen kacang. kebanyakan petani kacang hanya melakuakan panen dengan cara konvensional atau cara lama. untuk itu mari kita panen kacang tanah dengan mesin yang dapat memudahkan panen kacang tanah dan membuatnya efisien waktu panen. berikut mesin yang dapat digunakan untuk panen kacang tanah :

Mesin Perontok Kacang Tanah, mesin ini akan merontokan kacang tanah yang masih terikat dengan akarnya dengan mudah. tingal masukan glondongan kacang tanah kedalam mesin makan kacang otomatis akan terpisah dengan tanaman kacang tanah.


Mesin Perontok Kacang Tanah setelah Hasil Panen Kacang
Mesin Perontok Kacang Tanah setelah Hasil Panen Kacang
Mesin Pengering Kacang Tanah, dengan mesin ini pengeringan kacang tanah akan semakin mudah karena tidak tergantung oleh cuaca yang tidak menentu dimana panas dan terkadang hujan. maka dari itu dengan mesin pengering akan membuat kacanga cepat kering dan kadar air dalam kacang tanah cepat turun.
Mesin Oven Kopra
Mesin Oven Kopra

Mesin Pengupas Cangkang atau Kulit Luar Kacang Tanah, Mesin ini akan membantu pengelupasan kulit cangkang dengan cepat dan efisien. pemecahan megunakan teknik yang sudah disempurnakan jadi hasil kupasan tidak akan mengecewakan.
Mesin Pengupas Cangkang Kacang Tanah
Demikianlah mesin-mesin yang dapat digunakan pasca panen kacang tanah, semoga dengan mesin ini kacang tanah dapt naik level ke industri high class.

H. Pengolahan Limbah Kacang Tanah

Secara keseluruhan pada saat panen kacang tanah yang terpenting adalah biji kacang tanahnya. namun ada beberapa limbah dari kacang tanah yang dapat diolah menjadi pakan ternak dan komposter. tanaman kacang berupa batang, daun dan akar memikiki kandungan protein dan serat yang baik untuk hewan ternak. namun untuk pengolahan yang lebih baik lagi alangkah baiknya batang, daun dan akar di fermentasi dahulu agar kaya gizi. untuk itu batang, daun dan akar harus dicacah dahulu mengunakan mesin pencacah serbaguna pakan ternak dan kompos.

Mesin Perajang dan Pencacah Serbaguna
Mesin Perajang dan Pencacah Serbaguna


Demikianlah Mesin yang digunakan untuk pengolahan limbah kacang tanah,


Dengan demikian berdasarkan kegunaan dan fungsi kacang tanah memiliki hal yang bisa banyak dikembangkan dan diolah.