Laman

Sunday, 6 May 2018

Cara Mengolah Batang Jagung Untuk Pakan TERNAK Biaya Murah

Cara Mengolah Batang Jagung Untuk Pakan TERNAK Biaya Murah

Harga Mesin Pengolahan Jagung

Arena Mesin. Indonesia terkenal dengan tanah yang subur, banyak sayur dan buah-buahan yang tumbuh subur di tanah Indonesia. seperti tanaman jagung, jagung merupakan komoditas yang tidak kalah penting seperti beras. banyak olahan dari jagung sendiri yang membuat banyak petani di Indonesia memilih untuk menanam jagung. jagung di Indonesia sendiri masuk pada abad ke-16 dibawa oleh portugis sehingga sudah akrab di masyarakat di berbagai pulau Indonesia. 
Banyaknya tanaman jagung yang di tanam oleh petani mendorong nilai ekspor, dimana indonesia merupakan produsen jagung dunia no. 8 di dunia menurut data dari FAO (2004). Jagung yang ada di Indonesia kebanyakan diperuntukan untuk pakan ternak sera untuk pembuatan tepung Maizena. Dengan banyaknya tanaman jagung pada saat panen raya akan membuat nilai jagung turun dikarenakan penyerapan yang kurang dan melimpahnya ketersediaan jagung dipasar dan daerah masing-masing. hal inilah yang membuat nilai jagung jatuh.
untuk itu perlu pemanfaatan dari tanaman jagung selain menjadi tepung maizena. untuk batang dari tanaman jagung dapat kita manafaatkan lebih banyak lagi serperti berikut ini:

Batang Jagung. Batang Jagung mempunyai nilai gizi yang cukup bila diolah untuk pakan ternak karena batang jagung mengadung protein dan serat yang tinggi. tetapi sebelum digunakan sebagai pakan ternak alakah baiknya batang jagung dihancurkan dan dioleh melalui fermantasi. batang jagung yang telah difermantasi akan meningkatkan kandungan serat dan nutrisi yang baik untuk pencernaan hewan ternak. ada beberapa mesin yang dapat digunakan untuk menghancur kan batang jagung agar mudah diolah untuk proses fermentasi seperti :


https://arena-mesin.blogspot.co.id/2015/08/mesin-alang-alang-mesin-perajang-alang.html
Mesin Penghancur Batang Jagung Untuk Pakan Ternak
Mesin ini dapat menghancurkan Batang jagung kering maupun basah. dengan mesin pencacah ini batang jagung dapat di olah menjadi pakan ternak karena hasil cacahan mesin bisa diatur. Karena jenis pakan hewan ternak dewasa atau hewan ternak muda berbeda. dimana hewan ternak yang lebih tua dapat makan gilingan batang jagung yang agak besar dan hewan ternak muda disarankan cacahan yang lebih kecil karena sistem pencernaan yang masih dini.

Kulit Jagung / KelobotSelain batang jagung yang dapat diolah dan dimanfaatkan adalah kulit jagung atau kelobot. mengolah limbah kulit jagung biasanya digunakan untuk pakan ternak. khusus untuk kulit jagung selain dicacah ada juga dibuat untuk kerajinan. seperti kerajinan vas bunga klobot, bross klobot, boneka klobot, kipas klobot, dan lain-lain.

Bonggol Jagung. Bonggol jagung yang telah dipisahkan dari bijinya dapat digunakan untuk pakan ternak dan pembuatan pelet yaitu dengan cara dihancurkan dengan mesin penghancur bonggol jagung. bonggol jagung dapat digunakan untuk : pembuatan pakan, pembuatan kerajinan, alternatif bahan bakar minyak dan lain-lain. beberapa mesin yang dapat digunakan untuk pengolah bonggol jagung adalah :
  • Mesin Pemotong Janggel Jagung, Mesin ini akan memudahkan pemotongan janggel atau bonggol jagung untuk kerajinan.

Untuk Mesin-mesin pengolahan jagung dapat hubungi kami, seperti mesin penghancur batang, bonggol, klobot dan semua bagian jagung dapat kita manfaatkan dengan mesin kami.

Pengolahan Fermentasi Batang Jagung, Kelobot dan Bonggol Jagung 

Setelah Bahan-bahan batang jagung, kulit jagung kelobot dan bonggol janggel jagung dihancurkan, ada satu mesin lagi yang akan memudahkan untuk pembuatan fermentasi pakan. mesin ini adalah mixer pakan ternak vertikal. dengan mesin ini bahan-bahan diatas akan mudah dicampurkan dengan kosentrat, bakteri prebiotik dan suplemen lainnya karena dengan mesin ini akan diaduk secara merata untuk menciptakan homogen bahan.


Mesin Mixer Pengaduk Bahan Kompos Vertikal

Spesifikasi Mesin Mixer Pengaduk Bahan Kompos Vertikal

  • Kapasitas           : 750- 1000 kg/Proses 
  • Material Tabung:  Mild Steel 
  • Dimensi             : 150x120x320 cm 
  • Penggerak         : Diesel 8 HP
  • Screw Vertikal
  • Input Curah 
  • Rangka : Siku dan UNP


  • Kapasitas           : 200- 300 kg/Proses 
  • Material Tabung:  Mild Steel 
  • Dimensi             : 100x90x200 cm 
  • Penggerak         : Diesel 8 HP
  • Screw Vertikal
  • Input Curah 
  • Rangka : Siku dan UNP


Dengan mesin-mesin yang ada diatas maka sudah saatnya peternak meningalkan pakan pabrik yang mahal. mari kita cipatak pakan murah dan swasembada pakan dan ternak tanpa harus impor.

No comments:
Write komentar