Laman

Sunday, 6 May 2018

Harga Mesin Pengolahan Padi Modern - Pemanfaatan Hasil Panen Padi

Mesin Pengolahan Padi 



tanaman padi di Indonesia adalah tanaman yang hampir wajib ditanam di daerah-daerah di Wilayah Indonseia. padi menghasilkan beras, dan beras yang sudah matang dinamakan nasi, nasi adalah makanan pokok di indonesia, belum makan kalau belum makan nasi. itulah slogan kebanyakan orang indonesia untuk mengambarkan nasi beras dan padi. padi di indonesia mempunyai banyak varietas. dulu masa panen setiap enam bulan sekali sekarang bahkan ada yang masa panen tiga bulan. waktu yang cukup singkat bila dipanen dalam waktu tiga bulan. untuk sekarang ini pengolahan padi di Indonesia sudah mengarah memakai mesin, mulai dari panen sampai masa pasca panen memakai mesin. dikarenakan luasnya lahan sawah yang dimiliki dan untuk mempersingkat penanaman dan panen. untuk itu berikut mesin yang ada di Arena Mesin untuk Pengolahan Padi (Pasca Panen) :

MESIN MERONTOKAN PADI
setelah padi dipanen, padi akan dirontokan untuk dipisahkan dari jerami padi dan gabah (bulir padi). perontokan gabah ini mudah dilakukan dengan mesin perontok padi atau gabah, mesin ini akan memisahakan bulir padi atau biasa disebut gabah dari jerami padi atau batang padi. mesin perontok padi ini memiliki dua tipe yaitu, dua roda dan tiga roda. dimana roda ini akan memudahkan membawa mesin ke areal persawahan yang luas dan menjorok kedalam perwasahan.
Fungsi : Untuk perontok Padi (Bisa tambah komponen lain untuk multiguna bisa untuk kedelai)
Mesin Perontok Padi
SPESIFIKASI MESIN
Model : Roda 3 
Kapasitas Kerja      : 1500 - 2000 Kg/ Jam
Tenaga Penggerak  : 24 HP
Dimensi (PxLxT)   : 380 x 150 x 176 Cm
Konstruksi              : Besi Unp, Besi Siku
Material Tabung     : Besi
Material Pengiling  : Besi
Blower Aksial         : Satu Buah
Pully : V-Belt
Mesin Perontok Roda Dua

 MESIN PENCACAH JERAMI
Setelah bulir padi atau gabah dipisahkan dari jerami yang tersisa adalah jerami. jerami ini bisa dimanfaatkan untuk pembuatan pakan ternak dan pembuatan kompos. jerami yang akan digunakan untuk pakan ternak perlu dihancurkan kecil-kecil agar mudah diolah menjadi jerami bahan fermentasi. hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengolahan dan tempat yang akan digunakan, karena fermentasi jerami harus dimasukan kedalam tong-tong fermentasi agar tertutup rapat dan kedap udara agar hasil bakteri bekerja optimal.
Mesin Pencacah Jerami
 MESIN PENGGILING SEKAM PADI
Setelah Gabah digiling maka beras akan terpisah dari sekam (kulit gabah). sekam ini nantinya akan digunakan untuk berbagai kebutuahan tergantung cara pengolahan. seperti sekam atau merang dapat digunakan untuk  bahan bakar dan media tanam, bekatul dan dedak digunakan untuk pakan ternak tergantung pada saringan pengolahan mesin. Dengan mesin pengiling sekam padi kita bisa mendapatkan bekatul dan dedak dengan cara menganti saringan pengeluaran mesin pengiling sekam padi, bila ingin bekatul maka saringan 0,5 Mm yang digunakan dan bila ingin dedak memakai saringan 1 Mm. mudah bukan mendapatkan bekatul dan dedak dari satu mesin.
Mesin Penggiling Sekam Padi

MESIN PENGERING GABAH PADI

Sebelum pengilingan gabah, sebaiknya gabah dikeringkan terlebih dahulu agar pengupasan sekam dan bulir beras mudah. namun bila dilakukan secara manual pengeringan mengunakan penyinaran matahari kendala utamanya adalah dimusim hujan. gabah yang akan digiling harus dikeringkan agar kadar air berkurang agar tidak gampang pecah saat pengilingan. kalau memakai mesin pengering gabah, gabah tidak akan terkendala oleh cuaca lagi, gabah tingal dimasukan kedalam mesin pengering besar dari Arena Mesin. tunggu dan kering.

Mesin Pengering Gabah Basah Padi

·         Tipe                       : Rotary
·         Dimensi                 : 12000 x 1000 x 2000 mm
·         Pengerak                : Elektrik motor 10.5 HP 3 Phase , WPO / Diesel 12 HP
·         Material                 : Mild Steel
·         Rangka                  : UNP  Dan Siku Besi
·         Tebal Plat Tabung : 5 mm
·         Pemanas                : Burner Solar / LPG/ Biomassa
·         Transmisi              : Gir RS 80, Rantai dan V-Belt
·         Kapasitas              : input 1500 – 1800 kg/jam
       Sistem                      : Kontinyu

MESIN PEMISAH MENIR BERAS
Proses setelah pengilingan gabah adalah menyortir beras yang rusak dan tidak. beras yang rusak akan digunakan untuk pembuatan tepung bahan beras dan yang beras utuh atau baik akan dijual ke pasar baik karungan maupun sudah dikemas dalam ukuran 5kg. menyortir beras ini akan sulit dan lama bila tidak memakai mesin. untuk itu Arena Mesin menyediakan mesin pemisah menir beras. dengan mesin ini menir beras akan terpisahkan secara otomatis berdasarkan kondisi menir beras.
Mesin Pemisah Menir Beras
MESIN PENEPUNG BERAS

Tepung beras berbeda dengan pati beras, tepung beras biasanya digunakan sebagai penganti tepung gandum karena tidak mengandung gluten, karena ada beberapa orang yang tidak dapat menerima gluten karen protein yang tinggi. untuk itu pembuatan tepung beras memakai bahan dasar beras. mesin yang digunakan untuk membuat tepung beras adalah mesin penepung beras dari Arena Mesin. dengan mesin ini beras tinggal dimasukan kedalam mesin dan hasilnya sudah langusng sudah menjadi tepung beras. praktis dan ergonomis.

Mesin Penepung Beras

Demikianlah dari kami artikel mesin mengenai mesin pengolahan padi, untuk info dan pemesanan bisa menghubungi ARENA MESIN. semoga mesin pengolahan padi seperti mesin perontok padi, pencacah jeramai padi, mesin pengiling sekam padi, mesin pengering gabah padi, mesin pemisah menir beras, dan mesin penepung beras bisa membantu masyakrat luas khususnya petani dan pelaku bisanis boga.
No comments:
Write komentar