Laman

Monday, 7 May 2018

Jual Mesin Penggiling Tulang Ikan dan Kepala Ikan

Jual Mesin Penggiling Tulang Ikan

mesin giling tulang ikan, alat penggiling tulang manual, harga mesin penghancur tulang ayam, harga mesin penggiling ikan basah, harga mesin penepung tulang, alat penghancur tulang ikan, mesin giling ikan laut, cara membuat mesin giling ikan. FUNGSI : MENGHANCURKAN ATAU MENGGILING TULANG IKAN MENJADI LEMBUT UNTUK CAMPURAN PAKAN TERNAK

MESIN PENGILING TULANG IKAN





MESIN PENGHANCUR TULANG IKAN






SPESIFIKASI MESIN PENGGILING TULANG IKAN



DIMENSI : 100  X 50 X 110 CM
MATERIAL BODY : STAINLESS STEEL ATAU PLAT BESI
MATERIAL PENGGILING : STAINLESS STEEL ATAU PLAT BESI
MATERIAL RANGKA : SIKU ATAU UNP
PENGGERAK : DIESEL 8 HP
KAPASITAS : 300-500 KG/JAM

_________________________________________________________________________________________________

Pakan ayam pilihan protein tinggi dengan tulang ikan


Mahasiswa Fakultas Matematika serta IPA (FMIPA) Kampus Negeri Yogyakarta (UNY) membuat pengembangan baru untuk pakan ternak. Tiga mahasiswa itu merubah sampah tulang ikan tuna jadi sumber pakan ayam kampung yang berkalsium tinggi.
Mereka ialah Bagoes Sadhewo Satria, mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia, Bahagia Susi Agustina, mahasiswa jurusan Fisika, serta Siti Fatonah, mahasiswa jurusan Biologi. Latar belakang penemuan pengembangan termasuk simpel. Mereka ingin memproses sampah dengan membuahkan produk baru dengan kandungan gizi serta nilai ekonomis yang tinggi.
Kementerian Kelautan serta Perikanan (KKP) mengatakan produksi industri ikan tuna tetap naik setiap tahun. Akan tetapi, nyatanya usaha ini malah membuahkan sampah tulang ikan yang mencemari lingkungan. Di lain sisi, sekarang ini harga pakan ternak ayam kampung telah melonjak tinggi. Walau sebenarnya ayam kampung adalah hewan ternak yang sangat disukai oleh sejumlah besar penduduk.
Menurut Bagoes, disaksikan dari sisi kandungan nutrisi, tepung tulang ikan tuna banyak terkandung kalsium yang bertindak dalam pembentukan tulang ternak. Kalsium buat ternak dapat mengawasi keroposan karena konsumsi kalsium yang minim dari pakan umum.
“Cara pembuatan tepung tulang ikan tuna dengan diawali bersihkan tulang ikan tuna, lalu diteruskan dengan mengeringkan tulang yang telah dibikin bersih. Tulang itu lalu dihancurkan sampai jadi tepung kasar," tutur Bagoes, seperti disitat dari situs UNY, Jumat (14/9/2012).
Lalu, sambungnya, serpihan-serpihan tulang barusan di rendam di air kapur 10 % saat tadi malam lantas dicuci dengan air tawar. Hasil perendaman dikeringkan sampai kandungan air lima %, hingga membuahkan tepung tulang ikan tuna.
Uji efektivitas dari pakan ayam yang digabung dengan tepung tulang ikan ini dikerjakan pada enam ayam. Pengujian dikerjakan untuk lihat pergantian berat tubuh ayam kampung yang konsumsi kombinasi itu dalam tiga perlakuan. Perlakuan pertama ialah tiga genggam tepung tiada penambahan pakan. Perlakuan ke-2 dengan dua genggam tepung serta satu genggam pakan. Sesaat perlakuan ke-3 ialah satu genggam tepung serta dua genggam pakan.
Ayam pada perlakuan pertama mempunyai berat awal pertama 265 gr, pada bulan ke-2 jadi 290 gr, serta pada bulan ke-3 jadi 325 gr. Ayam pada perlakuan ke-2 mempunyai berat awal pertama 270 gr, pada bulan ke-2 jadi 300 gr, serta pada bulan ke-3 seberat 320 gr. Sedang pada ayam perlakuan ke-3, berat awal 300 gr, pada bulan ke-2 jadi 350 gr, serta pada bulan ke-3 ialah 375 gr.
“Hasil pengujian pada ke-3 perlakuan itu menunjukkan jika yang sangat efisien ialah perlakuan ke-3, yaitu satu genggam tepung tulang ikan serta dua genggam pakan. Hal itu tampak dari menambahkan berat tubuh ayam yang tampak berarti atau cepat, aspek type kelamin ayam (betina semakin banyak makan), serta kombinasi pakan dari pabrik yang telah dikasih penambah nafsu makan, hingga ayam telah terlatih dengan pakan bikinan pabrik,” ujarnya.

Membuat Pakan Burung dari Tulang Ikan


Tulang ikan nyatanya bisa di proses jadi pakan pilihan untuk burung. Perihal ini sebab tulang ikan mempunyai kandungan kalsium berbentuk kalsium fosfat. Banyaknya dapat sampai 14% dari formasi tulangnya. Mineral penting yang ada dalam tulang ikan ialah kalsium (Ca) serta fosfor (P). Selain itu, mineral lainnya dalam jumlahnya kecil ialah natrium (Na), magnesium (Mg), serta fluor (F).

Pemakaian tepung tulang ikan menjadi sumber kalsium telah dikerjakan semenjak beberapa waktu kemarin. Di kelompok peternak unggas, tepung tulang ikan banyak juga dipakai untuk menolong perubahan kuthuk (DOC). Tersebut beberapa kandungan gizi yang ada pada tepung tulang ikan:

Kandungan air (3,6%)
Abu (33,1%)
Protein (34,2%)
Lemak (5,6%)
Kalsium (11,9%)
Fosfor (11,6%)


Pemakaian tepung tulang ikan sebetulnya juga lama dikerjakan oleh peternak burung kicau. Mereka biasanya mencampurkan tepung tulang ikan dalam pakan kering (voer), atau digunakan menjadi bahan penting dalam pembuatan pakan racikan.

Langkah memproses tepung dari tulang ikan

Membuat pakan burung dari tulang ikan yang dipakai semestinya ikan tuna. Karena, ikan tuna mempunyai badan yang besar hingga lebih gampang ambil tulangnya. Meskipun begitu, bila Anda kesusahan untuk memperolehnya, Anda dapat juga memakai tulang ikan mas, ikan gabus, atau ikan lele.

Tersebut cara membuat tepung tulang ikan.

Langkah membuat:

Pisahkan tulang dari sisi dagingnya, lalu dicuci sampai bersih.
Tulang ikan di rebus saat 15 menit.
Sesudah itu angkat serta membersihkan sisa-sisa daging yang masih tetap melekat pada tulang dengan memakai sikat gigi.
Bersihkan kembali tulang sampai betul-betul bersih dari daging yang tersisa.
Keringkan tulang lewat cara dioven pada suhu 50—70°C saat 30 menit, atau dijemur saat beberapa saat dibawah panas matahari sampai tulang jadi kering.
Sesudah kering, tulang ikan ditumbuk/digiling sampai jadi bubuk.

Tulang yang sudah jadi tepung dikeringkan lewat cara dipanaskan dibawah cahaya matahari atau dioven pada suhu 60°C saat 1,5 jam. Sekarang tepung tulang ikan telah siap dipakai.

Tepung tulang ikan yang telah tuntas dibikin dapat dikasihkan lewat cara digabung bersama dengan voer. Takarannya, masukan 1 sendok teh tulang ikan pada sebuah cepuk voer (kasar/kering).


Manfaat Dibalik Tulang dan Kepala Ikan

Perubahan pengetahuan tehnologi pangan, menggerakkan penduduk lakukan peningkatan produk pengembangan olahan ikan jadi makin bermacam. Awalannya ikan cuma dikonsumsi lewat cara di rebus, digoreng atau diberikan mentah seperti produk ikan di Jepang. Produk pengembangan itu pasti menarik minat penduduk makin konsumsi produk olahan ikan.

Saat keinginan produk olahan ikan bertambah jadi bersama-sama mulai banyak muncul produsen produk olahan ikan moderen di beberapa daerah Indonesia. Kesempatan usaha olahan produk ikan dapat dirintis semua susunan penduduk karena bahan baku penting berbentuk ikan cukuplah gampang didapat sebagian besar daerah di Indonesia. Produk hasil olahan ikan dapat di produksi sekala industri besar ataupun kecil menegah. Seperti industri sekala kecil menegah oleh grup olahan ikan “Mina Sentosa” Martapura, Kalimantan Selatan.

Produk grup pengolah perikanan “Mina Sentosa” cukuplah disukai penduduk, produknya berbentuk bakso ikan, nugget ikan ataupun produk olahan moderen yang lain. Bahan penting yang dipakai berbentuk ikan Patin (Pangasius sp). Budidaya ikan Patin banyak diketemukan di pulau Kalimantan, hingga bahan baku penting gampang didapat. Olahan ikan memiliki bahan basic Patin membuahkan produk penting yakni daging serta produk samping.
Ikan patin keseluruhannya sebetulnya dapat digunakan. Daging ikan jadi bahan penting olahan tentu dipakai untuk produksi, jeroan umumnya dipakai menjadi penambahan pakan ternak serta kulit ikan Patin dapat digunakan untuk produk krupuk kulit ikan. Akan tetapi produk samping beberapa 25 persen berbentuk tulang serta kepala (tengkorak) ikan butuh usaha lebih untuk memproses hingga kurang dimaksimalkan keberadaannya.

Tulang serta kepala (tengkorak) ikan bisa diolah jadi tepung sebab sisi ikan ini masih tetap ada kandungan mineral, seperti kalsium pada tepung tulang ikan yang bisa digunakan. Kehadiran kalsium pada tepung tulang ikan punya potensi meningkatkan kandungan gizi satu produk olahan makanan spesifik, hingga produk itu kaya kalsium.

Badan butuh kecukupan mineral berbentuk kalsium. Kalsium adalah mineral penting penyusun tulang. Kekurangan kalsium memunculkan kelainan pada tulang. Seperti pengeroposan tulang atau seringkali dimaksud dengan Osteoporosis.

Pusat Data serta Info Kementerian Kesehata RI (2015) memberikan laporan jika, pengeroposan tulang sering dihadapi oleh wanita lanjut usia (50-80 tahun). Hal itu karena wanita memerlukan semakin banyak mineral kalsium dibanding lelaki. Sedang badan tidak dapat membuahkan kalsium dengan mandiri. Badan butuh konsumsi sumber kalsium di luar. Sumber kalsium dapat dipenuhi lewat konsumsi makanan kaya kalsium serta cukuplah olah raga untuk memperkuat pembentukan tulang.
No comments:
Write komentar