Laman

Sunday, 6 May 2018

Harga Mesin Pemecah dan Pengupas Pala

Mesin Pemecah dan Pengupas Pala

mesin pemecah pala, mesin pemecah cangkang pala, harga mesin pemecah pala, harga mesin pemecah biji pala, harga mesin pemecah cangkang pala, mesin pemecah biji pala, mesin pemecah buah pala, mesin pengupas buah pala, rancang bangun mesin pemecah biji pala, mesin pengupas kulit pala.
Mesin Pengolah Pala

Kelebihan
-          Kerengangan roll bias diatur sehingga kita dapat sesuaikan sesuai besaran Pala yang akan dipecah
-          Proses pemecahan mengunakan roll dengan kecepatan rendah sehingga mengurangi resiko pecahnya hancurnya pala
-          Kontruksi kokoh dan suara tidak terlalu bising dari pada sisitem lainnya
-          Untuk mencapai tingkat keutuhan pala yang baik, diusahakan pala dalam kondisi kering kocak.
Fungsi kegunaan dari mesin pemecah dan pengupas pala adalah memecahkan buah pala dari kulit luarnya yang keras untuk diolah menjadi minyak pala.

Mesin Pemecah Pala



Spesifikasi Mesin Pemecah dan Pengupas Pala
A. Kapasitas 80 – 100 kg/jam
Spesifikasi Mesin
Kapasitas                     : 80-100 kg/jam
Dimensi                       70 x 60 x 85 cm
Pengerak                     Dinamo ½ HP
Rangka                        : Siku 4 x 4
Material Body             : Mild Steel
Material Pengupas      : Mild Steel
B. Kapasitas 150 – 200 kg/jam
Spesifikasi Mesin
Kapasitas                     : 350-500 kg/jam
Dimensi                       800 x 60 x 95 cm
Pengerak                     Dinamo 1 HP
Rangka                        : Siku 4 x 4
Material Body             : Mild Steel
Material Pengupas      : Mild Steel
C. Kapasitas 350 – 500 kg/jam
Spesifikasi Mesin
Kapasitas                     : 350-500 kg/jam
Dimensi                       900 x 60 x 100 cm
Pengerak                     Dinamo 1,5 HP
Rangka                        : Siku 4 x 4
Material Body             : Mild Steel
Material Pengupas      : Mild Steel

Pala (Myristica fragrans) adalah tumbuhan berbentuk pohon yang datang dari kepulauan Banda, Maluku. Karena nilainya yang tinggi menjadi rempah-rempah, buah serta biji pala sudah jadi komoditi perdagangan yang terpenting semenjak waktu Romawi. Pala disebutkan dalam ensiklopedia karya Plinius "Si Tua". Sejak jaman eksplorasi Eropa pala menyebar luas di daerah tropika lainnya seperti Mauritius serta Karibia (Grenada). Arti pala ikut digunakan untuk biji pala yang diperjualbelikan. 

Tumbuhan ini berumah dua (dioecious) hingga diketahui pohon jantan serta pohon betina. Daunnya berupa elips langsing. Buahnya berupa lonjong seperti lemon, berwarna kuning, berdaging serta beraroma ciri khas sebab memiliki kandungan minyak atsiri pada daging buahnya. Jika masak, kulit serta daging buah buka serta biji akan tampak terbungkus fuli yang berwarna merah. Sebuah membuahkan satu biji berwarna coklat. 

Pala dipanen biji, respek bijinya (arillus), serta daging buahnya. Dalam perdagangan, respek biji pala diberi nama fuli, atau dalam bahasa Inggris dimaksud mace, dalam arti farmasi dimaksud myristicae arillus atau macis). Daging buah pala diberi nama myristicae fructus cortex. Panen pertama dikerjakan 7 sampai 9 tahun sesudah pohonnya ditanam serta sampai potensi produksi maximum sesudah 25 tahun. Tumbuhnya bisa sampai 20m serta usianya dapat sampai beberapa ratus tahun. 

Sebelum di pasarkan, biji dijemur sampai kering sesudah dipisah dari fulinya. Pengeringan ini menghabiskan waktu enam sampai delapan minggu. Sisi dalam biji akan berkurang dalam proses ini serta akan terdengar jika biji digoyangkan. Cangkang biji akan pecah serta sisi dalam biji di jual menjadi pala. 

Biji pala memiliki kandungan minyak atsiri 7-14%. Bubuk pala digunakan menjadi penyedap untuk roti atau kue, puding, saus, sayuran, serta minuman penyegar (seperti eggnog). Minyaknya ikut digunakan menjadi kombinasi minyak wangi atau sabun. 

Mungkin kamu paham.kamu mengerti dengan tanaman yang satu ini, yakni Tanaman Pala. Pala yang termasuk juga type rempah-rempah ini biasa dipakai menjadi bumbu dapur. Akan tetapi apa kamu sudah mengetahui manfaat lainnya dari tanaman pala ini? Tidak hanya menjadi bumbu dapur, nyatanya pala mempunyai banyak faedah terpenting menjadi bahan penyembuhan. 

Sebelum kita kenal lebih dekat dengan tanaman pala ini, mari kita bongkar kembali dikit riwayat pala atau rempah-rempah sebagai target bangsa Eropa jaman dulu. 

Asal mula Pala yang disebut tanaman asli kepulauan Banda, Maluku 

tanaman pala asal maluku 
Pohon pala ialah salah satunya spesies dari genus Myristica. Pala wangi (Myristica fragrans) ialah spesies sangat terpenting dengan komersial yang disebut tanaman asli di Kepulauan Banda, Maluku. Pala wangi ikut tumbuh di Pulau Penang di Malaysia serta Karibia, terutamanya di Grenada. Pala ini pula tumbuh di Kerala, satu negara sisi di selatan India. 
Tanaman pala ini mempunyai pohon yang berkayu, rata-rata mempunyai tinggi seputar 10-20 mtr.. Pohon pala mulai berbuah waktu berusia 7-9 tahun serta sampai produksi optimal sesudah berusia 20 tahun. 

Kenal buah Pala menjadi hasil bumi andalan tanah Maluku 

tanaman pala asal maluku 
Buah pala mempunyai warna hijau cukup kekuning-kuningan, berkulit tipis serta berdaging tebal dengan warna daging kuning pucat atau kuning kehijauan. Diameter buah pala beragam pada 5-9 cm. Daging buah pala mempunyai struktur yang padat serta cukup bergetah yang bau tajam. Buah pala yang masak di pohon akan lekang terbelah dagingnya hingga bisa tampak bijinya. 

Panggilan untuk pala seringkali dipakai untuk penyebutan biji-biji buah pala. Biji buah pala berwarna kecoklatan, berupa cukup lonjong seperti telur yang panjangnya seputar 2-3 cm dengan berat rata-rata 5-10 gr. Sedang bunga pala (fuli) ialah susunan lembut berwarna kemerahan yang menyelimutinya biji buah pala. 

Fakta kenapa bangsa Eropa begitu gigih membidik rempah-rempah? 

tanaman pala asal maluku 

Bila waktu SD dahulu kamu pelajari Pengetahuan Pengetahuan Sosial terpenting materi Riwayat, tentu kamu paham.kamu mengerti jika rempah-rempah ialah fakta bangsa Eropa hadir ke Indonesia. Rempah-rempah yang tidak tumbuh di Eropa mulai diketahui lewat jalinan beberapa orang bangsa Arab dengan bangsa Eropa saat perang salib pada era ke 11. 

Bangsa Eropa begitu terobsesi dengan semua kemewahan istana-istana Arab dari mulai karpet, gorden, kain sutera, mahligai sampai makanan beberapa orang yang dibumbui rempah-rempah ciri khas. Lantas, mengapa bangsa Eropa saat itu begitu gigih temukan rempah-rempah sampai nekat berlayar untuk ke arah pulau surganya rempah-rempah? 

Nyatanya rempah-rempah pada jaman dahulu bukan sekedar dipakai menjadi bumbu dapur untuk masakan tetapi ada hubungannya dengan mitos jika aroma rempah datang dari surga hingga seringkali dipakai dalam ritual keagamaan untuk Dewa-Dewi keyakinan Yunani pada jaman dulu. 

Sesudah itu, rempah-rempah berkembang fungsinya jadi bahan pengawet makanan, minyak wangi sampai alat pembayaran. Keperluan akan rempah-rempah tidak tertahan kembali, bangsa Eropa berupaya mencari sumbernya sampai berlabuh di tanah Maluku. 

Sebelumnya perdagangan rempah-rempah di Indonesia tentunya begitu menguntungkan, itu saat masih tetap dikerjakan oleh pedagang India, Arab, serta Tiongkok. Malapetaka hadir saat bangsa Eropa kuasai skema perdagangan yang memulai riwayat penjajahan bangsa ini. 

Rempah-rempah Indonesia yang sangat dicari bangsa Eropa salah satunya Tanaman Pala, Merica/Lada, Cengkeh, Jahe, Kayu Manis, Adas, Kapulaga, serta Kunyit. jual mesin pemecah pala, harga mesin pemecah pala, alat pemecah cangkang pala, mesin pemecah biji pala, mesin pemecah buah pala.

Faedah Pala dalam beberapa olahan yang mempunyai nilai jual yang tinggi 

tanaman pala asal maluku 

Buah pala terbagi dalam tiga sisi yang semua memiliki nilai ekonomi tinggi yakni daging buah pala, biji pala serta bunga pala (fuli). Biji pala sangat banyak digunakan untuk bumbu, bahan baku minyak wangi, kosmetik, serta minyak pala. Fuli ikut dipakai menjadi bumbu masak, farfum serta bahan obat. Daging buah pala dipakai untuk bikin bahan manisan buah pala serta sirup buah pala. Beberapa produk tanaman pala yang lain ialah minyak mendasar, oleoresin, serta butter pala. 

Itu banyak hal yang terkait dengan buah Pala yang dulunya sempat jadi target bangsa-bangsa Eropa sebab banyak faedah yang dimilikinya. Sumber 
No comments:
Write komentar