Laman

Sunday, 6 May 2018

Mesin Pengaduk Bahan Sabun Cair

Mesin Pengaduk Bahan Sabun Cair

Alat Pengaduk Bahan-Bahan Pembuatan Sabun
Alat Pengaduk Bahan-Bahan Pembuatan Sabun

jual Mesin Pengaduk Bahan Sabun Cair dan sabun batangan, harga mesin mixer sabun cair. Fungsi kegunaan dari mesin pengaduk bahan sabun cair adalah mencampur bahan-bahan pembuatan sabun menjadi satu atau merata. dengan bantuan alat ini akan memudahkan pengadukan yang membutuhkan waktu lama. tangan dan kaki tidak pegal jadi mengurangi beban produksi. 
Mesin Mixer Sabun Cair
Mesin Mixer Sabun Cair

 Spesifikasi Mesin Pengaduk Bahan Sabun Cair

Spesifikasi

Tipe                             :  KM -20MX
Dimensi                       : 500x400x700 mm
Material Body             : Mild Steel
Material Tabung          : Stainless steel
Material Pengaduk      : Stainless Steel
Pengerak                     : Elektromotor 1/ 4 HP
Kapasitas                     : 20 Liter
Sirip Pengaduk            : Dua Buah (2)

Tipe                             :  KM - 50MX
Dimensi                       : 600x500x900 mm
Material Body             : Mild Steel
Material 
Tabung          : Stainless steel 
Material Pengaduk      : Stainless Steel
Pengerak                     : Elektromotor 1/2 HP
Kapasitas                     : 
50  Liter
Sirip Pengaduk            : Dua Buah (2)

Tipe                             :  KM -75MX
Dimensi                       : 700x600x1000 mm
Material Body             : Mild Steel
Material Tabung          : Stainless steel
Material Pengaduk      : As Stainless Steel 
Pengerak                     : Elektromotor 1 HP
Kapasitas                     : 
75  Liter
Sirip Pengaduk            : Dua Buah (2)
______________________________________________________________________________



Dalam panduan membuat sabun cair ini saya akan menuturkan cara yang dipakai bersama formula bahan bakunya, beberapa langkah pembuatan serta beberapa panduan dalam pembuatan sabun cair.

Oke, mari kita mulai…

Membuahkan sabun cair, sabun batang transparan, ataupun sabun krim memerlukan proses selanjutnya. Kita tidak dapat membuahkan sabun mandi dengan karakter itu memakai cara cold process.

Oleh karena itu, kita memerlukan satu cara kelanjutan yakni cara hot process.

Cara ini sebetulnya cuma kepanjangan dari cara cold process. Sabun yang masih tetap kental lalu dipanaskan saat 2-3 jam. Agar semua asam lemak bereaksi dengan alkali. Sesudah itu sabun langsung bisa dipakai.

Beberapa bahan Alami serta Simpel Dengan Hasil Yang Mempesona
bahan baku sabun cair

Alkali serta minyak adalah elemen penting dalam pembuatan sabun mandi.

Kamu dapat memakai beberapa jenis minyak nabati. Minyak yang paling penting dalam formula sabun cair adalah minyak kelapa. Minyak kelapa membuahkan sabun dengan busa yang melimpah.

Formula bahan sabun cair ini memakai 2 formasi minyak saja. Hampir sama juga dengan formula bahan sabun batang. Kita tidak memerlukan minyak kelapa sawit dalam formula sabun cair.

Sabun cair memerlukan alkali yang berlainan dari sabun batang.

Alkali yang dipakai yakni KOH (Kalium Hidroksida / Potassium Hydroxide). Alkali tidak dapat dipisahkan dalam membuat sabun mandi. Meskipun disebutkan sabun mandi alami, herbal, ataupun organik kita masih memerlukan alkali.

Kelak kita ulas selanjutnya tentang bahan baku pembuatan sabun cair.

Formula bahan baku sabun cair ini bisa membuahkan kira-kira 4-6 liter sabun cair. Untuk mempermudah, saya bagi jadi 2 sisi bahan. Bahan pertama untuk bikin soap base serta yang ke-2 untuk meleburkan soap base:

Bahan Untuk Membuat Soap Base (Membuahkan soap base kira-kira 2.5 kg)
Air Distilasi / Air Suling – 1140 gr
Minyak Kelapa – 900 gr
Minyak Zaitun / Pure Olive Oil – 600 gr
KOH – 380 gr
Larutan Sabun (Memakai 500 gr soap base)
Air Distilasi / Air Suling – 500 gr (Untuk meleburkan soap base)
Air Distilasi / Air Suling – 18.4 gr (Untuk meleburkan asam sitrat / citric acid)
Asam Sitrat / Citric Acid – 4.6 gr
Peppermint Essential Oil – 20 gr (Opsional)
Phenolphthalein – Untuk mengukur pH sabun cair.
4 Step Pembuatan Sabun Cair
Membuahkan sabun cair yang prima lewat proses yang cukuplah panjang, minimum seputar 3 jam. Dengan catatan bila tidak ada kekeliruan. Sesudah itu diteruskan dengan meleburkan soap base.

double boiler
Double boiler simpel
Kamu memerlukan perlengkapan penambahan untuk memanaskan soap base. Saya memakai double boiler untuk proses pemanasannya. Sebab lebih ekonomis serta gampang dipakai.

Untuk memudahkanmu dalam ikuti panduan ini, saya bagi jadi 4 step pembuatan sabun cair:

Membuat Soap Base
Memanaskan Soap Base
Meleburkan Soap Base
Menetralisir serta Meningkatkan Aditif Sabun Cair
Pertama – Membuat Soap Base
Sediakan alat serta bahan. Tetap pakai perlengkapan keamanan.
Sediakan panci double boiler, isi dengan air seperlunya serta panasi perlahan-lahan sampai mendidih.timbang bahan baku
Timbang minyak, air serta KOH dalam tempat terpisah.panasi minyak
Panasi minyak sampai sampai suhu kira-kira 70 derajat celcius serta pertahankan di angka itu. Pemanasan minyak ini mempunyai tujuan untuk percepat kombinasi sampai trace.
Masukan KOH ke air, janganlah lakukan demikian sebaliknya! Aduk sesaat serta biarlah sampai larut semua.campur larutan alkali serta minyak
Bila minyak telah ada di rata-rata 70 derajat serta larutan KOH telah siap, masukan larutan ke minyak.aduk kombinasi
Aduk dengan stick jus atau hand whisk. Untuk sampai trace akan menghabiskan waktu yang lumayan lama, dapat seputar 15 menit sampai satu jam.belumlah sampai trace
Trace pada sabun cair berlainan dengan trace pada sabun batang. Gambar diatas tunjukkan kombinasi belumlah sampai trace.hampir sampai trace
Saat kombinasi mulai mengental, janganlah berhenti mengaduk. Waktu sampai step ini matikan stick jus serta ubah dengan hand whisk.trace pada sabun cair
Aduk selalu sampai kombinasi jadi tebal serta padat, seperti gambar diatas.
Hentikan pengadukan waktu kombinasi mulai jadi padat. serta masukan ke double boiler dengan air yang telah mendidih.
Sampai trace waktu mengaduk kombinasi memerlukan waktu yang lumayan lama, seputar 15-60 menit. Pakai stick jus serta hand whisk dengan bergantian. Menyalakan stick jus terus-terusan akan membuat mesinnya cepat panas. Hingga lebih baik dipakai dengan bergantian tiap-tiap 5 menit.

Trace akan berlangsung dengan cepat sekali serta tidak diduga. Waktu kombinasi telah mulai mengental janganlah pakai stick jus. Kombinasi jadi cukup berat hingga bila kamu memakai stick jus jadi mesin stick jus akan kerja 2x lipat. Cukuplah pakai hand whisk waktu telah mengental serta berasa cukup berat.

Ke-2 – Memanaskan Soap Base
Panasi saat 3 jam sampai sabun jadi jernih atau transparan. Kamu akan lihat bedanya saat memanaskan. Awalannya sabun berwarna putih susu makin lama makin akan menjadi jernih serta transparan. Ini mengisyaratkan alkali telah bereaksi semua dengan minyak.panasi ke double boiler
Saat memanaskan aduk tiap-tiap 30 menit sekali. Ini adalah babak yang begitu melelahkan. Sabun berupa padat, kamu akan kesusahan untuk mengaduknya serta memerlukan banyak tenaga untuk mengaduk. Jadi sediakan tenaga terlebih dulu sebelum mengaduk.aduk soap base
Sesudah 3 jam memanaskan, mengambil seputar 10 gr sabun serta larutkan ke 20 gr air mendidih.tes sampel soap base
Lihat larutan sabun cair apa telah jernih atau belumlah. Teteskan pun larutan phenolphthalein untuk mengecheck pH sabun, lalu perhatikan warna pink yang muncul. Bila tunjukkan warna pink gelap jadi sabun belumlah netral. Saat telah tunjukkan warna pink jelas jadi sabun telah netral.lihat kejernihan sabun
Bila sabun belum juga netral serta jernih, jadi lebih kembali waktu pemanasannya serta cek kembali. Gambar diatas tampak sabun belum juga jernih tapi telah netral. Jadi saya memberikan kembali 1 jam waktu pemanasan.
Waktu sabun telah netral serta jernih, kamu dapat meneruskan untuk melarutkannya.
Kamu dapat juga menaruh soap base ini bila kamu tidak mau meleburkan semua. Masukan ke wadah plastik serta tetap taruh di almari es. Kamu dapat meleburkan setiap saat membutuhkannya.

Ke-3 – Meleburkan Soap Base
Timbang soap base yang akan dicampurkan. Saya cuma memakai soap base sekitar 500 gr. Untuk meleburkan soap base, sediakan air sekitar 500 gr.
Timbang air untuk meleburkan soap base serta masukan ke panci.larutkan soap base ke air
Masukan soap base ke air serta tutup panci. Panasi dengan api yang sangat kecil saat 1 jam sampai semua soap base larut.
Atau juga bisa dengan mendidihkan air terlebih dulu. Setelah mendidih matikan api serta masukan soap base yang akan dicampurkan. Aduk selalu sampai semua soap base larut di air.
Kamu dapat memastikan sendiri konsentrasi pelarutan sabun cair. Tingkat konsentrasi kelarutan sabun cair sekitar pada 15-40 persen. Dalam panduan ini saya memakai konsentrasi sebesar 30 persen. Keterangan tentang tingkat kelarutan ini saya terangkan di bagian akhir.

Ke empat – Menetralisir serta Meningkatkan Aditif Sabun Cair
Sesudah semua sabun larut, kamu mesti menetralisir keunggulan KOH terlebih dulu sebelum dapat dipakai.
Timbang air serta asam sitrat.timbang asam sitrat
Panasi air sampai mendidih. Lalu masukan asam sitrat (citric acid) serta aduk sampai larut semua.larutkan asam sitrat ke air
Masukan ke sabun cair yang masih tetap panas serta aduk sampai semua larut. Waktu sabun cair telah netral, kamu dapat memberikan pewangi atau aditif yang lain.masukan larutan asam sitrat ke sabun cair
Tampak tingkat kejernihan sabun cair. Gambar yang sangat kiri tunjukkan sabun cair masih tetap berwarna putih susu, waktu pemanasan masih tetap kurang. Pada gambar tengah tunjukkan sabun telah cukup jernih. Gambar kanan tunjukkan sabun telah transparan.kejernihan sabun cair
Pada formula pembuatan sabun cair ini saya melebihkan jumlahnya KOH yang diperlukan. Konsentrasi KOH umumnya cuma sebesar 90%.

Untuk membuahkan sabun cair yang jernih memerlukan saponifikasi penuh, hingga diperlukan KOH yang lebih.

Menetralisir tiap-tiap 500 gr soap base kamu memerlukan kira-kira 23 gr larutan asam sitrat (dengan konsentrasi larutan 20%).

Untuk bikin larutan asam sitrat sebesar 20% kamu memerlukan asam sitrat sekitar 20% x volume. Seumpama kamu memerlukan larutan sekitar 23 gr jadi 20% x 23 gr = 4.6 gr asam sitrat. Air yang diperlukan = volume keseluruhan larutan – volume asam sitrat, 23 gr – 4.6 gr = 18.4 gr air.

Untuk meningkatkan pewangi, terutamanya essential oil, kamu mesti tahu suhu titik uap / flash poin dari essential oil itu. Essential oil berbentuk gampang menguap. Semestinya imbuhkan essential oil waktu suhu sabun cair ada dibawah nilai flash poin essential oil itu.

Kamu dapat juga memberikan pewarna ke sabun cairmu. Yakinkan pun pewarna yang kamu pakai dapat larut di air atau water soluble.

Sesudah semua aditif tuntas ditambahkan, kamu sebetulnya bisa memakainya. Tetapi umumnya sabun cair masih tetap cukup keruh. Bila kamu ingin sabun cair yang lebih jernih, jadi lebih baik dilewatkan dulu saat 1-2 minggu. Sampai sabun tunjukkan kejernihannya.

Keterangan Singkat serta Panduan Langkah Membuat Sabun Cair
Membuat sabun cair memang tidak gampang serta menghabiskan waktu yang cukup lama. Itu penyebabnya sabun cair harga nya tambah mahal dibanding dengan sabun batang. Sebab mesti lewat proses yang panjang serta melelahkan.

Bila kamu masih tetap bingung tentang beberapa beberapa langkah diatas. Tersebut akan saya beri beberapa keterangan serta beberapa panduan untuk lengkapi info yang belumlah saya terangkan dengan detil.

1. Ketidaksamaan Sabun Batang serta Sabun Cair
Pilih pada sabun batang atau cair telah jadi dilema umum waktu mandi. Sebagian orang suka pada sabun cair serta beberapa suka pada sabun batang. Apa pun yang kamu pilih ke-2 sabun itu fungsinya sama untuk kulit, yakni untuk bersihkan.

Ketidaksamaan sabun cair dengan sabun batang yang saya beri di tempat ini cuma berbentuk dampaknya waktu dipakai.

Sabun batang lebih melembabkan dibanding dengan sabun cair. Mengapa? Sabun batang sangat mungkin untuk meningkatkan superfat (minyak penambahan). Superfat itu berperan untuk meningkatkan kelembapan kulit. Kita tidak dapat memberikan superfat ke sabun cair. Minyak superfat tidak dapat larut di sabun cair.

Sabun cair lebih baik menyimpan pewangi di banding dengan sabun batang. Memberikan banyak pewangi ke sabun batang akan kurangi kekerasan sabun batang. Sedang pada sabun cair dapat menyimpan semakin banyak pewangi. Bila kamu memberikan banyak pewangi jadi kejernihan sabun akan menyusut.

2. Bahan Penting Pembuatan Sabun Cair
Minyak yang dipakai dalam pembuatan sabun cair berlainan dengan pembuatan sabun batang.

Pada sabun batang kita memerlukan minyak kelapa sawit untuk bikin sabun jadi keras. Minyak kelapa sawit memiliki kandungan banyak asam lemak stearat (stearic acid) serta palmitat (palmitic acid). Ke-2 asam lemak itu yang bertindak memberi kekerasan pada sabun.

Asam lemak stearat serta palmitat bisa memengaruhi sabun cair jadi keruh.

Hingga kita tidak demikian memerlukan minyak yang banyak terkandung asam lemak itu. Contoh minyak yang mempunyai kandungan asam stearat serta palmitat yang tinggi yakni minyak kelapa sawit serta cocoa butter.

Minyak yang paling penting dalam formula sabun cair ialah minyak kelapa.

Minyak kelapa memiliki kandungan banyak asam lemak laurat yang berperan untuk membuahkan busa yang melimpah pada sabun. Diluar itu pun asam lemak ini pula berperan untuk memberi keringanan pelarutan pada sabun cair.

Minyak pokok kelapa sawit pun mempunyai kandungan asam lemak yang sama juga dengan minyak kelapa.

Kamu sebetulnya dapat membuahkan sabun cair cukup dengan memakai minyak kelapa saja. Tapi sabun bisa menjadi begitu kering di kulit. Hingga mesti digabung dengan minyak yang memiliki kandungan asam lemak oleat seperti minyak zaitun, rice bran, canola, dll.

Asam lemak oleat ini berperan untuk meningkatkan kelembapan kulit.

Kebanyakan memakai minyak dengan kandungan asam lemak oleat dapat juga menyebabkan sabun cair jadi keruh. Jadi semestinya dipakai dengan seimbang.

Minyak jarak atau castor oil pun adalah minyak yang begitu penting dalam pembuatan sabun cair. Minyak jarak memiliki kandungan asam lemak yang tidak dipunyai minyak nabati yang lain. Kandungan asam lemak ini bernama asam risinoleat atau ricinoleic acid.

Asam lemak risinoleat berperan untuk bikin jernih sabun cair. Diluar itu pun asam lemak ini bisa percepat trace saat pengadukan.

Bila kamu ingin tahu selanjutnya tentang beberapa bahan untuk bikin sabun dapat dibaca pada artikel ini.

3. Keunggulan KOH Dalam Sabun Cair 
Bila kamu sempat membuat sabun batang, jadi kamu akan lihat ketidaksamaan bahan yang dipakai dalam membuat sabun cair ini. 

Sabun cair memakai KOH, sedangakan sabun batang memakai NaOH. KOH membuahkan sabun dengan karakter yang lunak, simak, lengket serta jernih. Sedang NaOH membuahkan sabun yang keras serta buram ataukah tidak tembus pandang. 

Sabun yang dibuat dari KOH pun lebih gampang untuk larut dengan air dibanding dengan NaOH. Sabun KOH memerlukan air yang lebih dikit, sedang sabun KOH memerlukan banyak air menjadi cair. Kamu dapat membaca selanjutnya tentang ketidaksamaan KOH serta NaOH. 

Formula sabun cair ini memang menyengaja saya lebihkan jumlahnya KOH yang diperlukan. Sebagian besar KOH yang berada di market mempunyai tingkat kemurnian sebesar 90% dengan bekasnya umumnya berbentuk air serta yang lain. 

Untuk membuahkan sabun cair yang betul-betul jernih serta transparan memerlukan reaksi saponifikasi penuh. Minyak yang tidak tersaponifikasi akan membuat sabun jadi keruh. Hingga diperlukan KOH semakin banyak. 

Memakai KOH semakin banyak membuat hasil akhir sabun cair memiliki kandungan alkali bebas. Kita mesti menetralisir alkali bebas itu memakai asam sitrat (citric acid). 

Untuk mengkalkulasi KOH yang diperlukan kamu dapat memakai kalulator alkali online. 

Kalkulator alkali memudahkanmu untuk mengkalkulasi KOH yang diperlukan. Cuma tinggal masukkan minyak yang kamu pakai saja serta kamu bisa langsung memperoleh nilai KOH. Kalkulator alkali untuk mengkalkulasi sabun cair dapat disaksikan di summerbeemeadow serta soapcalc. 

4. Konsentrasi Pelarutan 
Konsentrasi pelarutan sabun cair umumnya sekitar pada 15-40%. 

Bila kamu meleburkan kurang dari 15% jadi busanya jadi makin dikit serta potensi untuk membersihkannya pun makin menyusut. Bila kamu meleburkan lebih dari 40% umumnya larutan sabun cair balik lagi jadi padat. 

Sabun cair yang dibikin dengan beberapa minyak kelapa lebih gampang larut dibanding dengan yang memakai dikit minyak kelapa. Sebab karakter asam lemak dari minyak kelapa itu. 

Tersebut adalah konsentrasi pelarutan bersasarkan 500 gr soap base: 

40% kelarutan memerlukan 280 gr air. 
35% kelarutan memerlukan 375 gr air. 
30% kelarutan memerlukan 500 gr air. 
25% kelarutan memerlukan 690 gr air. 
20% kelarutan memerlukan 1000 gr air. 
15% kelarutan memerlukan 1500 gr air. 
5. Thickener 
Kamu akan terperanjat sabun cair alami yang kamu bikin ini sangat terasa encer. Bila dibanding dengan sabun cair konvensional yang berada di market, sabun cair alami ini betul-betul cair serta encer, tidak kental seperti sabun cair konvensional. 

Sebetulnya sama juga dalam soal bersihkan, baik cair ataupun kental. Malah sabun cair konvensional konsentrasinya cuma seputar 20%. 

Bila kamu ingin sabun cair alami ini lebih kental, jadi kamu mesti memberikan aditif yang berbentuk pengental. Contoh aditif itu diantaranya borax, hydroxyethylcellulose, garam, alkohol serta xanthan gum. 

Dari beberapa pengental itu, saya mereferensikan garam menjadi pengental, sebab gampang didapat serta lebih ekonomis. 

Kamu dapat membuat larutan air garam sebesar 20%, untuk meningkatkan kekentalan. Lalu imbuhkan ke sabun cair yang masih tetap panas serta aduk sampai rata. Imbuhkan larutan garam sampai sampai kekentalan yang kamu kehendaki. 

6. Cara Pilihan Pembuatan Sabun Cair 
Bila kamu terasa membuat sabun cair sendiri dari pertama begitu susah. Kamu dapat juga membuat sabun cair sendiri dari sabun batang. Kamu dapat ikuti panduan gampang itu. 

Panduan sabun cair yang saya beri di tempat ini mempunyai tujuan untuk membuahkan sabun cair yang jernih serta transparan. 

Bila kamu tidak mau membuahkan sabun cair yang jernih serta transparan, untuk sekedar hoby,kamu tak perlu untuk ikuti semua langkah yang ada. Kamu dapat kurangi waktu pemanasan serta tak perlu untuk melebihkan jumlahnya KOH. 

Tapi bila kamu ingin jual sabun cair buatanmu sendiri, lebih baik membuahkan sabun cair yang transparan. 

Nikmati Sabun Cair Buatanmu Sendiri 
Langkah membuat sabun mandi cair sendiri ini keliatannya begitu susah. Tapi saat kamu telah mulai coba, jadi kamu semakin lebih memahami serta mengerti. Yang penting sesudah kamu bersusah payah membuat, kamu dapat nikmati mandi dengan sabun cair buatanmu sendiri. 

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Saya berharap panduan ini bisa membantumu membuat sabun cair sendiri. Sumber

No comments:
Write komentar