Laman

Monday, 7 May 2018

Mesin Penghancur Bongol Janggel Jagung untuk Fermentasi Pakan

 Mesin penghancur Bongol jangel Jagung untuk Fermentasi

jual mesin penggiling bonggol jagung, harga mesin penghancur janggel bonggol jagung untuk pakan ayam itik, alat penggiling tongkol bonggol jagung, harga mesin penghancur bonggol jagung, pisau penghancur tongkol jagung, cara membuat mesin giling janggel jagung, cara membuat mesin penggiling jagung, harga tongkol jagung per kilo, harga tepung janggel jagung, cara membuat mesin penggiling bonggol jagung.




Mesin Penghancur Bonggol Jangel Jagung
Mesin Penghancur Bonggol Jangel Jagung
 Mesin Penghancur bonggol jangel jagung dapat menghancurkan bongol jangel jagung untuk pakan fermentasi, hasil penghancuran sudah bisa langusng diolah ke bak fermentasi dicampur dengan bahan fermentasi lainnya. Masih murahnya bonggol dan kurangnya pemanfaatan jangel, dirasa ini akan menekan biaya produksi pakan fermentasi.


Alat Penghancur Janggel Jagung
Alat Penghancur Janggel Jagung


Spesifikasi Tipe     : KM-G100
Dimensi                : 680 x 400 x 800 mm
Material Body      : Plat Mild Steel
Material Pisau      : Baja
Material Rangka  : Siku Besi
Transmisi             : Pulley Dan V-Belt
Pisau                    : Pisau Pematah Min 3 buah                             
                               Pisau Penyerut Min 2 Lajur
Kapasitas             : 100 – 150 kg/jam
Penggerak           : Motor Bensin 5,5 HP
Saringan              : 10 mm                               
                              2 mm ( Kapasitas 20 – 30kg/jam)                               

Spesifikasi Tipe    : KM-G200
Dimensi                : 900 x 500 x 1000 mm
Material Body      : Plat Mild Steel
Material Pisau     : Baja
Material Rangka  : Siku Besi
Transmisi             : Pulley Dan V-Belt
Pisau                    : Pisau Pematah Min 6 buah                             
                                Pisau Penyerut Min 2 Lajur
Kapasitas             : 200 – 300 kg/jam
Penggerak            : Diesel 8 HP
Saringan              : 10 mm                             
                               2 mm ( Kapasitas 40 – 60 kg/jam)                               

Spesifikasi Tipe    : KM-G300
Dimensi                : 900 x 500 x 1000 mm
Material Body      : Plat Mild Steel
Material Pisau     : Baja
Material Rangka  : Siku Besi
Transmisi             : Pulley Dan V-Belt
Pisau                    : Pisau Pematah Min 6 buah                             
                               Pisau Penyerut Min 2 Lajur
Kapasitas             : 300 – 400 kg/jam
Penggerak           : Diesel 12 HP
Saringan              : 10 mm                             
                               2 mm ( Kapasitas 40 – 60 kg/jam)


_________________________________________________________________________________

Di Indonesia, sudah ada inventasi jika tongkol jagung bisa digunakan menjadi pakan yang disiapkan untuk sapi potong. Cukuplah bertahan untuk satu ekor sapi saat 333-500 hari dengan anggapan mengkonsumsi pada 2-3 kg/ekor/hari. Kelebihannya, ialah bisa dipakai untuk melawan minimnya pakan pada musim kemarau, dan berguna untuk sanitasi lingkungan. Hasil inventasinya sudah dipatenkan. Diluar itu, sudah ada susu jagung yang terbuat dari tongkol jagung ini. Dijelaskan jika tongkol jagung ini tak perlu pemanis sebab perasaan manisnya telah ada. Yang unik, untuk membuat susu jagung itu, ditambahkan tempe supaya terlihat menarik. Pengembangan ini ditangani oleh beberapa mahasiswa Fakultas MIPA dari Kampus Negeri Yogyakarta.
Nilai ekonomi lainnya mengatakan jika jagung miliki nilai yang tinggi di Jepang. Rupanya, ia digunakan untuk alat tumbuh jamur. Dalam satu tahun, Jepang memerlukan 3.600 ton tongkol jagung yang sejumlah dengan Rp 6,3 miliar. Karenanya pada tahun 2009, Pemkab Purbalingga setuju untuk bekerja bersama dengan PT NYP Wood Work, serta Institut Pertanian Bogor (IPB).
Tongkol pada jagung ialah sisi dalam organ betina tempat bulir duduk melekat. Arti ini pula digunakan untuk menyebutkan semua sisi jagung betina ("buah jagung"). Tongkol terbungkus oleh kelobot (kulit "buah jagung").
Dengan morfologi, tongkol jagung ialah tangkai penting malai yang termodifikasi. Malai organ jantan pada jagung bisa menimbulkan bulir pada keadaan spesifik.
Tongkol jagung muda, dimaksud ikut babycorn, bisa dikonsumsi serta jadikan sayuran. Tongkol yang tua mudah akan tetapi kuat, serta jadi sumber furfural, semacam monosakarida dengan lima atom karbon.
Tongkol Jagung bisa dipakai untuk alat tanam jamur, diluar itu menjadi pakan ternak ayam itik serta ternak yang lain. manfaat tongkol jagung bisa dipakai menjadi pupuk dengan alat yang ideal perihal ini dapat terwujud.
Tersedianya pakan hijauan berbentuk rumput menjadi pakan penting dalam penggemukan kambing atau domba begitu tergantung pada musim.Saat musim hujan, rumput gampang didapat.Akan tetapi demikian sebaliknya saat musim kemarau, rumput lebih susah didapati.
Akan tetapi masalah itu bisa terselesaikan karena tehnologi pemrosesan pakan yang dikerjakan oleh Balai Riset Ternak di Ciawi, Bogor Jawa Barat. Tehnologi itu menggunakan tongkol jagung menjadi bahan baku penting.
“Selama ini tongkol jagung adalah sampah dari pemrosesan jagung pipilan menjadi pakan ternak. Tongkol jagung memiliki kandungan protein rendah sebesar 2,94%, 5,2% lignin, 30% selulosa, dengan tingkat kecernaan 40 %,” papar Kepala Bagian Budidaya serta Peningkatan Ternak Disnakeswan, Herman, S.Pt pada alat ini.
Tehnologi pemrosesan pakan menggunakan tongkol jagung itu bisa dikerjakan dengan 2 langkah, yaitu silase tongkol jagung serta amoniasi tongkol jagung. Pada silase tongkol jagung dengan sumber karbohidrat terlarut seperti jagung giling serta di gabung dengan pakan konsentrat sekitar 350 g/ekor/hari contohnya, bisa meningkatkan berat harian domba sebesar 104 gr/ekor/hari.
Silase tongkol jagung dibikin lewat cara menggiling tongkol jagung sampai halus lalu mencampurkannya dengan sumber karbohidrat terlarut. Beberapa sumber karbohidrat terlarut yang biasa digunakan dalam pembuatan silase diantaranya molases atau tetes tebu serta dedak. Tongkol jagung memiliki kandungan dinding sel yang tinggi, diatas 75% hingga kandungan isi sel termasuk juga karbohidrat terlarutnya rendah.
“Sebab itu pada pembuatan silase butuh menambahkan sumber karbohidrat yaitu dedak serta jagung giling sekitar 2% berbahan kering. Kombinasi itu dikasih molases alias tetes tebu serta dibasahi dengan air sampai didapat kelembaban 30-40%. Masukan kombinasi itu ke kantong plastik besar serta tutup rapat untuk proses fermentasi saat 21 hari. Sesudah itu pakan tongkol jagung siap digunakan,” katanya.
Amoniasi tongkol jagung, salah satunya tehnik kimia dalam membuat pakan ialah amoniasi, yaitu memberikan urea serta air pada bahan yang diamoniasi.Dengan biologi ialah fermentasi.Kombinasi ke-2 perlakuan itu dikatakan sebagai amofer.Amoniasi berperan akan memutuskan ikatan pada selulosa serta lignin, dan membuat ikatan serat jadi longgar, sedang fermentasi membuat enzim selulosa dari beberapa mikroba selulolitik bisa lakukan penetrasi lebih gampang pada bahan pakan memiliki serat itu.Imbasnya ialah serat kasar turun hingga tingkatkan kecernaan.
“Amoniasi tongkol jagung dikerjakan dengan menggiling tongkol jagung sampai halus lalu mencampurkannya dengan pupuk Urea sekitar 3% yang sudah dicampurkan di air.Bahan kombinasi itu lalu di taruh dalam kantong plastik saat 21 hari untuk fermentasi.Sesudah itu pakan siap digunakan,” tuturnya.
Berdasar pada penelitian Dewi Hastuti serta kawan dari Fakultas Pertanian UNWAHAS tersingkap jika perlakuan ketidaksamaan lama waktu pemeraman pada fermentasi saat 1, 2, 3, serta 4 minggu memberikan dampak berarti pada kandungan protein kasar serta serat kasar. Lama pemeraman alias fermentasi saat 2 minggu memberi hasil terunggul: kandungan protein paling tinggi 34,20% serta serat kasar rendah 24%.
No comments:
Write komentar