Laman

Monday, 7 May 2018

Mesin Serut atau Pemisah Serat Nanas dan gedebog Pisang

Mesin Serut atau Pemisah Serat Nanas dan gedebog Pisang


Video Mesin Pemisah Serat Nanas, Gedeog Pisang dan Pandan





Fungsi : memisahkan lapisan serat atau fibre pada daun nanas, gedebok pisang dari lapisan daun
Berikut spesifikasi Mesin Pemisah Serat Nanas Dan Serat Gedebok Pisang


·                     Dimensi : 40 x 30 x 75 cm
·                     Material corong : Plat Stainless Steel
·                     Material cover : Plat besi dan Plat Stainless Steel
·                     Material pisau :  Stainless Steel
·                     Material rangka : Siku  besi
·                     Panjang pisau : 200 mm
·                     Penggerak : Dinamo 1/4 HP
·                     Kapasitas : 5-6  layer/menit

·                     Dimensi : 50 x 40 x 75 cm
·                     Material corong : Plat Stainless Steel
·                     Material cover : Plat besi dan Plat Stainless Steel
·                     Material pisau :  Stainless Steel
·                     Material rangka : Siku  besi
·                     Panjang pisau : 300 mm
·                     Penggerak : Dinamo 1/2 HP
·                     Kapasitas : 5-6  layer/menit


Nanas atau Ananas comosus adalah tumbuhan tropis yang datang dari Brasil, Bolivia, serta Paraguay.  Buah nanas dapat kita temui di pasar atau dalam tempat perbelanjaan yang lain. di Indonesia, daerah yang populer menjadi penghasil nanas ialah Subang, Bogor, Riau, Blitar, serta Palembang. Tumbuhan nanas mempunyai daun yang panjang serta berbuntut tajam. Buah ini dalam bahasa Inggris dikatakan sebagai pineapple. Buah ini dikatakan sebagai pineapple sebab memiliki bentuk yang serupa seperti pinus. 

Manfaat Tumbuhan Nanas 
Buah nanas umumnya jadikan manisan, bahan masakan, serta buah yang dikonsumsi dengan cara langsung. Buah nanas mempunyai faedah untuk kesehatan, seperti menyehatkan tulang, menguatkan skema kebal badan kita, serta ada banyak kembali. Akan tetapi, nyatanya daun nanas ikut mempunyai faedah, lo! Sampai kini, daun nanas cuma jadikan pakan ternak atau dibuang demikian saja. Akan tetapi, siapa kira, daun nanas bisa dirubah jadi kerajinan, lo. Sisi yang dipakai untuk bikin kerajinan ialah serat yang ada pada daun nanas. 

Kerajinan Daun Nanas 

Serat pada daun nanas ini bisa dibikin jadi kain serat nanas. Diluar itu, serat nanas dapat juga dibikin tas, dompet, anyaman, tali, serta kuas yang bisa dipakai untuk mengecat ataupun melukis. Lantas, Bagaimana Langkah Membuat Kerjaninan dari Serat Daun Nanas? Tingkatan pertama dalam membuat kerajinan daun nanas ialah pilih daun yang mempunyai kualitas baik. Daun yang baik dapat membuahkan serat yang baik juga. Serat daun nanas yang baik umumnya dibuat dari daun yang telah tua, memiliki ukuran panjang, tidak cacat, tidak kering, serta dipanen waktu buah nanas masak. 
Setalah itu, dikerjakan proses pembelahan daun dengan serat daun mesin pemisah serat.


Sebelum Kenal Serat Kapas, Nyatanya Kain Dibikin dari Nanas



Sampai kini kita kenal bahkan juga kain terbuat dari benang yang ditenun serta benang terbuat dari serat kapas yang dipintal. Nyatanya, sebelum kenal kapas, kita memakai serat nanas. Hmmm… bagaimana ceritanya?

Serat Nanas

Apa sumber serat tanaman untuk kain yang sampai kini kita kenal? Mungkin, semua dari kita menjawab kapas. Beberapa mungkin tahu jika tidak hanya kapas, kain dapat juga dibikin dari serat kapuk, goni, linen, serta rami. Adakah yang mengatakan dari serat nanas? Nyatanya, serat nanas dapat di proses jadi kain. Nyatanya, di pedalaman Pulau Sulawesi, persisnya dibagian utara Sulawesi Selatan, serat nanas dipakai untuk bikin kain. Perihal ini bahkan juga telah dikerjakan semenjak mereka belumlah kenal kapas untuk di proses jadi katun. Penduduk Sulawesi Selatan bisa membuahkan kain yang halus dari serat nenas. Kain ini juga dapat dipakai untuk beberapa keperluan, seperti sarung, baju, sampai kain penutup jenazah.

Dari Serat Nanas jadi Kain

Sisi nanas yang dapat di proses jadi kain ialah daunnya. Perihal ini berlangsung sebab daun nanas mempunyai susunan dengan helai-helai serat yang merekat jadi satu sebab ada seperti lem dari sana. Diluar itu, tidak ada tulang daun pada saun nanas, serat ini juga sebagai makin kuat untuk menjaga bentuk daun. Umur terunggul untuk memakai serat nanas ialah 1 tahun – 1,5 tahun sesudah ditanam. Bila sangat muda, serat kain akan tidak kuat, sedang bila sangat tua. serat kain akan kasar. Kain yang dibuat oleh serat nanas ciri-cirinya mengilap serta masih tetap menunjukkan sulur-sulur. Kain ini pas dipakai pasa malam hari sebab dapat memberi kehangatan. Kain nanas juga seringkali dipakai menjadi bahan untuk membatik. Uniknya karakter kain dari nanas ini mengundang perancang baju untuk memakainya jadi beberapa model baju. Bahkan juga, banyak yang menjelaskan jika kain ini tetap sukses tampak mahal.

Serat alam (alami fibre) ialah beberapa jenis serat menjadi bahan baku industri tekstil atau yang lain, yang didapat langsung dari alam. Berdasar pada asal usulnya, serat alam bisa diklasifikasikan jadi kelompok-kelompok, yakni serat yang datang dari binatang (animal fibre), bahan tambang (mineral fibre) serta tumbuhan (vegetable fibre). [Kirby, 1963].

Serat daun nanas (pineapple–leaf fibres) ialah salah satunya type serat yang datang dari tumbuhan (vegetable fibre) yang didapat dari daun-daun tanaman nanas. Tanaman nanas yang memiliki nama lainnya, yakni Ananas Cosmosus, (termasuk juga dalam family Bromeliaceae), biasanya termasuk juga type tanaman semusim. Menurut riwayat, tanaman ini datang dari Brazilia serta dibawa ke Indonesia oleh beberapa pelaut Spanyol serta Portugis seputar tahun 1599. Di Indonesia tanaman itu banyak dibudidayakan, terpenting di pulau Jawa serta Sumatera yang diantaranya ada di daerah Subang, Majalengka, Purwakarta, Purbalingga, Bengkulu, Lampung serta Palembang, yang disebut salah satunya sumber daya alam yang cukuplah punya potensi [Hidayat, 2008].

Daun nanas memiliki susunan luar yang terbagi dalam susunan atas serta bawah. Di antara susunan itu ada beberapa ikatan atau helai-helai serat (bundles of fibre) yang terikat satu dengan yang lainnya oleh semacam zat perekat (gummy substances) yang ada dalam daun. Sebab daun nanas tidak memiliki tulang daun, terdapatnya serat-serat dalam daun nanas itu akan menguatkan daun nanas waktu pertumbuhannya. Dari berat daun nanas hijau yang masih tetap fresh akan dibuat kira-kira sekitar 2,5 sampai 3,5% serat serat daun nanas.

Pemungutan serat daun nanas biasanya dikerjakan pada umur tanaman sekitar pada 1 sampai 1,5 tahun. Serat yang datang dari daun nanas yang masih tetap muda biasanya tidak panjang serta kurang kuat. Tengah serat yang dibuat dari tanaman nanas yang sangat tua, terpenting tanaman yang pertumbuhannya di alam terbuka dengan intensitas matahari cukuplah tinggi tiada pelindung, akan membuahkan serat yang pendek kasar serta getas atau ringkih (short, coarse and brittle fibre). Oleh karena, itu untuk memperoleh serat yang kuat, halus serta lembut butuh dikerjakan penentuan pada daun-daun nanas yang cukuplah dewasa yang pertumbuhannya beberapa terlindung dari cahaya matahari [Hidayat, 2008].

Seperti diambil dari tulisan Nur asbani yang berjudul “Prospek Serat Daun Nanas dalam Bahan Baku Tekstil” dijelaskan jika

“Serat daun nanas mempunyai prospek yang bagus untuk di kembangkan di Indonesia menjadi bahan baku tekstil. Usaha budi daya nanas butuh dibarengi dengan pemuliaan varietas yang sesuai dengan serta peningkatan tehnologi prosesing serat. Pemakaian daun nanas bisa memberi nilai lebih serta tingkatkan daya saing tanaman nanas”

Dalam perubahannya serat nanas sudah banyak dipakai oleh desaigner terkenal indonesia dalam membuat karya kreasi baju fashion menjadi subtitusi bahan baku tekstil konvensional yang awal mulanya dipakai seperti sutra, katun, jeans, serta beberapa jenis bahan baku konveksi yang lain.
No comments:
Write komentar