Laman

Sunday, 27 May 2018

Harga Mesin Perontok Kacang Tanah

Harga Mesin Perontok Kacang Tanah

harga mesin perontok kacang tanah, alat perontok kacang tanah tradisional, membuat alat perontok kacang tanah, alat panen kacang tanah, alat dangir kacang tanah, alat pemipil kacang tanah, alat pengupas kacang tanah manual, mesin perontok kacang hijau. Fungsi kegunaan mesin perontik kacang tanah adalaha memanen kacang tanah dengan cara dirontokanan antara kacang dengan akar yang masih menyangkut. mesin ini akan mempercepat proses pemanenan karena bekerja secara efisien daripada dikerjakan secara manual.


Mesin Perontok Kacang Tanah



Spesifikasi Mesin Perontok Kacang Tanah 



Tipe                                   : KM-AK01
Dimensi                             1500 x 700 x 1400 mm
Material Perontok             : Plat strip 5 mm dan As beton 13 mm
Material Tabung PerontokPlat Mild steel
Panjang tabung                 : 800 – 900 mm
Sistem sortasi                    : Vibrator Screen
Material Sortasi                 Mild Steel
Material corong                 : Mild steel tebal 1 mm
Material Screen Ayakan    : Mild Steel
Pegas                                  : 4 buah
Material Rangka                : Siku 4x4 Besi
Pengetar                             : Min 4 buah
Transmisi                           : Pulley Dan V-Belt
Kapasitas                           200-300 kg/jam
Penggerak                          : Motor Bensin 5,5 HP
Roda                                  : 2 buah

Lihat Juga : Harga Mesin Aduk Molen Kacang

memperbedakan Kacang Tanah siap atau belumnya untuk pemanenan lewat cara:

(1). Lihat pohon atau batang dari tanaman Kacang Tanah jika masih tetap seger itu pertanda belumlah bisa di panen, nah jika yang telah tuwa batangnya atau batangnya mulai mengeras baru bisa dipanen.
(2). Dengan lihat dari pergantian daun jika mulai menguning serta sebabian mulai berguguran ini sudah siap dipanen.
(3). Langkah yang paling akhir yakni dengan mencabut tanaman Kacang Tanah itu serta lihat dari polong, jika telah buncit atau terisi penuh apabila dipijit berasa keras itu tandannya Tanaman kacang tanah telah siap di panen.

jika langkah memanen Kacang Tanah yakni lewat cara:

Mencabut tanaman tanaman kacang tanah, untuk mempermudah pencabutan bisa dikerjakan penyiraman lewat cara menggenangi air sesaat, jika yang ditegalan, umumnya memakai pompa air atau sejenisnya, syukur – syukur jika cocok ingin panen hujan turun, kan bias mengirit energy serta mengirit cost heeheh.

Upayakan pencabutan dengan hati – hati jangan pernah yang tercabut pohonnya doing, sedang buah atau polongnya ketinggalan semua di dalam tanah, jika di daerah saya umumnya klau ada yang panen Kacang tanah beberapa orang yang Mopole, yakni orang yang mencari polong – polong kacang tanah yang ketinggalan di dalam tanah .

Sesudah pencabutan pohon Kacang Tanah tuntas, lantas menuai polong, Kacang Tanah apakah jika dikonsumsi mentah rasa-rasanya serupa dengan Buah Jarak, tetapi janganlah coba - coba Makan buah Jatropha Curcas (Jarak Pagar) membuat weureu / keracunan seperti yang sempat saya alami hehehe.

Nah, umumnya saat pemanenan ini ada pula yang merebus beberapa kacang tanahnya, ini sekedar untuk cemilan di kebun saja , sebab tidak semua hasil panenan di rebus semua, hehehe.


Nah untuk pengawetan atau penyimpanan agar awet jadi kacang tanah butuh dengan beberapa langkah.

(1). Menjemur polong kacang tanah terlebih dulu, sebelum polong – polong itu dimasukan dalam karung atau tempat yang lain serta disimpan di Gudang penyimpanan.

(2). Juga bisa penyimpanan berbentuk biji kering, yakni sesudah lakukan penjemuran polong – polong setelah itu pemungutan biji – biji dari kulitnya, lewat cara mengupasnya dengan tangan atau alat yang lain yang bias dipakai untuk pengupasan biji dari kulit Kacang tanah.


Langkah budidaya kacang tanah organik
Di Indonesia, kacang tanah adalah tanaman yang sangat banyak ditanam sesudah padi, jagung serta kacang kedelai. Budidaya kacang tanah (Arachis hypogaea) umumnya diterapkan menjadi tanaman celah atau tumpang sari.

Budidaya kacang tanah pas di daerah dengan curah hujan tengah. Curah hujan yang sangat tinggi mengakibatkan bunga susah diserbuki serta zone perakaran sangat lembab hingga menyuburkan perkembangan jamur serta penyakit yang menyerang buah. Penyinaran matahari penuh diperlukan waktu perubahan daun serta pembesaran buah. Budidaya kacang tanah baiknya ada pada ketinggian 50-500 mtr. dari permukaan laut. Akan tetapi, tanaman ini dapat menyesuaikan sampai ketinggian 1500 mtr..

Budidaya kacang tanah efisien dikerjakan pada tanah gembur dengan kandungan unsur hara kalsium (Ca), nitrogen (N), kalium (K) serta pospat (P) yang cukuplah. Derajat kesaman (pH) baik buat tumbuhan ini seputar 5-6,3. Tanah gembur dengan susunan yang mudah begitu baik untuk perubahan ginofor, akan buah yang tumbuh memanjang ke tanah.

Unsur Ca begitu diperlukan tanaman kacang tanah pada babak generatif. Tersedianya unsur ini begitu punya pengaruh pada produktivitas tanaman dalam membuahkan kacang. Dalam cara pertanian organik, unsur Ca dapat dipenuhi dari menambahkan kapur pertanian atau dolomit waktu pemrosesan tempat. Pada tempat yang memiliki keasaman tinggi atau tempat basah, kepentingan untuk memberikan kapur tambah tinggi di banding tempat kering ber-pH netral.


Butuh dicatat ikut, walau tanaman kacang tanah memiliki bintil akar tempat bakteri Rhizobium berkembang, tanaman ini masih memerlukan unsur N terpenting di awalnya tanam. Setelah itu, bakteri Rhizobium dapat menyiapkan unsur N sampai 75-85% dari keperluan.

Penentuan benih kacang tanah
Benih kacang tanah didapat dari kacang yang dilewatkan sampai tua, kurang lebih 100 hari. Buah yang siap jadikan benih warnanya kehitaman serta jika di buka tidak mempunyai selaput di bagian dalam cangkang. Sesudah benih dipanen, sortasi terlebih dulu lalu jemur saat 4-5 hari. Untuk mengawasi mutunya, benih kacang tanah semestinya disimpan saat 3-6 bulan saja. Cangkang kacang semestinya tidak dikupas selama saat penyimpanan. Membuka cangkang cuma jika benih akan dipakai. Benih yang terbaik untuk ditanam ialah benih yang baru.

Pemrosesan tanah dalam budidaya kacang tanah organik
Untuk mendapatkan hasil optimal, tanah tempat budidaya kacang tanah mesti digemburkan terlebih dulu dengan dibajak sampai jadi butiran halus. Lalu imbuhkan kapur sekitar 2 ton per hektar. Campur dengan rata dengan tanah yang sudah dibajak, diamkan saat 2 hari.

Pakai pupuk kandang yang sudah masak atau pupuk kompos menjadi pupuk basic. Jika ada, pakai kombinasi pupuk kandang dari kotoran ayam dengan kotoran kambing atau sapi. Campur dengan tanah dengan rata. Budidaya kacang tanah dapat dikerjakan dengan bedengan atau tiada bedengan. Bedengan dibutuhkan jika tempat yang dipakai riskan digenangi air. Drainase yang baik dibutuhkan untuk mengawasi kesehatan tanaman.

Penanaman kacang tanah dikerjakan lewat cara ditugal dengan jarak tanam 25×25 cm. Isi tiap-tiap lubang dengan satu butir benih. Dibutuhkan seputar 50 kg benih untuk satu hektar luasan tanam. Sesudah benih ditanam, siram tiap-tiap sore dan pagi. Kacang tanah akan berkecambah sesudah 4-7 hari.

Perawatan serta pemupukan
Kacang tanah telah tumbuh serempak sesudah 1 minggu serta mulai berbunga pada usia 20 hari serta bersambung sampai usia 75 hari. Cuma bunga yang keluar di atas usia 30 hari yang bisa menjadi polong. Sesudah berlangsung penyerbukan serta pembuahan, akan tumbuh ginofor atau bakan buah di hari ke-3 sampai ke-4. Lalu ginofor itu akan ke arah serta tembus tanah untuk membuat polong.

Perawatan yang dibutuhkan saat tanaman berbunga diantaranya, pemberian pupuk penambahan. Semestinya imbuhkan pupuk yang banyak terkandung posfor, agar buahnya bagus serta banyak. Diluar itu, kerjakan penyiangan serta pembubunan tanah hingga menutupi akar, batang serta daun sisi bawahnya. Perihal ini mempunyai tujuan untuk perbanyak biji.

Beberapa hama yang umumnya menyerang tanaman kacang tanah diantaranya uret (pemakan akar), ulat penggulung daun, ulat grayak, serta ulat jengkal. Sedang, type penyakit yang seringkali didapati ialah penyakit layu, sapu setan, bercak daun, gapong, sklerotium, serta penyakit karat. Pengendalian hama serta penyakit itu yaitu dengan lakukan olah tanah dengan baik, pemakaian pupuk kandang yang telah masak, menanam serempak, penyiangan intens, membersihkan gulma, menanam serentak, pergiliran tanaman. Tanaman berpenyakit dicabut, dibuang serta dihilangkan, sanitasi lingkungan serta menanam varietas tanaman yang tahan penyakit.

Panen budidaya kacang tanah
Kacang tanah dipanen pada usia 90 hari sesudah tanam. Beberapa ciri fisik kacang tanah siap panen diantaranya batangnya mengeras, daun mulai menguning serta berguguran. Diluar itu kita dapat juga ambil sample serta mengecek dengan cara langsung apa bijinya telah terisi penuh ataukah tidak.
No comments:
Write komentar