Laman

Monday, 7 May 2018

Jual Mesin Press Sabut Kelapa

Jual Mesin Press Sabut Kelapa

jual mesin press sabut kelapa, mesin press sabut kelapa manual, harga mesin press sabut kelapa, mesin press hidrolik sabut kelapa, alat press sabut kelapa.
Mesin Press Sabut Kelapa
Mesin Press Sabut Kelapa


 Fungsi mesin press sabut kelapa adalah memudahkan pemadatan sabut kelapa yang telah diurai setelah pengayakan. hasil dari pengepressan sabut kelapa bertujuan untuk meringkas tempat dan efisiensi packing.
Alat Press Sabut Kelapa
Alat Press Sabut Kelapa

Spesifikasi Mesin Press Sabut Kelapa

  • Sistem                    : Hidrolik
  • Dimensi Unit Press               90 x 90 x 300 cm
  • Ukuran Ball           : 60 x 60 x 60 cm
  • Material Rangka       : UNP 10 Besi
  • Material Pintu         UNP, 8 Plat 8 mm
  • Engsel Pintu            : 1 inchi
  • Silinder Hidrolis     : As 2,5 inchi, Panjang 100-110 cm
  • Tebal Pengepress  : 20 mm Besi
  • Alur Tali               : UNP 5 / UNP 8
  • Bahan Rangka       : Siku dan UNP
  • Pompa Hidrolis     : KPA 65
  • Tangki Oli            : 40 x40 x60
  • Material Tangki Oli : Plat Besi tebal 2 mm
  • Maretial rangka tangki oli dan pompa : UNP 10 dan siku 5 x 5
  • Transmisi               : Pulley Dan V-Belt
  • Penggerak              : Diesel 24  HP
  • Hand Valve
  • Preasure Gauge
  • Sistem                    : Hidrolik
  • Dimensi Unit Press   100 x 100 x 300 cm
  • Ukuran Ball           70 x 70 x 70 cm
  • Material Rangka       : UNP 10 Besi
  • Material Pintu         UNP, 8 Plat 8 mm
  • Engsel Pintu            : 1 inchi
  • Silinder Hidrolis     : As 2,5 inchi, Panjang 100-110 cm
  • Tebal Pengepress  : 20 mm Besi
  • Alur Tali               : UNP 5 / UNP 8
  • Bahan Rangka       : Siku dan UNP
  • Pompa Hidrolis     : KPA 65
  • Tangki Oli            : 40 x40 x60
  • Material Tangki Oli : Plat Besi tebal 2 mm
  • Maretial rangka tangki oli dan pompa : UNP 10 dan siku 5 x 5
  • Transmisi               : Pulley Dan V-Belt
  • Penggerak              : Diesel 30  HP
  • Hand Valve
  • Preasure Gauge

Baca Juga : 



 

Siapa tidak kenal kelapa? Pohon yang menjulang tinggi dan mempunyai buah yang besar-besar ini adalah salah satunya type pohon yang banyak digunakan. Terpenting buat mereka yang tinggal di daerah tropis yang condong lebih panas. Pohon kelapa atau yang dalam bahasa Inggris diketahui dengan nama coconut ini mempunyai sangat banyak faedah buat kehidupan kita.


Di bawah ini ialah beberapa beberapa bagian dari pohon kelapa yang seringkali digunakan, tidak hanya sisi air serta daging buahnya :

faedah sabut kelapa

Batok klapa digunakan menjadi bahan baku pembuatan arang batok kelapa.
Daun kelapa seringkali digunakan menjadi salah satunya type daun pembungkus makanan
Batang atau ruas dari jari-jari daun kelapa seringkali digunakan menjadi salah satunya bahan basic dalam pembuatan sapu lidi
Bukan sekedar faedah sisi kelapa itu, nyatanya masih tetap ada lagi satu sisi dari kelapa yang dapat digunakan, yakni sabut kelapa. Walau adalah salah satunya type sampah, akan tetapi, faedah sabut kelapa nyatanya dipakai jadi beberapa hal. Apa faedah dari sabut kelapa? Di bawah ini ialah beberapa salah satunya :

1. Pembuatan sapu ijuk

Sapu ijuk kelihatannya meruapakn salah satunya type perlengkapan rumah tangga yang tidak bisa terlepas dari kehidupan bersih-bersih dari ibu rumah-tangga atapun asisten rumah tangga. Ya, sapu ijuk adalah salah satunya type sapu yang diantaranya dibikin dengan memakai sampah dari pemrosesan kelapa, yakni sabut kelapa.

Faedah sabut kelapa yang telah kering umumnya akan di proses demikian rupa. Selanjutnya kelak akan tercipta jadi serabut-serabut tipis, yang diikat serta jadikan satu jadi bentuk sapu ijuk, yang seringkali kita pakai setiap harinya.

2. Alat pembakaran alternatif kertas

Buat yang seringkali membuat arang dari batok kelapa, juga pasti seringkali manfaatkan sabut kelapa menjadi salah satunya alat untuk membakar batok kelapa itu. Anda dapat juga lihat pekerjaan pemakaian sabut kelapa menjadi alat pembakaran ini pada restoran restoran padang menjadi alternatif kertas. Perihal ini dikarenakan oleh karakter alami dari sabut kelapa tersebut yang gampang terbakar serta bisa membuahkan api yang baik.

3, Pembuatan pupuk organik

Siapa kira, nyatanya faedah sabut kelapa juga bisa di proses dan digunakan jadi salah satunya type pupuk organik. Pupuk organik yang dibikin dengan memakai sabut kelapa ini dapat untuk menyelimpang air 60% semakin banyak dibanding pupuk biasa. Perihal ini tentunya akan begitu berguna buat daerah yang mempunyai curah hujan yang rendah atau daerah yang tengah alami kekeringan.

Diluar itu, sabut kelapa ikut emiliki kandungan unsur hara dan mineral yang begitu baik untuk perkembangan dari tanaman, hingga memang sangat pas untuk jadikan menjadi salah satunya bahan pembuatan pupuk organic.

4. Menetralkan air serta berbau semen pada kolam ikan yang bar dibikin

Buat beberapa entrepreneur ikan, baik itu ikan hias ataupun ikan ternak yang diletakkan pada kolam-kolam semen, tentunya sabut kelapa tidak asing kembali di telinga anda. Ya, sabut kelapa seringkali digunakan untuk menetralkan kandungan air yang ada di kolam yang baru tuntas dibikin, dan dipakai untuk menghilangkan berbau semen dari kolam itu.

Kenapa? Sebab ikan yang langsung dimasukkan ke kolam yang baru dibikin peluang akan mati. Perihal ini karena ikan tidak tahan dengan kombinasi air dan berbau semen yang baru.

5. Pembuatan briket ramah lingkungan

Nyatanya, sabut kelapa ikut mempunyai faedah yang begitu baik untuk pembuatan briket. Sampai kini, yang kita kenal, briket hanya terbuat dari batubara, akan tetapi, nyatanya briket dapat juga di proses da dibikin dari sampah, diantaranya ialah sabut kelapa.

Perihal ini tentunya adalah satu penemuan yang menarik, sebab tidak hanya ramah lingkungan, cost produksi dari pembuatan briket akan tambah lebih murah dibanding memakai batbara.

6. Pembuatan kerajinan tangan


Indonesia adalah salah satunya Negara dengan beberapa jenis suku bangsa. Dengan beberapa jenis suku bangsa ini pulalah, Indonesia ikut mempunyai beberapa jenis type kerajinan tangan yang unuik dan menarik. Salah satunya kerajinan tangan yang menarik ialah pemanfaatkan sabut kelapa yang dibikin jadi bentuk tas, dompet, dan bentuk – bentuk hiasan serta pajangan.

7. Pembuatan coco net

Coco net adalah satu bentuk olahan dari faedah sabut kelapa yang berupa seperti jaring-jaring. Coco net ini umumnya digunakan untuk menahan terjadinya longsor pada daerah yang mempunyai undakan, hingga bisa meminimalkan terjadinya musibah longsor dalam satu daerah.

8. Menjadi bahan baki spring bed dan jok

Buat anda yang mungkin belumlah tahu, beberapa macam jok dan spring bed alias tempat tidur dibikin dengan memakai bahan basic yang di proses dari sabut kelapa. Ya, sabut kelapa terlebiih dulu di proses jadi coco fiber yang berbentuk serat-serat sabut kelapa.

Lalu jadi satu dengan bentuk lembaran, untuk lalu disupplai ke pabrik jok mobil atau pabrik spring bed untuk lalu di jual ke market.

9. Pembuatan keset

Faedah yang lain dari sabut kelapa yang butuh anda kenali, serta mungkin juga anda kenali ialah digunakan menjadi pembuatan keset. Keset ini memilikki bahan baku yang hampir sama juga dengan sapu ijuk dan coco fiber. Umumnya keset dari sabut kelapa ii ditempatkan di luar rumah.

Kelapa adalah salah satunya type buah-buahan tropis yang begitu populer akan faedahnya buat manusia dan hewan. Air dari buah kelapa bisa berguna menjadi salah satunya alat penyegaran, serta bisa ganti cairan pada tubuh yang sudah hilang karena melakukan aktivitas sepanjang hari. Sebagian besar sisi dari pohon kelapa bisa digunakan oleh kepentingan spesifik, karenanya, kelapa adalah salah satunya type pohon yang multi manfaat. Perihal ini belum pernah terlepas dari kehidupan penduduk, terpenting penduduk yang tinggal di pesisir pantai.

Mesin press sabut kelapa adalah satu diantaranya mesin pengolah sabut kelapa yg memiliki fungsi buat memadatkan bahan baku sabut kelapa biar berubah menjadi padat. Hasil keluaran alat sabut kelapa berwujud padatan dengan ukuran sesuai sama kepentingan. Dalam menjalankan upaya pemrosesan kelapa kita bisa menmanfaatkan perabotan seperti mesin pengurai sabut kelapa, mesin pengayak sabut kelapa, serta mesin pengolah kelapa yang lain.
Perincian Mesin Press Sabut Kelapa :


Mesin press sabut kelapa dimanfaatkan buat mengepress bahan baku sabut kelapa yg udah diuraikan serta diayak. Hasil pemrosesan sabut kelapa berwujud serat serta gabus adalah satu diantaranya produk yg berharga jual tinggi. Sejumlah pebisnis telah banyak yg mengeksport cocofiber ke mancanegara. Buat kurangi ongkos pengiriman serta tempat untuk menyimpan, karena itu cocofiber serta cocopeat dipress dengan ukuran khusus sesuai sama kepentingan. Maksud mengepress bahan baku sabut kelapa merupakan buat kurangi ongkos transportasi yg mahal.

Trik Kerja Mesin Press Sabut Kelapa :

Hidupkan mesin press sabut kelapa
Input bahan baku sabut yg bakal dipress pada tempat yg udah disajikan
Sesudah itu bahan baku bakal dipress hingga pada dorongan khusus
Lantas sabut yg udah dipadatkan diikat, lantas produk dikeluarkan dari mesin
Matikan mesin, apabila proses mengepress udah usai.

Trik Ringan Menyulap Sabut Kelapa Berubah menjadi Wadah Tanam yg Aman untuk Anggrek
Termasuk juga masalah utama yang wajib jadi perhatian pada budidaya anggrek merupakan wadah tanamnya. Seperti kita pahami berbarengan, ada beragam ragam pilihan wadah tanam untuk anggrek yg biasa dimanfaatkan oleh banyak peminat anggrek. Antara lain merupakan batang kayu, batang pakis, arang, pakis cacah, sphagnum moss, sabut kelapa, serta bebatuan untuk anggrek lythopite. Bahkan juga kerapkali, banyak hobiis yg lakukan eksperimen terkait wadah tanam, dengan tujuan buat menemukannya konstruksi yg sesuai untuk wadah tanam anggreknya.

Ada sejumlah ketentuan yang wajib jadi perhatian dalam menentukan wadah tanam, antara lain :
1. Bisa sediakan area tumbuh untuk akar tanaman, sekaligus bisa menumpang tanaman ;
2. Punya sifat phorous (miliki pori-pori dalam banyaknya banyak hingga kapabilitas menyerap air tinggi) ;
3. Bisa sediakan unsur hara yg cukuplah ;
4. Tak mempunyai kandungan hama serta penyakit.

Seandainya syarat-syarat itu dipenuhi, karena itu InsyaAllah tanaman bakal tumbuh dengan baik. Satu diantaranya wadah yg kerap dimanfaatkan oleh hobiis anggrek merupakan sabut kelapa. Kebanyakan di toko saprotan ada sabut kelapa yg udah diproses, hingga aman untuk tanaman anggrek.

Sesungguhnya kita dapat memproduksi sendiri sabut kelapa agar dapat dipakai jadi wadah tanam anggrek, mengingat sabut kelapa termasuk juga bahan yg murah serta relatif ringan diraih di lebih kurang kita. Kita cuma butuh berikan sentuhan dikit biar kandungan Lignin dalam sabut kelapa hilang. Mau tahu langkahnya?

Tersebut disini bagian yang wajib kita melakukan :
1. Potong sabut kelapa sesuai sama kepentingan.
2. Buang dulu sisi kulitnya, lantaran pada bagian kulit tersebut tersimpan kandungan lignin serta minyak, yg tak digemari oleh anggrek.
3. Sehabis dipotong, sabut kelapa itu di rendam sepanjang lebih kurang 6 (enam) jam. Kemudian buang airnya. Seandainya jadi perhatian, air rendaman pertama bakal berwarna coklat.
4. Waktu sabut kelapa dengan palu sampai terbuka pegangan antar seratnya.
5. Seandainya udah dipukul, rendam sabut dengan air yg udah di gabung dengan pupuk serta fungisida. Ini merupakan langkah opsional.
6. Sehabis proses perendaman usai, tiriskan sabut itu, sampai diperoleh sabut yg cukuplah lembab jadi wadah.
7. Lantas lilitkan sabut kelapa itu sepotong buat sepotong ke bibit atau tanaman yg bakal ditanam, sampai dirasakan ketebalan wadah udah penuhi.
8. Tanaman siap buat dirawat ;

Sulawesi Utara diketahui jadi satu diantaranya daerah penghasil kelapa terpilih di Indonesia, hingga kondang dengan bumi nyiur melambai-lambai. Luas perkebunan kelapa di Sulawesi Utara capai 267. 350, 79 Ha (data tahun 2011) . Kelapa walau jadi komoditi unggulannya terus bisa menimbukan masalah lingkungan, hingga bagaimana caranya buat meminimalkan masalah lingkungan itu. Satu diantaranya penggunaan dari kelapa yang bisa diproses merupakan sabut kelapanya. Sampai sekarang pemrosesan sabut kelapa di Sulawesi Utara tetap hanya terbatas pada pemanfaatan dengan cara langsung jadi bahan bakar rumah tangga serta bahan bakar pada industri rumahan terlebih pembuatan cakalang fufu. Pemanfaatan itu dianggap belumlah juga bisa menyerap banyak banyaknya sabut kelapa jadi bekas pemrosesan kelapa. Masalah ini sebabkan terdapat banyak sabut kelapa yg selesai jadi kotoran yg terbuang buang waktu, hingga butuh penyelesaian masalah kotoran di sekitar lingkungan (informasi data Balai Analisa Kehutanan (BPK) Manado, 2015) .

Pada tahun 2015 kami Widyaiswara Balai Diklat Lingkungan Hidup serta Kehutanan (BDLHK) Bogor memperoleh peluang ke BPK Manado buat mendalami bagaimana caranya memakai sabut kelapa jadi wadah perkembangan Jamur Tiram. Di mana sejauh ini yg kerap dilaksanakan jadi wadah perkembangan jamur tiram merupakan serbuk gergaji. Dengan dapatkan pengetahuan ini, karena itu kami mengharapkan bisa membuat demplot Budidaya Jamur Tiram dengan wadah serabut kelapa di rimba diklat Rumpin Balai Diklat Lingkungan Hidup serta Kehutanan Bogor.

MANFAAT SABUT KELAPA (Cocopeat)

Sabut kelapa atau dikenali dengan juga makna cocopeat adalah kotoran perkebunan yg berlimpah di daerah penghasil kelapa, tanaman yg tetap keluarga aren-arenan atau Arecaceae ini, semuanya bagiannya miliki kegunaan yg besar untuk manusia. Sabut kelapa merupakan satu diantaranya kotoran yg paling besar dengan rasio 42% dari berat buah kelapa. Air kelapa punyai kegunaan utama jadi bahan basic pembuatan pupuk organik cair, begitu pula dengan sabut yg membungkus buah kelapa bisa diproses berubah menjadi pupuk organik padat atau bokashi. Sabut kelapa yg belum juga diproses tidaklah cocopeat, cocopeat sendiri adalah kotoran pemrosesan sabut kelapa yg diambil serat atau fiber.

Cocopeat adalah butiran halus atau serbuk dari fiber kelapa, hingga sabut kelapa ini begitu besar gunanya buat pertanian. Kandungan hara yg dipunyai sabut kelapa baik makro atau mikro nyata-nyatanya sangatlah diperlukan oleh tanaman. Kandungan unsur hara makro serta mikro yg ada pada sabut kelapa salah satunya Kalium (K) , Fosfor (P) , Calsium (Ca) , Magnesium (Mg) , Natrium (Na) serta sejumlah mineral yang lain. Kandungan unsur hara yg dipunyai cocopeat paling banyak jumlah merupakan unsur K, di mana kandungan Fosfor serta Kalium sangatlah diperlukan tanaman kala proses pembentukan buah dan penambahan perasaan buat semua model buah.

Sabut kelapa dapat dipakai berubah menjadi biopot, ialah sejenis wadah tanam yg berisi bahan organik serta nutrisi hara tanaman, lantas dibuat berubah menjadi bentuk seperti pot. Wadah tanam ini dibikin dalam beragam ukuran serta sesuai dengan tanamannya. Kelebihan biopot salah satunya merupakan lebih ramah lingkungan, lantaran tak memanfaatkan plastik serta langsung dapat ditanam ke area.

Cocopeat merupakan kotoran yg jumlah sedikit, hingga kerap dilalaikan. Cocopeat punyai ciri-ciri yg spesial, ialah dapat menyimpan air lima kali dari beratnya. Ciri-ciri unik ini bikin cocopeat dapat dipakai jadi wadah tanam. Keutamaannya merupakan menambah daya membendung air, menyimpan air, serta menyimpan hara nutrisi tanaman. Cocopeatmengandung tannin yg kurang baik buat tanaman. Kandungan tannin ini bisa di hilangkan melalui langkah perendaman. Wadah tanam dibikin dengan memadukan cocopeat dengan kompos, arang sekam, fosfat alam, serta dolomite. Beragam ragam tanaman hortikultura dapat ditanam dengan memanfaatkan wadah tanam ini, hingga cocopeat bisa juga dipakai jadi wadah tanam jamur tiram.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN Cocopeat
Keunggulan dari Cocopeat yg bermutu baik merupakan :

Ringan teruri serta aman untuk lingkungan lantaran adalah 100% bahan alami yg terbuat dari sabut kelapa.
Bisa membendung air sampai 6-9 kali berat cocopeat tersebut.
Punyai struktur yg meringankan perputaran oksigen (rubah kation) dalam tanah, hingga berfaedah untuk kesuburan akar tanaman.
Bisa dimanfaatkan beberapa kali serta sangatlah awet sampai baru bakal hancur dalam kurun waktu 10 tahun.
Bisa mengikat berbau gak enak, hingga sesuai dimanfaatkan jadi alas pada kandang ternak.
6 Dapat dimanfaatkan jadi wadah bedding cacing (vermicomposting) .
Anti bakteri serta anti jamur lantaran mempunyai kandungan Trichoderma sp, sama dengan jamur (fungi) yg menguntungkan untuk tanaman, serta bisa membatasi perkembangan jamur merugikan.
Kebanyakan dipasarkan berbentuk blok dengan berat 5 kg serta ringan dibawa.
Dalam batas khusus dapat dimanfaatkan jadi pakan ternak serta itik.
Tidak cuman ada keunggulan tentulah juga ada kekurangan dari cocopeat ini ialah :

Ongkos produksi yg banyak
Apabila tak diproses dengan benar, maka dapat membuahkan cocopeat bermutu tidak baik serta bakal merugikan tanaman dan lingkungan.
Proses membuatnya yg butuh waktu cukuplah lama.

BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) udah lama diketahui serta banyak dibudidayakan jadi jamur pangan. Jadi satu diantaranya sumber pangan, jamur tiram di kenal juga lantaran rasaya yg enak serta bisa diproses dengan banyak variasi. Kelebihan peningkatan jamur tiram merupakan siklus hidup sampai kala panen yg cukuplah singkat, relatif ringan dibudidayakan dan cukuplah adaptif dengan pemanfaatan wadah. Jamur tiram sesuai di kembangkan di lokasi tropis dengan kelembapan yg tinggi serta intensitas cahaya matahari yg baik. Menurut nilai ekonomis, budidaya jamur tiram sangatlah prospektif lantaran punyai nilai jual yg cukuplah baik di bursa pasaran, bahkan juga dengan mutu serta ragam pemrosesan bakal bertambah menambah nilai jualnya.

Upaya budidaya jamur tiram kerapkali alami kegagalan lantaran tehnik serta trik budidaya yg kurang benar. Walaupun ringan, butuh jadi perhatian pun beberapa faktor seperti lingkungan, kebersihan, dan kedisiplinan sepanjang perawatan. Apabila beberapa faktor itu tak dapat dipenuhinya dengan baik karena itu akhirnya lantas kurang maksimum bahkan juga kemungkinan besar miliki potensi menghadirkan kegagalan.

Jamur tiram putih berwarna putih lumayan krem dengan diameter badan 3-14 cm. Jamur ini punyai miselium. Badan buah jamur berikut ini yg berharga ekonomis tinggi serta berubah menjadi maksud dari budidaya jamur tiram. Tehnik budidaya jamur tiram dimulai dari persiapan sampai masa panen sangatlah butuh jadi perhatian biar pemeran upaya sungguh-sungguh mendalami hingga lebih kuasai dalam pemeliharaan atau pengendalian hama tanaman



PERSIAPAN PENANAMAN JAMUR TIRAM
Sebelum mengerjakan penanaman, perihal yg mendukung budidaya jamur tiram mesti udah ada, antara lain rumah kumbung baglog, rack baglog, bibit jamur tiram, serta perabotan budidaya. Usahain budidaya jamur tiram memanfaatkan bibit bersertifikat yang bisa dibeli dari petani beda atau dinas pertanian ditempat. Perabotan budidaya jamur tiram cukuplah sederhana, harga bisa dijangkau, bahkan juga kita dapat memanfaat perabotan dapur. Buat memaksimalkan hasil dalam upaya budidaya jamur tiram di dataran rendah bisa dilaksanakan dengan modifikasi pada bahan wadah serta takarannya, ialah dengan menaikkan atau kurangi ukuran setiap bahan dari standard kebanyakan. Dalam upaya taraf kecil, percobaan dalam tentukan ukuran bahan wadah adalah soal yg sangat utama buat mendapat ukuran yg sesuai. Masalah ini mengingat jamur yg dibudidayakan di lingkungan tumbuh tidak sama semestinya butuh nutrisi serta wadah yg tidak sama juga terkait pada keadaan situasi ditempat. Sampai sekarang belumlah ada standard konstruksi wadah buat budidaya jamur tiram di dataran rendah, hingga petani lakukan modifikasi wadah serta lingkungan menurut pengalaman serta situasi semasing.

Jadi wadah tumbuh jamur tiram, yg kebanyakan memanfaatkan serbuk gergaji saat ini memanfaatkan sabut kelapa (cocopeat) , di mana memiliki fungsi jadi penyedia nutrisi untuk jamur. Sabut kelapa yg dimanfaatkan merupakan sabut kelapa yg sangatlah miliki potensi dalam menambah hasil panen jamur tiram. Sebelum dimanfaatkan jadi wadah sabut kelapa mesti dikompos lebih dahulu agar dapat terurai berubah menjadi senyawa yg lebih simple hingga ringan di cerna oleh jamur. Proses pengomposan dilaksanakan melalui langkah menutupnya memanfaatkan plastik atau terpal sepanjang 1-2 hari. Pengomposan berjalan dengan baik apabila berlangsung kenaikan suhu lebih kurang 50⁰C.

Wadah berwujud dedak/bekatul serta tepung jagung memiliki fungsi jadi substrat serta penghasil kalori buat perkembangan jamur. Sebelum beli dedak serta tepung jagung, seharusnya yakinkan dulu beberapa bahan itu tetap baru. Apabila memanfaatkan bahan yg udah lama di cemaskan berlangsung fermentasi yang bisa menyebabkan pada tumbuhnya model jamur yg tak diidamkan. Menurut hasil analisa, pemanfaatan dedak atau teung jagung berikan mutu hasil jamur yg sama lantaran kandungan nutrisi ke dua bahan itu menyerupai. Tetapi, pemanfaatan dedak dikira lebih efektif lantaran dapat memotong ongkos serta condong ringan dicari lantaran banyak dipakai jadi pakan ternak. Kapur (CaCO3) memiliki fungsi jadi sumber mineral serta pengendali pH. Kandungan Ca dalam kapur bisa menetralkan asam yg dikeluarkan meselium jamur yg bisa juga sebabkan pH wadah berubah menjadi rendah.

Wadah yg dimanfaatkan buat letakkan paduan wadah merupakan kantong plastik bening tahan panas (PE 0, 002) mempunyai ukuran 20 cm x 30 cm. Mengenai konstruksi wadah semai merupakan serbuk gergaji 100 kg ; tepung jagung 10 kg ; dedak halus atau bekatul 10 kg ; kompos 0, 5 kg ; kapur (CaCO3) 0, 5 kg ; serta air 50-60%. Ada dua soal yang wajib jadi perhatian sebelum mengerjakan penanaman bibit jamur, ialah sterilisasi bahan serta sterilisasi baglog.

STERILISASI BAHAN
Sebelum di gabung dengan wadah beda, sabut kelapa serta dedak disterilisasi lebih dahulu memanfaatkan oven sepanjang 6-8 jam pada suhu 100⁰C. Dengan sterilisasi itu tidak cuman kurangi mikroorganisme yang menimbulkan kontaminsasi pun menguranngi persentase air pada serbuk sabut kelapa, hingga wadah semakin lebih kering. Ke dua bahan itu lantas di gabung serta dikasih air lebih kurang 50-60% sampai adonan berubah menjadi kalis serta dapat dikepal. Air memiliki fungsi dalam penyerapan nutrisi oleh miselium. Air yg dimanfaatkan mesti air bersih buat kurangi efek rancu organisme beda dalam wadah. Dalam masukkan wadah ke plastik, wadah mesti sungguh-sungguh padat biar jamur yg dibuat dapat banyak. Jadi yakinkan kalau beberapa bahan cukup sudah padat dalam plastik melalui langkah menekan-nekan adonan sampai sungguh-sungguh padat, lantas sisi atas kantong dipasang cincin paralon serta sesudah itu kantong plastik ditutup dengan sumbat kapas serta diikat dengan karet.


No comments:
Write komentar